Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Kemarin jam 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

Show 50 latest

Penulis Topik: Membuat Bom Asap Sederhana  (Dibaca 20106 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Membuat Bom Asap Sederhana
« pada: Pebruari 23, 2010, 09:49:33 AM »
Bahan yang diperlukan :

1. Inti
- Potassium Nitrat / Kalium Nitrat (KNO3 / Sendawa Dapur)
- Glukosa (gula pasir) / Fruktosa (tapi gw blum pernah pake fruktosa)
2. Mantel
- Alumunium foil
- Baking Powder (untuk mendinginkan kalor).
3. Selubung
- Kaleng besi bekas susu kental manis.
4. Sumbu
- Karbit

Alat :

1. Pakaian Laboratorium lengkap dengan masker dan sarung tangan karet.
2. Gunting.
3. Korek api (apa ajah).
4. Timbangan Elektrik.
5. Sendok makan.
6. Lilin.
7. Panci ukuran kecil.

Cara kerja :

1. Campurkan KNO3 500 gr, dan gula pasir 300 gr pada panci kecil.
2. Masak dengan lilin dan aduk dengan sendok (diaduk terus jgn berhenti, krn klo brhnti bsa terbakar) dengan amat hati-hati, hingga berwarna coklat caramel.
3. Lapisi af dengan baking powder dengan agak tebal.
4. Gunting alumunium foil (af) membentuk lingkaran dengan diameter 10 cm (kalo mau tau rumus luas lingkaran : phi.r^2)
5. Langsung tuang larutan tersebut ke atas af dengan cepat sebelum larutan mengental, lalu bungkus.
6. Tancapkan karbit pada larutan dalam bungkus af.
7. Masukkan af ke dalam kaleng bekas lalu tunggu ampe beku/mengeras.
8. Bakar karbit.
9. lalu lempar (klo u g mau lempar taro di tempat yang u pengen) lalu.
10. KABUUUUUUUUURRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR!!…

tambahan: tidak bertanggung jawab atas kejadian yang tidak diinginkan



Offline Anak_Yang_Ingin_taHu

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 160
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #1 pada: Pebruari 23, 2010, 12:21:46 PM »
kak raisuien teroris y ?? Tahu dari mana kak? Aku pengen nyoba tapi KEJADIaN YG TIDAK DIINGINKANnya itu apa kak?

Keingintahuan bisa membunuhmu , Ketidaktahuan bisa menghancurkanmu.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #2 pada: Pebruari 23, 2010, 05:24:44 PM »
kak raisuien teroris y ?? Tahu dari mana kak? Aku pengen nyoba tapi KEJADIaN YG TIDAK DIINGINKANnya itu apa kak?

kena orang, kena diri sendiri, dimarahin guru, dimarahin orang tua, dihajar orang sekampung, ditangkap polisi, dll.....

Offline Anak_Yang_Ingin_taHu

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 160
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #3 pada: Pebruari 23, 2010, 06:42:15 PM »
(O.O)


(Dokem aja dach, serem~~)

Offline LuCkyM3

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #4 pada: Pebruari 23, 2010, 08:19:29 PM »
Boleh di test....

Karbit itu apa ya???

Ada gambar praktek nya ngak.???

Maap Newbie
« Edit Terakhir: Pebruari 23, 2010, 08:21:46 PM oleh LuCkyM3 »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #5 pada: Pebruari 23, 2010, 08:22:23 PM »
huaaaa~
like it like it...
kalo ada lagi ko,, bagi bagi,,,
sisca mau praktek..
guru sisca jg mau praktek...
tapi kadang ga ada bahan ajee~
hahahhaha~
TQ ko... ^^
~ You are what you eat ~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #6 pada: Pebruari 23, 2010, 08:38:02 PM »
Boleh di test....

Karbit itu apa ya???

Ada gambar praktek nya ngak.???

Maap Newbie

sayangnya gag ada....
Karbit atau Kalsium karbida adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CaC2

huaaaa~
like it like it...
kalo ada lagi ko,, bagi bagi,,,
sisca mau praktek..
guru sisca jg mau praktek...
tapi kadang ga ada bahan ajee~
hahahhaha~
TQ ko... ^^

sama2.... tp hati2....
bahan2nya gampang dicari.... klo kayak karbit sama potasium nitrat nyari d toko kimia ja klo lab skul gag ada....

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #7 pada: Pebruari 23, 2010, 08:40:44 PM »
susahnya toko kimia di sini ga ada,, musti ke medan,,

woow,,
ternyata waktu pembuatan bahan2nya aja uda bahaya ya..
kerennn
menantanggg bgt,,,
sip sip sip..
tar sisca ajuin sama pak guru.. ^^

Offline M Joe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #8 pada: April 20, 2010, 10:01:23 PM »
Karbid di toko bangunan jual. bei aja di toko bahan bangunan, biasany bahn ni untuk proses pengelasan. Selamat mencoba ya.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #9 pada: April 20, 2010, 10:03:57 PM »
wokie dokie..
:)
CaC2...
ok ok .. ;D
makasi.. :D

Offline sandikovsky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #10 pada: Mei 11, 2010, 09:05:56 PM »
Untuk lebih jelasnya bisa di review di youtube koq. :D
You don't have to be a smart people, but be people who think smart.

Sandikovsky

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #11 pada: Juni 08, 2010, 06:51:54 PM »
Takut mau mencoba.  Yang ini kayaknya mudah meledak.   Makasi :D
« Edit Terakhir: Juni 08, 2010, 06:55:36 PM oleh semut-ireng »

Offline haidar22f

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #12 pada: Juli 20, 2012, 01:52:22 PM »
karbit tuh yang di petasan kan yang panjang trus dibakar ?
bisa di gantiin benang yang di celupin ke bensin gak ?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #13 pada: Juli 21, 2012, 12:55:40 PM »
kakak kelas saya pernah melakukan percobaan :
1 permen extra mint (lupa nama produknya) dimasukan ke 1 liter coca-cola lalu dikocok,
DUUUAAAARRR...!!!
ruangan lab penuh dengan cairan coca-cola, bahkan tutup botolnya sampai menembus atap (katanya sih).
mana lab yang dipergunakan lab sekolah ;D
i adore your intelligence

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re:Membuat Bom Asap Sederhana
« Jawab #14 pada: Agustus 27, 2012, 10:38:21 PM »
ada yang bisa jelasin nggak reaksinya?? :D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Buat Bom Asap

Dimulai oleh biobio Kimia

11 Jawaban
9753 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2009, 01:45:15 PM
oleh syx
3 Jawaban
8543 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2009, 12:46:08 AM
oleh xmentaro
3 Jawaban
10751 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2009, 04:53:55 PM
oleh Idad
Bom Hidrogen

Dimulai oleh TheRevenant « 1 2 3 4 » Kimia

56 Jawaban
13683 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 27, 2009, 08:41:02 PM
oleh loser1942
0 Jawaban
11116 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2011, 03:58:59 PM
oleh danzJr

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia