Forum > Biologi

Tumbuhan

(1/2) > >>

Daniella:
Dalam biologi, tumbuhan merujuk pada organisme  yang termasuk ke dalam Regnum Plantae. Di dalamnya masuk semua organisme yang sangat biasa dikenal orang seperti pepohonan, semak, terna, rerumputan, paku-pakuan, lumut, serta sejumlah alga hijau. Tercatat sekitar 350.000 spesies organisme termasuk di dalamnya, tidak termasuk alga hijau. Dari jumlah itu, 258.650 jenis merupakan tumbuhan berbunga dan 18.000 jenis tumbuhan lumut. Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof, dan mendapatkan energi langsung dari cahaya matahari  melalui proses fotosintesis. Karena warna hijau amat dominan pada anggota kerajaan ini, nama lain yang dipakai adalah Viridiplantae  ("tetumbuhan hijau"). Nama lainnya adalah Metaphyta.

Daniella:
Oh iya, bagian paling penting yang sangat di butuhkan tumbuhan adalah akar dan batang daun...

sisca, chemistry:
wah...
wahh....
di sini toh...
wew...
ini nih... sisca tambahin gambar struktur2nya ya.. :)

struktur daun


struktur batang


struktur akar


^^

milmi:
Aduh siska, gambarnya kecilin donk, besar sekali tuh....

Sebenarnya maksud thread ini apa ya? Ada yg ditanyakan atau ingin didiskusikan seputar tumbuhan? Kalau hanya informasi pada posting pertama, banyak yang lebih lengkap di internet. Atau sekalian saja unduh ebook mengenai botani di sini

sisca, chemistry:
hahaha..
Ampun om momod.. ^^"
(Terkejut juga keluarnya gede.. T.,T)

Kayaknya ini cuma mau tulis sekitar tumbuhan aja nih...
Entah lah...

truf777:
apa tumbuhan hidup selamanya ?
hah jawab a ah jawab ( gaya ngomong jarjit)

biar lebih seru thread nya

truf777:
kenapa jamur dipisahkan dari tumbuhan ?
padahal benalu masih tetap digolongkan tumbuhan walau mengambil makanan dari mahluk lain. begitu pula dgn tumbuhan kantung semar ( kalau gk salah tak berklorofil)
dan tumbuhan raflesia arnoldi :D tak berkrolofil tapi digolongkan sebagai tumbuhan

nandaz:

--- Kutip dari: truf777 pada Juni 23, 2010, 04:10:35 PM ---kenapa jamur dipisahkan dari tumbuhan ?
padahal benalu masih tetap digolongkan tumbuhan walau mengambil makanan dari mahluk lain. begitu pula dgn tumbuhan kantung semar ( kalau gk salah tak berklorofil)
dan tumbuhan raflesia arnoldi :D tak berkrolofil tapi digolongkan sebagai tumbuhan


--- Akhir Kutipan ---
benalu bukan masuk fungi(jamur) salah liat kali? :P

truf777:
justru itu yang mau aku tanya
benalu itu kan tumbuhan ( parasit ) mengambil makanan dari inangnya
jamur juga tidak menciptakan makanan sendiri
kenapa jamur harus dipisah kalau begitu :D

Daniella:
aku lg nyari info lain nih tentang tumbuhan.

galihutomo:
Benalu mengambil makanan dr inangnya berupa unsur2 hara (zat anorganik) yang kemudian diolah secara fotosintesis di daun benalu menjadi makanan (zat organik)

klo jamur mengambil makanan dari sisa2 makhluk hidup yang telah mati/bs juga masih hidup.....tapi berupa zat organik.....

truf777:
terus kalau bedanya sama tumbuhan pemakan serangga ?
kayak venus dan kantung semar ?
kan gk ada klorofil :D kenapa gk dipisah ?
bunga bangkai malah katanya ngambil makanan dari bangkai dan tidak melakukan proses fotosintesis. kenapa gk dipisah :D ?
yg bunga bangkai itu aku cuma denger2 loh

syx:
tumbuhan insektivora udah ada topiknya di sini. liat aja ada klorofil ato tidak.
bunga bangkai mendapatkan namanya bukan karena dia tumbuh dan dapat makan dari bangkai tapi karena aroma yang ditimbulkan untuk menarik hewan yang membantu penyerbukan.

nandaz:
iya, bunga bangkai hampir serupa dengan benalu...dia kan tumbuh akibat stigmata

nandaz:

--- Kutip dari: nandaz pada Juni 25, 2010, 03:21:45 PM ---iya, bunga bangkai hampir serupa dengan benalu...dia kan tumbuh akibat stigmata

--- Akhir Kutipan ---
oh..maaf, katanya salah :-\, akibat tetrastigma..karena ngga punya daun jadi ngga bisa fotosintesis...

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap