Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yansen

Hari Ini jam 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

Kemarin jam 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

Show 50 latest

Penulis Topik: TRANSFUSI DARAH  (Dibaca 7921 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: TRANSFUSI DARAH
« Jawab #15 pada: Mei 03, 2010, 09:57:30 PM »
optimalnya 4 bulan sekali, sesuai siklus hidup sel darah merah :)

darah akan kembali normal kok, soalnya volume darah yang berkurang akan merangsang ginjal untuk mengeluarkan hormon eritropoietin untuk memacu pematangan sel eritrosit. makanya diberikan juga tablet Fe dan folat dan zat lainnya untuk membantu pematangannya.

dengan demikian, donor darah membantu kita untuk memproduksi darah baru sehingga jadi lebih sehat :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: TRANSFUSI DARAH
« Jawab #16 pada: Mei 04, 2010, 08:51:52 AM »
makasih mas astra penjelasannya.. ;)
If someone feels that they had never made a mistake in their life,then it means that they had never tried a new thing in their life ~ Einstein

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: TRANSFUSI DARAH
« Jawab #17 pada: Mei 04, 2010, 10:22:08 PM »
OK Mas :) anytime....

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #18 pada: Pebruari 04, 2012, 08:48:29 PM »
gan,ternyata syarat" menjadi pendonor darah ga selalu sama di setiap negara loh..
sy menetap di negara asia timur..n kebetulan hari ini br pergi donor..  ;)

cowok min. 50kg / cewek min. 45kg boleh donor 250cc.. donor selanjutnya boleh dilakukan 2bulan kemudian..
cowok / cewek min. 60kg boleh donor 500cc..donor selanjutnya boleh dilakukan 3bulan kemudian..

kalo di Indo donor 250cc jg mesti 3bulan kemudian baru boleh donor lg.. CMIIW  ;D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #19 pada: Pebruari 09, 2012, 10:22:32 PM »
Syarat-Syarat Untuk Menjadi Donor Darah

   2. Berat badan Min 45 Kg
   3. Temperatur tubuh 36,6 - 37,5 derajat C (Oral)
   4. Tekanan darah. Sistole : 110 - 160 mmHg, Diastole : 70 - 100 mmHg
   5. Denyut nadi 50 - 100 per Menit
pengaruh syarat nomor 2 3 4 dan 5 pada resipien itu apa?
tekanan darah (sistole dan diastole) saya kira sama dengan denyut nadi. perbedaan dan persamaannya keduanya apa?
i adore your intelligence

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #20 pada: April 25, 2012, 08:21:27 PM »
Pengaruh pada resipien sepertinya ga ada yah.. (CMIIW)
Pada pendonornya yang ada pengaruh..
:D

Tekanan darah itu menggambarkan denyut jantung..
Denyut nadi lebih menggambarkan pembuluh darah kita..
Sistol : tekanan jantung saat berkontraksi
Diastol : tekanan jantung saat relaksasi
~ You are what you eat ~

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #21 pada: April 26, 2012, 09:56:31 PM »
lalu pengaruhnya pada pendonor itu apa Sis?
saya belajar tentang sistem sirkulasi cukup dibuat 'ngebul' sama sistem pembuluh darahnya. ;D

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #22 pada: April 26, 2012, 10:51:52 PM »
Kalau donornya sendiri kekurangan darah, tentunya beresiko terhadap kesehatannya sendiri. Hal ini akan menambah jumlah pasien yang harus ditangani.

Temperatur tubuh donor yang tinggi mengindikasikan bahwa ia mungkin sedang sakit. Tentunya kita tidak mau memberikan darah yang kurang sehat dan beresiko mengandung bibit penyakit atau racun kepada pasien karena bisa membahayakan kesehatannya.
once we have eternity, everything else can wait

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #23 pada: April 27, 2012, 12:18:05 PM »
Bener katanya mhyworld.. :D

2. Berat badan Min 45 Kg
   3. Temperatur tubuh 36,6 - 37,5 derajat C (Oral)
   4. Tekanan darah. Sistole : 110 - 160 mmHg, Diastole : 70 - 100 mmHg
   5. Denyut nadi 50 - 100 per Menit

berat badan. Kalau berat badannya dibawah 45kg dan mau ngedonor, resikonya bisa dehidrasi.
Nah jadi apa hubungan berat badan sama dehidrasi?
Tubuh kita itu kan 70%-nya merupakan air. jadi air itu sangat mempengaruhi berat badan.
Jadi berat badan rendah, komposisi air juga rendah.
Saya ga inget donor darah itu diambil berapa liter darahnya, tapi kalau orang yang terlalu kurus (<45kg) bisa2 kena dehidrasi karena cairan didalam tubuhnya ikut keluar. Karena komposisi darah kan ada air juga toh.
Bingung ga ya? hahaha..

Untuk yang lainnya seperti yang dijelaskan oleh mhyworld di atas deh.. :D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #24 pada: April 27, 2012, 07:24:36 PM »
saya ga bingung kok Sis, kan saya (Insya Allah) mau masuk FK sama kaya Sis + om Astra ;D ;D

ok om @mhyworld tolong jelaskan hubungan tekanan darah dan denyut nadi terhadap resipien ;D
« Edit Terakhir: April 27, 2012, 07:26:30 PM oleh exile_rstd »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #25 pada: April 27, 2012, 08:24:24 PM »
oh.. bagus deh. Soalnya saya juga tipe yang ga gitu pintar menjelaskan. :)
Semangat terus aja ya. :D

Mungkin hubungan tekanan darah dan denyut nadi terhadap resipien ndak ada.
Pada si pendonor yang ada hubungan. :D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #26 pada: April 29, 2012, 08:26:26 AM »
..Soalnya saya juga tipe yang ga gitu pintar menjelaskan. :)
ng? kok sama banget kaya saya ya? xixixi..

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Pengaruh Golongan darah

Dimulai oleh Nabih « 1 2 ... 11 12 » Biologi

165 Jawaban
33114 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2012, 02:28:27 PM
oleh exile_rstd
14 Jawaban
5775 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 30, 2010, 10:45:10 PM
oleh Astrawinata G
3 Jawaban
3649 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 03, 2011, 08:51:17 PM
oleh Takagi Fujimaru
26 Jawaban
5437 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2011, 09:23:29 PM
oleh Astrawinata G
8 Jawaban
5560 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 12, 2011, 02:38:06 PM
oleh exile_rstd

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia