Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

jinggapersada

Desember 11, 2014, 09:08:06 AM
GOOD DAYS sahabat saya yg berbaik hati nya salam dari saya

raqiem7

Desember 09, 2014, 09:49:41 PM
Apakah di sini ada pembahasan sains dan hubungannya dengan agama?
 

Farabi

Desember 03, 2014, 06:50:05 PM
Seorang diktator akan menuntut rakyatnya untuk mengabdi kepada negara. Padahal seharusnya negara itu menjadi pelayan masyarakat.

tolle

Desember 03, 2014, 10:23:20 AM
gan dlu aku pernah coba buat kontrol robot pake stik ps2 tpi ngak jdi,,,,
bisa minta solusinya ....?

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:47:34 PM
nurhalimah
hmm.. bagus blognya..

taqwimisme

Desember 02, 2014, 12:45:40 PM
hallo.. mau nannya ada yg punya tutorial labview? lagi sangat butuh untuk kuliah..  :D

NurHalimah24

Desember 02, 2014, 11:13:09 AM
Halo salam kenal semuanya. bisa kunjungi blog saya ya http://nurhalimah-24.blogspot.com/ terima kasih :)

agus.sucipto99

Desember 01, 2014, 03:32:01 PM
haloo bang syair dari medan... minta alamat email atau no tlp yg bisa dihubungi dong ????

Learner

Desember 01, 2014, 01:03:16 AM
Ini anggota forumnya masih aktif kah?

quietwave

November 30, 2014, 08:24:45 PM
halo?

Show 50 latest

Penulis Topik: TRANSFUSI DARAH  (Dibaca 10417 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: TRANSFUSI DARAH
« Jawab #15 pada: Mei 03, 2010, 09:57:30 PM »
optimalnya 4 bulan sekali, sesuai siklus hidup sel darah merah :)

darah akan kembali normal kok, soalnya volume darah yang berkurang akan merangsang ginjal untuk mengeluarkan hormon eritropoietin untuk memacu pematangan sel eritrosit. makanya diberikan juga tablet Fe dan folat dan zat lainnya untuk membantu pematangannya.

dengan demikian, donor darah membantu kita untuk memproduksi darah baru sehingga jadi lebih sehat :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: TRANSFUSI DARAH
« Jawab #16 pada: Mei 04, 2010, 08:51:52 AM »
makasih mas astra penjelasannya.. ;)
If someone feels that they had never made a mistake in their life,then it means that they had never tried a new thing in their life ~ Einstein

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: TRANSFUSI DARAH
« Jawab #17 pada: Mei 04, 2010, 10:22:08 PM »
OK Mas :) anytime....

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #18 pada: Pebruari 04, 2012, 08:48:29 PM »
gan,ternyata syarat" menjadi pendonor darah ga selalu sama di setiap negara loh..
sy menetap di negara asia timur..n kebetulan hari ini br pergi donor..  ;)

cowok min. 50kg / cewek min. 45kg boleh donor 250cc.. donor selanjutnya boleh dilakukan 2bulan kemudian..
cowok / cewek min. 60kg boleh donor 500cc..donor selanjutnya boleh dilakukan 3bulan kemudian..

kalo di Indo donor 250cc jg mesti 3bulan kemudian baru boleh donor lg.. CMIIW  ;D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #19 pada: Pebruari 09, 2012, 10:22:32 PM »
Syarat-Syarat Untuk Menjadi Donor Darah

   2. Berat badan Min 45 Kg
   3. Temperatur tubuh 36,6 - 37,5 derajat C (Oral)
   4. Tekanan darah. Sistole : 110 - 160 mmHg, Diastole : 70 - 100 mmHg
   5. Denyut nadi 50 - 100 per Menit
pengaruh syarat nomor 2 3 4 dan 5 pada resipien itu apa?
tekanan darah (sistole dan diastole) saya kira sama dengan denyut nadi. perbedaan dan persamaannya keduanya apa?
i adore your intelligence

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #20 pada: April 25, 2012, 08:21:27 PM »
Pengaruh pada resipien sepertinya ga ada yah.. (CMIIW)
Pada pendonornya yang ada pengaruh..
:D

Tekanan darah itu menggambarkan denyut jantung..
Denyut nadi lebih menggambarkan pembuluh darah kita..
Sistol : tekanan jantung saat berkontraksi
Diastol : tekanan jantung saat relaksasi
~ You are what you eat ~

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #21 pada: April 26, 2012, 09:56:31 PM »
lalu pengaruhnya pada pendonor itu apa Sis?
saya belajar tentang sistem sirkulasi cukup dibuat 'ngebul' sama sistem pembuluh darahnya. ;D

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1418
  • IQ: 44
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #22 pada: April 26, 2012, 10:51:52 PM »
Kalau donornya sendiri kekurangan darah, tentunya beresiko terhadap kesehatannya sendiri. Hal ini akan menambah jumlah pasien yang harus ditangani.

Temperatur tubuh donor yang tinggi mengindikasikan bahwa ia mungkin sedang sakit. Tentunya kita tidak mau memberikan darah yang kurang sehat dan beresiko mengandung bibit penyakit atau racun kepada pasien karena bisa membahayakan kesehatannya.
once we have eternity, everything else can wait

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #23 pada: April 27, 2012, 12:18:05 PM »
Bener katanya mhyworld.. :D

2. Berat badan Min 45 Kg
   3. Temperatur tubuh 36,6 - 37,5 derajat C (Oral)
   4. Tekanan darah. Sistole : 110 - 160 mmHg, Diastole : 70 - 100 mmHg
   5. Denyut nadi 50 - 100 per Menit

berat badan. Kalau berat badannya dibawah 45kg dan mau ngedonor, resikonya bisa dehidrasi.
Nah jadi apa hubungan berat badan sama dehidrasi?
Tubuh kita itu kan 70%-nya merupakan air. jadi air itu sangat mempengaruhi berat badan.
Jadi berat badan rendah, komposisi air juga rendah.
Saya ga inget donor darah itu diambil berapa liter darahnya, tapi kalau orang yang terlalu kurus (<45kg) bisa2 kena dehidrasi karena cairan didalam tubuhnya ikut keluar. Karena komposisi darah kan ada air juga toh.
Bingung ga ya? hahaha..

Untuk yang lainnya seperti yang dijelaskan oleh mhyworld di atas deh.. :D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #24 pada: April 27, 2012, 07:24:36 PM »
saya ga bingung kok Sis, kan saya (Insya Allah) mau masuk FK sama kaya Sis + om Astra ;D ;D

ok om @mhyworld tolong jelaskan hubungan tekanan darah dan denyut nadi terhadap resipien ;D
« Edit Terakhir: April 27, 2012, 07:26:30 PM oleh exile_rstd »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #25 pada: April 27, 2012, 08:24:24 PM »
oh.. bagus deh. Soalnya saya juga tipe yang ga gitu pintar menjelaskan. :)
Semangat terus aja ya. :D

Mungkin hubungan tekanan darah dan denyut nadi terhadap resipien ndak ada.
Pada si pendonor yang ada hubungan. :D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #26 pada: April 29, 2012, 08:26:26 AM »
..Soalnya saya juga tipe yang ga gitu pintar menjelaskan. :)
ng? kok sama banget kaya saya ya? xixixi..

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1106
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:TRANSFUSI DARAH
« Jawab #27 pada: Juli 03, 2014, 05:08:20 PM »
cowok min. 50kg / cewek min. 45kg boleh donor 250cc.. donor selanjutnya boleh dilakukan 2bulan kemudian..

Aku cowok, berat badan 45 kg. Dulu pas donor sama dokternya dicentang yang bagian 350cc.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Pengaruh Golongan darah

Dimulai oleh Nabih « 1 2 ... 11 12 » Biologi

165 Jawaban
43849 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2012, 02:28:27 PM
oleh exile_rstd
14 Jawaban
7531 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 30, 2010, 10:45:10 PM
oleh Astrawinata G
3 Jawaban
4157 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 03, 2011, 08:51:17 PM
oleh Takagi Fujimaru
26 Jawaban
7861 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2011, 09:23:29 PM
oleh Astrawinata G
8 Jawaban
6610 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 12, 2011, 02:38:06 PM
oleh exile_rstd

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia