Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia  (Dibaca 19860 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #15 pada: September 10, 2009, 06:41:02 PM »
bukan mati tp membentuk kristal, ketika virus menemukan inangnya virus akan aktif...
klo gak salah....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #16 pada: September 11, 2009, 04:54:22 PM »
virus tidak mempunyai struktur sel yang lengkap, makanya untuk beraktivitas sebagaimana layaknya makhluk idup dia musti mencari inang buat numpang. di luar itu dia ga bisa berbuat apa-apa dan kesannya sampe bisa dibuat 'kristal' sambil nunggu inang baru. tapi bagaimana pun masih ada unsur kehidupan di dalamnya. jika struktur yang ada di dalamnya rusak dia pun ga bisa berulang taon di masa mendatang, pun kalo kandungan air menurun alias dehidrasi.

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #17 pada: September 12, 2009, 02:45:11 PM »
Bagaimana dengan RNA? retrotransposons? saya pernah baca literatur bahwa RNA merupakan molekul hidup, sebab ia dapat mereplikasi dirinya sendiri, bertindak sebagai enzyme (ribozyme) dan bahkan mampu berevolusi secara in vitro. Makhluk hidup paling awal diperkirakan berevolusi dari RNA dalam lumpur (clay)..
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Offline syifaaa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #18 pada: Oktober 13, 2009, 07:39:46 PM »
terus, apa itu berarti bakteri itu lebih tinggi tingkatnya dari pada virus? tolong jelasin ya  ;D

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #19 pada: Oktober 13, 2009, 11:45:22 PM »
Jangan bandingkan antara bakteri dan virus sebab kedua jasad hidup tersebut memiliki unit dasar fungsional yang memang berbeda. Bakteri termasuk jasad hidup seluler sedangkan virus merupakan jasad hidup non seluler.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #20 pada: Oktober 14, 2009, 07:17:09 AM »
... dengan kata lain, bakteri masih memiliki semua unsur pembentuk sel sedangkan virus tidak punya unsur tersebut secara lengkap hingga mereka memerlukan inang untuk bisa bertahan hidup dan bereproduksi.

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #21 pada: Oktober 15, 2009, 02:34:06 PM »
... dengan kata lain, bakteri masih memiliki semua unsur pembentuk sel sedangkan virus tidak punya unsur tersebut secara lengkap hingga mereka memerlukan inang untuk bisa bertahan hidup dan bereproduksi.
Betul..namun yang mengganjal di pikiran saya sampai saat ini adalah, jika memang demikian adanya, maka apa batasan hidup dan mati dari aspek molekuler?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #22 pada: Oktober 15, 2009, 03:54:05 PM »
apakah sifat reproduksi saja bisa digunakan sebagai patokan? kondisi seperti yang ada pada viroid ato bahkan prion yang bersifat lebih sederhana ketimbang virus...

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #23 pada: Oktober 15, 2009, 04:30:06 PM »
Bagaimana jika definisi reproduksi diperluas menjadi rekombinasi DNA antara dua molekul DNA yang menghasilkan DNA rekombinan..phage sebagai virus pun bisa mengalami rekombinasi..dengan kata lain dia bisa bereproduksi..

Offline ~Yami~

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #24 pada: Oktober 26, 2009, 06:57:37 PM »
biar saya memperlengkapi,

Ciri-ciri utama sel :
Membran plasma
Materi genetik
Ribosom
Sitoplasma

Dari keempat ciri diatas, hanya sel prokariotik, archaea, dan eukariotik yang memenuhi. Selebihnya tidak termasuk virus, prion, dan kawan - kawannya
saya adalah anak biotek UPH angkatan 2009...
Join us!! ^^

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #25 pada: Oktober 29, 2009, 03:48:19 PM »
biar saya memperlengkapi,

Ciri-ciri utama sel :
Membran plasma
Materi genetik
Ribosom
Sitoplasma

Dari keempat ciri diatas, hanya sel prokariotik, archaea, dan eukariotik yang memenuhi. Selebihnya tidak termasuk virus, prion, dan kawan - kawannya
iya memang ga sama, virus dan bakteri kan jasad hidup dengan unit dasar fungsional yang berbeda..seperti yang telah saya bilang di atas..

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • Lihat Profil
    • faiqhr
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #26 pada: Desember 01, 2009, 05:03:31 PM »
bung hendy : batasan hidup mati? kaya'ny di thred lain ada, dan belum ada titik temunya,

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #27 pada: Desember 09, 2009, 01:42:20 PM »
Gambar-gambar tentang bermacam-macam virus itu itu apa kondisi sebenarnya atau cuma gambar model  ?  Tolong dijelasin ya, terima kasih sebelumnya.

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 261
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Lihat Profil
    • Miftahul Ilmi Personal Website
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #28 pada: Desember 09, 2009, 07:26:13 PM »
Saya rasa kata sepakat untuk mengatakan bahwa virus merupakan jasad hidup belum tercapai antara para ahli biologi. Jadi istilah virus merupakan jasad hidup non seluler saya rasa belum baku. Saya sendiri cenderung menyebut virus sebagai partikel.
...setetes air di samudera luas...

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
« Jawab #29 pada: Desember 14, 2009, 06:00:10 AM »
Virus dalam bahasa Latin artinya racun.  Ukuran besarannya / diameter mulai dari 20 nanometers - sampai 400 nanometers,  kira-kira 100 kali lebih besar dari ukuran sebuah atom.  Sebuah atom hanya mampu digambarkan berupa gambar model,  apa gambar-gambar tentang bermacam-macam virus itu juga gambar model ?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
3560 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2008, 09:21:32 AM
oleh lem
0 Jawaban
2957 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 17, 2007, 08:15:50 PM
oleh alinc
1 Jawaban
5226 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 07, 2009, 05:02:35 PM
oleh heru.htl
1 Jawaban
5016 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2009, 04:24:41 PM
oleh insan sains
virus H1N1

Dimulai oleh Mars Biologi

5 Jawaban
2640 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 08, 2009, 09:51:26 PM
oleh Ginji

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia