Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 10:51:44 AM
Kalo alasan kuota karena jaringan kurang kuat? Kenapa tiap akhir bulan dimana semua orang abis kuota jaringan tidak jadi lebih cepat? Sebenarnya Internet Indonesia lambat lebih karena masalah nyari duit kan?
 

Farabi

Hari Ini jam 10:49:30 AM
Tarolah setiap gajian orangindonesia beli pulsa.  Berarti ada 10 juta orang yang kuotanya bisa akses internet kecepatan full.  Berarti kekuatan jaringan sebetulnya kuat kan.  Tapi kenapa setelah kuota abis jadi lambat?
 

Farabi

Hari Ini jam 10:39:28 AM
Apaan nih ganti menkominfo internet kecepatan nya malah ancur bae gini.

Raidahafi27

Pebruari 28, 2015, 07:12:04 AM
departemen tehnik lingkungan banyak menggambar nya ga??

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:46:50 PM
 >:(

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:42:11 PM
ada yg tau gk bahan kimia /material pembuat n pembentuk plastik n bagaimana proses campurane/takaran yg pas untuk membuat plastik frame kacamata yg celluloid n thanks ya

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:40:36 PM
hy saya anggota baru dr kota surabaya n salam kenal n thanks udh d ijinin gabung

abdillahibnunasrullah

Pebruari 24, 2015, 07:53:17 PM
Assalamualaikum, shalom kenal semuanya, ane temennya MuhammadRyan
 

MuhammadRyan

Pebruari 23, 2015, 10:23:33 PM
YAOW, Akhirnya pulang juga dari Haifah, Israel. Ada proyek... bkan soal Mossad...

DefiRahmawati

Pebruari 23, 2015, 03:34:34 PM
salam kenal semuanya, saya anggota baru di sini, mau tanya apakah ada yg tau bagaimana caranya agar daun yang sudah kita petik tetap segar dan tidak menjadi keriput/ menciut ?
#saya sangat menunggu jawaban dari teman" yang mengetahuinya, terima kasih sebelumnya...  :)

Show 50 latest

Penulis Topik: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas  (Dibaca 12828 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« pada: November 20, 2011, 05:48:06 PM »
Lilin di Dalam Gelas

Alat dan Bahan

1. Lilin
2. Piring kaca transparan
3. Gelas kaca transparan
4. Air
5. Korek api
6. Penggaris

Langkah Percobaan

1. Bakar ujung bawah lilin dan lengketkan pada piring.
2. Isi piring dengan air.
3. Tutup lilin dengan gelas kemudian catat ketinggian air di dalam gelas.
4. Ambil kembali gelas kemudian nyalakan lilin. Tutup kembali dengan gelas.
5. Amati ketinggian air sampai akhirnya api lilin padam.

Apa Yang Terjadi?
Setelah melakukan percobaan, dapatkah anda menjelaskan apa yang terjadi?
Apa yang anda lihat dari hasil pengamatan anda?
Mengapa api lilin padam?
Apa yang terjadi dengan air di dalam gelas? Mengapa?

Akan lebih baik lagi jika anda menyertakan foto-foto hasil percobaan anda  8)

Selamat bereksperimen!

Percobaan ini dapat dilakukan oleh semua orang. Untuk anak-anak sebaiknya didampingi orang tua/orang dewasa.



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #1 pada: November 20, 2011, 06:29:33 PM »
Berhubung sekarang hari minggu, barusan iseng lakuin percobaannya... ini poto2nya  ;D
Sengaja pake spoiler, biar yang koneksinya pas2an gak ngomel  ;)

Yang ini lilinnya belum dinyalain, air ngga masuk ke dalam gelas (gelas hanya berisi udara)
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Lilin dinyalain.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Karena apinya langsung padam, gak sempet ambil foto. Jadinya hanya bisa ambil foto waktu mulai ditutup pake gelas.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Hanya beberapa detik, apinya mati. Air masuk ke dalam gelas, lebih tinggi dibanding tinggi air piring.

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Pembahasan detilnya, dipending dulu. Biar temen2 yang lain punya kesempatan dulu hehe...

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1443
  • IQ: 45
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #2 pada: November 21, 2011, 11:24:56 AM »
apinya mati karena kekurangan oksigen.
oksigennya dipakai untuk proses pembakaran.
sebelum ditutup, api mendapat supply oksigen secara continuous dari udara luar.

Airnya naik karena tekanan udara dalam gelas turun karena temperaturnya turun setelah api mati. Karena tekanan udara luar lebih tinggi daripada udara dalam gelas, air dari luar terdorong masuk ke dalam gelas.
Percobaan bisa dimodifikasi dengan mengganti api lilin dengan lampu pijar yang menghasilkan temperatur tinggi. Nyala lampu tidak terpengaruh oleh kandungan oksigen dalam gelas, sehingga perubahan tekanan oleh temperatur bisa diamati dengan lebih jelas.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Na_dhyiiiaa

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #3 pada: Pebruari 29, 2012, 10:20:38 AM »
bisa dijelasiin apa dasar teorinyaa ggaa ??

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1443
  • IQ: 45
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Eksperimen Fisika : Lilin di Dalam Gelas
« Jawab #4 pada: Maret 04, 2012, 02:28:24 PM »
bagian mana yg belum jelas?
Percobaan di atas melibatkan teori pembakaran/oksidasi yang termasuk dalam bidang kimia.
Selain itu juga melibatkan termodinamika pada gas, biasanya dikenal melalui rumus PV=nRT.
Itu juga melibatkan teori hidrostatis, biasanya dikenal melalui rumus P=ρgh.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
43 Jawaban
11592 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2009, 11:31:11 AM
oleh si anak gajah
0 Jawaban
1946 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 14, 2011, 09:53:51 PM
oleh ksatriabajuhitam
1 Jawaban
13592 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2011, 03:37:22 PM
oleh ksatriabajuhitam
6 Jawaban
3851 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2011, 12:57:27 PM
oleh ksatriabajuhitam
1 Jawaban
2672 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2011, 08:16:00 PM
oleh 12

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia