Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

qwertypo

Hari Ini jam 09:45:43 AM
Gan, ane lagi nyari buku Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D Cooper author nya Sahat Pakpahan

SplitzBurned

Kemarin jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

Show 50 latest

Penulis Topik: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas  (Dibaca 10203 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« pada: November 20, 2011, 05:48:06 PM »
Lilin di Dalam Gelas

Alat dan Bahan

1. Lilin
2. Piring kaca transparan
3. Gelas kaca transparan
4. Air
5. Korek api
6. Penggaris

Langkah Percobaan

1. Bakar ujung bawah lilin dan lengketkan pada piring.
2. Isi piring dengan air.
3. Tutup lilin dengan gelas kemudian catat ketinggian air di dalam gelas.
4. Ambil kembali gelas kemudian nyalakan lilin. Tutup kembali dengan gelas.
5. Amati ketinggian air sampai akhirnya api lilin padam.

Apa Yang Terjadi?
Setelah melakukan percobaan, dapatkah anda menjelaskan apa yang terjadi?
Apa yang anda lihat dari hasil pengamatan anda?
Mengapa api lilin padam?
Apa yang terjadi dengan air di dalam gelas? Mengapa?

Akan lebih baik lagi jika anda menyertakan foto-foto hasil percobaan anda  8)

Selamat bereksperimen!

Percobaan ini dapat dilakukan oleh semua orang. Untuk anak-anak sebaiknya didampingi orang tua/orang dewasa.



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #1 pada: November 20, 2011, 06:29:33 PM »
Berhubung sekarang hari minggu, barusan iseng lakuin percobaannya... ini poto2nya  ;D
Sengaja pake spoiler, biar yang koneksinya pas2an gak ngomel  ;)

Yang ini lilinnya belum dinyalain, air ngga masuk ke dalam gelas (gelas hanya berisi udara)
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Lilin dinyalain.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Karena apinya langsung padam, gak sempet ambil foto. Jadinya hanya bisa ambil foto waktu mulai ditutup pake gelas.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Hanya beberapa detik, apinya mati. Air masuk ke dalam gelas, lebih tinggi dibanding tinggi air piring.

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Pembahasan detilnya, dipending dulu. Biar temen2 yang lain punya kesempatan dulu hehe...

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #2 pada: November 21, 2011, 11:24:56 AM »
apinya mati karena kekurangan oksigen.
oksigennya dipakai untuk proses pembakaran.
sebelum ditutup, api mendapat supply oksigen secara continuous dari udara luar.

Airnya naik karena tekanan udara dalam gelas turun karena temperaturnya turun setelah api mati. Karena tekanan udara luar lebih tinggi daripada udara dalam gelas, air dari luar terdorong masuk ke dalam gelas.
Percobaan bisa dimodifikasi dengan mengganti api lilin dengan lampu pijar yang menghasilkan temperatur tinggi. Nyala lampu tidak terpengaruh oleh kandungan oksigen dalam gelas, sehingga perubahan tekanan oleh temperatur bisa diamati dengan lebih jelas.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Na_dhyiiiaa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #3 pada: Pebruari 29, 2012, 10:20:38 AM »
bisa dijelasiin apa dasar teorinyaa ggaa ??

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #4 pada: Maret 04, 2012, 02:28:24 PM »
bagian mana yg belum jelas?
Percobaan di atas melibatkan teori pembakaran/oksidasi yang termasuk dalam bidang kimia.
Selain itu juga melibatkan termodinamika pada gas, biasanya dikenal melalui rumus PV=nRT.
Itu juga melibatkan teori hidrostatis, biasanya dikenal melalui rumus P=ρgh.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
43 Jawaban
10033 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2009, 11:31:11 AM
oleh si anak gajah
0 Jawaban
1760 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 14, 2011, 09:53:51 PM
oleh ksatriabajuhitam
1 Jawaban
12374 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2011, 03:37:22 PM
oleh ksatriabajuhitam
6 Jawaban
3215 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2011, 12:57:27 PM
oleh ksatriabajuhitam
1 Jawaban
2370 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2011, 08:16:00 PM
oleh 12

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia