Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: Membuat Bom Asap Sederhana  (Dibaca 26042 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Membuat Bom Asap Sederhana
« pada: Pebruari 23, 2010, 09:49:33 AM »
Bahan yang diperlukan :

1. Inti
- Potassium Nitrat / Kalium Nitrat (KNO3 / Sendawa Dapur)
- Glukosa (gula pasir) / Fruktosa (tapi gw blum pernah pake fruktosa)
2. Mantel
- Alumunium foil
- Baking Powder (untuk mendinginkan kalor).
3. Selubung
- Kaleng besi bekas susu kental manis.
4. Sumbu
- Karbit

Alat :

1. Pakaian Laboratorium lengkap dengan masker dan sarung tangan karet.
2. Gunting.
3. Korek api (apa ajah).
4. Timbangan Elektrik.
5. Sendok makan.
6. Lilin.
7. Panci ukuran kecil.

Cara kerja :

1. Campurkan KNO3 500 gr, dan gula pasir 300 gr pada panci kecil.
2. Masak dengan lilin dan aduk dengan sendok (diaduk terus jgn berhenti, krn klo brhnti bsa terbakar) dengan amat hati-hati, hingga berwarna coklat caramel.
3. Lapisi af dengan baking powder dengan agak tebal.
4. Gunting alumunium foil (af) membentuk lingkaran dengan diameter 10 cm (kalo mau tau rumus luas lingkaran : phi.r^2)
5. Langsung tuang larutan tersebut ke atas af dengan cepat sebelum larutan mengental, lalu bungkus.
6. Tancapkan karbit pada larutan dalam bungkus af.
7. Masukkan af ke dalam kaleng bekas lalu tunggu ampe beku/mengeras.
8. Bakar karbit.
9. lalu lempar (klo u g mau lempar taro di tempat yang u pengen) lalu.
10. KABUUUUUUUUURRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR!!…

tambahan: tidak bertanggung jawab atas kejadian yang tidak diinginkan



Offline Anak_Yang_Ingin_taHu

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 160
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #1 pada: Pebruari 23, 2010, 12:21:46 PM »
kak raisuien teroris y ?? Tahu dari mana kak? Aku pengen nyoba tapi KEJADIaN YG TIDAK DIINGINKANnya itu apa kak?

Keingintahuan bisa membunuhmu , Ketidaktahuan bisa menghancurkanmu.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #2 pada: Pebruari 23, 2010, 05:24:44 PM »
kak raisuien teroris y ?? Tahu dari mana kak? Aku pengen nyoba tapi KEJADIaN YG TIDAK DIINGINKANnya itu apa kak?

kena orang, kena diri sendiri, dimarahin guru, dimarahin orang tua, dihajar orang sekampung, ditangkap polisi, dll.....

Offline Anak_Yang_Ingin_taHu

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 160
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #3 pada: Pebruari 23, 2010, 06:42:15 PM »
(O.O)


(Dokem aja dach, serem~~)

Offline LuCkyM3

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #4 pada: Pebruari 23, 2010, 08:19:29 PM »
Boleh di test....

Karbit itu apa ya???

Ada gambar praktek nya ngak.???

Maap Newbie
« Edit Terakhir: Pebruari 23, 2010, 08:21:46 PM oleh LuCkyM3 »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #5 pada: Pebruari 23, 2010, 08:22:23 PM »
huaaaa~
like it like it...
kalo ada lagi ko,, bagi bagi,,,
sisca mau praktek..
guru sisca jg mau praktek...
tapi kadang ga ada bahan ajee~
hahahhaha~
TQ ko... ^^
~ You are what you eat ~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #6 pada: Pebruari 23, 2010, 08:38:02 PM »
Boleh di test....

Karbit itu apa ya???

Ada gambar praktek nya ngak.???

Maap Newbie

sayangnya gag ada....
Karbit atau Kalsium karbida adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CaC2

huaaaa~
like it like it...
kalo ada lagi ko,, bagi bagi,,,
sisca mau praktek..
guru sisca jg mau praktek...
tapi kadang ga ada bahan ajee~
hahahhaha~
TQ ko... ^^

sama2.... tp hati2....
bahan2nya gampang dicari.... klo kayak karbit sama potasium nitrat nyari d toko kimia ja klo lab skul gag ada....

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #7 pada: Pebruari 23, 2010, 08:40:44 PM »
susahnya toko kimia di sini ga ada,, musti ke medan,,

woow,,
ternyata waktu pembuatan bahan2nya aja uda bahaya ya..
kerennn
menantanggg bgt,,,
sip sip sip..
tar sisca ajuin sama pak guru.. ^^

Offline M Joe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #8 pada: April 20, 2010, 10:01:23 PM »
Karbid di toko bangunan jual. bei aja di toko bahan bangunan, biasany bahn ni untuk proses pengelasan. Selamat mencoba ya.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #9 pada: April 20, 2010, 10:03:57 PM »
wokie dokie..
:)
CaC2...
ok ok .. ;D
makasi.. :D

Offline sandikovsky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #10 pada: Mei 11, 2010, 09:05:56 PM »
Untuk lebih jelasnya bisa di review di youtube koq. :D
You don't have to be a smart people, but be people who think smart.

Sandikovsky

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #11 pada: Juni 08, 2010, 06:51:54 PM »
Takut mau mencoba.  Yang ini kayaknya mudah meledak.   Makasi :D
« Edit Terakhir: Juni 08, 2010, 06:55:36 PM oleh semut-ireng »

Offline haidar22f

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #12 pada: Juli 20, 2012, 01:52:22 PM »
karbit tuh yang di petasan kan yang panjang trus dibakar ?
bisa di gantiin benang yang di celupin ke bensin gak ?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #13 pada: Juli 21, 2012, 12:55:40 PM »
kakak kelas saya pernah melakukan percobaan :
1 permen extra mint (lupa nama produknya) dimasukan ke 1 liter coca-cola lalu dikocok,
DUUUAAAARRR...!!!
ruangan lab penuh dengan cairan coca-cola, bahkan tutup botolnya sampai menembus atap (katanya sih).
mana lab yang dipergunakan lab sekolah ;D
i adore your intelligence

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re:Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #14 pada: Agustus 27, 2012, 10:38:21 PM »
ada yang bisa jelasin nggak reaksinya?? :D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Buat Bom Asap

Dimulai oleh biobio Kimia

11 Jawaban
11373 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2009, 01:45:15 PM
oleh syx
3 Jawaban
12199 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2009, 12:46:08 AM
oleh xmentaro
3 Jawaban
16873 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2009, 04:53:55 PM
oleh Idad
Bom Hidrogen

Dimulai oleh TheRevenant « 1 2 3 4 » Kimia

56 Jawaban
19435 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 27, 2009, 08:41:02 PM
oleh loser1942
0 Jawaban
12098 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2011, 03:58:59 PM
oleh danzJr

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia