Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Percobaan Kimia : Membersihkan Koin Logam  (Dibaca 2612 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Percobaan Kimia : Membersihkan Koin Logam
« pada: November 19, 2011, 11:59:24 PM »
Membersihkan Koin Logam

Alat dan Bahan

1. Koin logam yang sudah kusam
2. Cuka
3. Garam
4. Air bersih
5. Wadah non-metal (misalnya mangkuk plastik atau keramik)
6. Kertas tisu

Prosedur percobaan

1. Masukkan cuka ke dalam wadah dan tambahkan 1 sendok teh garam. Aduk hingga garam larut.
2. Masukkan beberapa koin logam ke dalam larutan. Diamkan selama 10-15 detik.
3. Ambil koin logam dan bilas dengan air bersih.
4. Keringkan dengan kertas tisu.

Apa yang terjadi?
Agar lebih menarik, silakan didiskusikan di sini apa yang sebenarnya terjadi.
Apa gunanya cuka?
Apa pengaruhnya penambahan garam?
Mengapa menggunakan wadah non-metal?
Logam apa saja yang bisa dibersihkan (perak,emas,tembaga,kuningan,dll)?
Akan lebih baik lagi jika anda menyertakan foto-foto hasil percobaan anda :).

Selamat mencoba!

Percobaan ini dapat dilakukan oleh semua orang. Untuk anak-anak sebaiknya didampingi orang tua/orang dewasa.
« Edit Terakhir: November 20, 2011, 12:12:39 AM oleh reborn »



 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
4484 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2007, 02:03:42 AM
oleh reborn
1 Jawaban
9446 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2008, 02:36:56 AM
oleh reborn
12 Jawaban
9034 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 02:46:32 PM
oleh Nabih
5 Jawaban
2864 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2008, 05:30:37 PM
oleh biobio
10 Jawaban
5698 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 13, 2009, 04:18:52 PM
oleh L

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia