Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Online Shop Sepatu

Agustus 28, 2015, 11:30:15 PM

aji saka

Agustus 28, 2015, 05:19:10 PM
Perkenal kan nama saya ajisaka tggl di bogor

ViviSeptri

Agustus 25, 2015, 05:53:54 AM
1. Mengapa terjadi penyerapan dan pelepasan elektron, yang akan masuk ke sistem transport elektron
2. mengapa pada aliran elektron tidak ada produksi NADPH dan tidak ada pelepasan oksigen?
3. Energi apa yang digunakan dalamfotosintesis
4. warna gelombang cahaya manakah yang penting dalam fotosint

jetkoplo

Agustus 24, 2015, 12:35:06 AM
Bagi yang interest ke sains coba deh ikutan Science Project Awards, siapa tau menang.
Lengkapnya klik aja www.starfm3uns.wordpress.com/science-project-awards/

 ;)

khariesma07

Agustus 21, 2015, 01:47:40 AM
KAMI JUAL OBAT ABORSI | *** | *** | *** | *** MISOPROSTOL | GASTRUL


INFO ORDER PEMESANAN VIA SMS / BBM KE :
Call me : 082243840567 - PIN BB : 29b8b770
Website : www.pelancarhaid1-6.blogspot.com


*** *** ( misoprostol pfizer)

fathoni

Agustus 20, 2015, 10:37:32 PM
salam kenal,
kebetulan saya ada kesulitan dengan soal fisika, kalau mau tanya gimana caranya ya??

fiand20

Agustus 06, 2015, 10:15:07 AM
Salam kenal yah semua,, :D ;)

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas  (Dibaca 15353 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« pada: November 20, 2011, 05:48:06 PM »
Lilin di Dalam Gelas

Alat dan Bahan

1. Lilin
2. Piring kaca transparan
3. Gelas kaca transparan
4. Air
5. Korek api
6. Penggaris

Langkah Percobaan

1. Bakar ujung bawah lilin dan lengketkan pada piring.
2. Isi piring dengan air.
3. Tutup lilin dengan gelas kemudian catat ketinggian air di dalam gelas.
4. Ambil kembali gelas kemudian nyalakan lilin. Tutup kembali dengan gelas.
5. Amati ketinggian air sampai akhirnya api lilin padam.

Apa Yang Terjadi?
Setelah melakukan percobaan, dapatkah anda menjelaskan apa yang terjadi?
Apa yang anda lihat dari hasil pengamatan anda?
Mengapa api lilin padam?
Apa yang terjadi dengan air di dalam gelas? Mengapa?

Akan lebih baik lagi jika anda menyertakan foto-foto hasil percobaan anda  8)

Selamat bereksperimen!

Percobaan ini dapat dilakukan oleh semua orang. Untuk anak-anak sebaiknya didampingi orang tua/orang dewasa.



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #1 pada: November 20, 2011, 06:29:33 PM »
Berhubung sekarang hari minggu, barusan iseng lakuin percobaannya... ini poto2nya  ;D
Sengaja pake spoiler, biar yang koneksinya pas2an gak ngomel  ;)

Yang ini lilinnya belum dinyalain, air ngga masuk ke dalam gelas (gelas hanya berisi udara)
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Lilin dinyalain.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Karena apinya langsung padam, gak sempet ambil foto. Jadinya hanya bisa ambil foto waktu mulai ditutup pake gelas.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Hanya beberapa detik, apinya mati. Air masuk ke dalam gelas, lebih tinggi dibanding tinggi air piring.

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Pembahasan detilnya, dipending dulu. Biar temen2 yang lain punya kesempatan dulu hehe...

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #2 pada: November 21, 2011, 11:24:56 AM »
apinya mati karena kekurangan oksigen.
oksigennya dipakai untuk proses pembakaran.
sebelum ditutup, api mendapat supply oksigen secara continuous dari udara luar.

Airnya naik karena tekanan udara dalam gelas turun karena temperaturnya turun setelah api mati. Karena tekanan udara luar lebih tinggi daripada udara dalam gelas, air dari luar terdorong masuk ke dalam gelas.
Percobaan bisa dimodifikasi dengan mengganti api lilin dengan lampu pijar yang menghasilkan temperatur tinggi. Nyala lampu tidak terpengaruh oleh kandungan oksigen dalam gelas, sehingga perubahan tekanan oleh temperatur bisa diamati dengan lebih jelas.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Na_dhyiiiaa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #3 pada: Pebruari 29, 2012, 10:20:38 AM »
bisa dijelasiin apa dasar teorinyaa ggaa ??

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #4 pada: Maret 04, 2012, 02:28:24 PM »
bagian mana yg belum jelas?
Percobaan di atas melibatkan teori pembakaran/oksidasi yang termasuk dalam bidang kimia.
Selain itu juga melibatkan termodinamika pada gas, biasanya dikenal melalui rumus PV=nRT.
Itu juga melibatkan teori hidrostatis, biasanya dikenal melalui rumus P=ρgh.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
43 Jawaban
12771 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2009, 11:31:11 AM
oleh si anak gajah
0 Jawaban
2151 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 14, 2011, 09:53:51 PM
oleh ksatriabajuhitam
1 Jawaban
18020 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2011, 03:37:22 PM
oleh ksatriabajuhitam
6 Jawaban
4464 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2011, 12:57:27 PM
oleh ksatriabajuhitam
1 Jawaban
3008 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2011, 08:16:00 PM
oleh 12

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia