Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

meizavho

Oktober 08, 2014, 05:33:22 PM
salam kenal
rivo stephano :)

aidilautomation

Oktober 08, 2014, 10:27:02 AM
salam kenal saya aidil

Show 50 latest

Penulis Topik: Membuat Baterai dari Salak  (Dibaca 18412 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Membuat Baterai dari Salak
« pada: Juli 22, 2008, 05:35:18 AM »
Mungkin ada yang tertarik untuk coba-coba. Percobaan ini dibuat oleh Sutikno, guru SMPN 2 Wanadadi Jawa Tengah dan dipresentasikan dalam Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) 2008 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Menurut Sutikno, baterai salak ini bisa menghasilkan tegangan 0,56 volt.

Bahan :
Buah salak, air, seng sebagai kutub negatif, dan tembaga sebagai kutub positif.

Cara kerja :
Buah salak diblender dengan air dengan perbandingan 200 gram:200 ml, lalu dituang ke dalam setengah gelas air mineral. Seng dan tembaga berukuran masing-masing 5 cm yang telah dikaitkan dengan kabel penghantar kemudian dimasukkan ke gelas. Ukur tegangan dengan multimeter. Buat jus salak lebih banyak lagi hingga tiga gelas untuk 1,5 volt dan enam gelas untuk 3 volt. Gelas-gelas berisikan jus salak tersebut diserikan hingga tegangannya akumulatif.

Hasil percobaan Sutikno :
Ketika diukur dengan multimeter digital, multimeter menunjukkan tegangan yang dihasilkan 0,56 volt, bahkan ketika dicoba kembali oleh Sutikno, sempat mencapai angka 0,6 volt. Sutikno mengatakan, tegangan listrik yang dihasilkan oleh jus salak ini dapat menghidupkan kalkulator bertegangan 3 volt atau jam digital 1,5 volt. Dalam presentasinya, dewan juri memuji temuan Sutikno dan memberikan masukan agar Sutikno mempertajam penelitiannya seperti dengan mengukur tingkat keasaman dan elektronnya untuk mencari tahu faktor apa yang paling berpengaruh.
« Edit Terakhir: Juli 22, 2008, 05:37:10 AM oleh reborn »



Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2008, 07:18:02 AM »
^_^ hoho.. keren... keren...!!

kalo ditambahin garam gimana yach???

Jadi pengen nyoba di rumah... Wah... berarti kudu beli blender-nya dulu negh..!!  ;D
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 09:47:02 AM »
Mantep ya, hebat tuh pak Sutikno. Tapi gw ga tau dia menang tuh, ga ditulis soalnya.
Cobain bro, bagi2 picnya ntar ya ;D

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #3 pada: Juli 25, 2008, 10:43:18 AM »
Kutip
seng sebagai kutub negatif, dan tembaga sebagai kutub positif.
tegangan listrik yang dihasilkan oleh jus salak ini dapat menghidupkan kalkulator bertegangan 3 volt atau jam digital 1,5 volt.
bukannya tembaga itu konduktor yg baik (bisa mengalirkan listrik)..?
saya rasa tanpa memakai buah pun aliran listrik itu bisa dihasilkan, mungkin pake media yg lain?
mengapa percobaannya pake buah salak?kenapa tidak pake buah yg lain?misal nanas,mangga..de el el
kandungan apa yg ada pada buah salak ? klo ditinjau dari tingkat keasamaan, buah lain juga kan ada yg tingkat keasamaannya lebih tinggi, maybe??
DeNgan CiNta HiDup jaDi InDah, DeNgan iLmu HiDup jaDi MuDah, DeNgan iMan HiDup jaDi TerArah

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #4 pada: Juli 25, 2008, 12:53:23 PM »
kalo ga salah lemon juga bisa... kapan nih dibikin PLTB (pembangkit listrik tenaga buah)?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #5 pada: Juli 25, 2008, 01:27:08 PM »
Dia pake salak karena di daerah itu banyak kebun salak. Penduduknya banyak yang mata pencahariannya dari nanem salak, makanya dia kepikiran pake salak. Nanas mungkin juga bisa. Sutikno juga memang belum mencari tahu faktor apa yang bikin salak bisa dipake jadi aki, karena sekolah alatnya ga memadai. Mungkin ada yang berminat cari tahu, siapa tahu tuh usul si sis bikin PLTB ngebantu PLN yang amburadul :P

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #6 pada: Juli 25, 2008, 04:12:19 PM »
tapi cuma 0,56 volt ya... butuh berapa ton salak tuh kalo beneran mo bikin PLTB.

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #7 pada: Juli 26, 2008, 09:55:37 AM »
Kutip
butuh berapa ton salak tuh kalo beneran mo bikin PLTB.
mungkin walaupun jumlah salaknya dikit klo kadar kesamaan dll yg bsa berpengaruh dlm menghasilkan tegangan itu di perbanyak tegangannya bisa besar jg,..maybe  ;D ;D

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #8 pada: Juli 27, 2008, 09:21:53 AM »
bisa ditabokin mamaku nih kalo aku bikin percobaan ini  :-\

mamaku salak-a-holic ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #9 pada: Agustus 12, 2008, 07:45:08 PM »

Jadi pengen nyoba di rumah... Wah... berarti kudu beli blender-nya dulu negh..!!  ;D

ga perlu pake blender, saya pernah bikin dari jeruk bulet2, elektrodanya pake tinol (buat nyolder) sama kawat tembaga, bisa juga
pake buah apel juga bisa, tapi tegangannya lebih kecil

pernah iseng-iseng saya ukur menggunakan Metode Thevenin*, (maklum saya anak fisika elektronika), dari kurva pembebanannya, ternyata daya rata-ratanya (untuk jeruk) cuma dalam kisaran micro-watt

* kalo mau tau konfigurasi eksperimen-nya, on request aja

Cheers,
KsatriaBajuHitam
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #10 pada: Agustus 12, 2008, 10:25:39 PM »
perasaan itu udah lama deh beritanya om, di tv jg sempet tampil, oya klo posting info sains dimana ?
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline ozu0

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • panggil aku ujo :)
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #11 pada: Agustus 18, 2008, 12:52:52 PM »
^^kamsudnya om??

keren gan... yakin gw coba gak ya  ???
xixixi,,,
gimana si biar jadi pinter selain belajar?? >___<

Offline ratih

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #12 pada: November 06, 2008, 04:24:33 AM »
mantap bro..:D

Offline ZeroFour

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 49
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #13 pada: November 09, 2008, 10:39:12 PM »
nimbrung yee....

ntu pke konsep sel volta g c...? ???
klo y, brarti seng ma tembaga = elektrodany kan, ...nah da yg tau g proses kimia ny g...?, supaya jus salakny meninbulkan listrik....? :D

lg pula emang salak mengandung apa c, kok bisa-bisa ny dia ngalirin listrik.... :-\



Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Membuat Baterai dari Salak
« Jawab #14 pada: November 17, 2008, 02:18:39 PM »
dalam buah terjadi reaksi antara cairan elektrolit buah dan logam seng dan tembaga:
Oksidasi: Zn --> Zn++ + 2e (Seng kehilangan 2 elektron)
Reduksi: 2H+ + 2e --> H2 (Ion Hidrogen menerima elektron.)
Reaksi total: Zn + 2H+ --> Zn++ + H2
karena serah terima elektron ini disertai aliran elektron maka terjadilah arus listrik. besarnya arus listrik yang dihasilkan tergantung dari konsentrasi ion [H]+ dalam elektrolit.
semakin asam jenis buahnya maka listrik yang dihasilkan semakin besar.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
2528 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2010, 02:41:22 PM
oleh kuin
0 Jawaban
1906 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2010, 01:13:53 PM
oleh stevensie
10 Jawaban
2976 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2010, 12:22:52 AM
oleh dancyber
1 Jawaban
2015 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 15, 2011, 04:17:11 AM
oleh skuler
4 Jawaban
665 Dilihat
Tulisan terakhir Kemarin jam 12:11:39 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia