Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

visitpare

Kemarin jam 12:13:15 AM
dah malam.. maaf ya frenn ;) ;) ;) ;D ;D ;D ;D

visitpare

Kemarin jam 12:12:45 AM
mana nihh.. kok seooouupiii ya..  >:( >:(

visitpare

Kemarin jam 12:11:57 AM
 >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:(

visitpare

Kemarin jam 12:11:34 AM
 ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

visitpare

Kemarin jam 12:11:02 AM
 :D :D :D :D :D :D

visitpare

Kemarin jam 12:10:44 AM
......zzz.....

visitpare

Kemarin jam 12:10:16 AM
Bagi yang tau info cpns tlg shout ke sini.. makasih banyak

visitpare

Kemarin jam 12:09:14 AM
Ada info tentang CPNS 2014 gak ya? mohon infonya.

visitpare

Kemarin jam 12:05:59 AM
Selamat atas kemenangan Pak Jokowi di Pilpres 2014
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

Show 50 latest

Penulis Topik: microphone sederhana  (Dibaca 12183 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
microphone sederhana
« pada: Agustus 22, 2008, 11:45:04 PM »
dapet eksperimen ini dari bukunya UNICEF, katanya sih setelah jaman2 perang, jadi ngeluarin buku berisi eksperimen sekolah yang murah, nemu buku ini di fotokopian, ikut ngopi deh... >:D, sekarang ga tau deh ke mana bukunya (kalo diubek2 sih mungkin ketemu)

Membuat Microphone Sederhana

micrphone jenis ini ialah microphone generasi pertama, cmiiw, sekarang sudah diganti pake koil atau kapasitor

alat:
batang karbon pensil
pisau  silet yang telah dipatahkan menjadi 2 bagian
karet penghapus / gabus / atau apapun untuk menyematkan silet
kabel
earphone atau speaker kecil (bekas telepon misalnya)
batere, 3V sih cukup

bikinnya:
sematkan kedua belah silet pada gabus
letakkan batang karbon pensil ke lekukan silet, dapat meletakkan beberapa batang
hubungkan ke batere dan speaker seperti pada gambar berikut

gambar rangkaian

cobalah berbicara di dekat batang karbon dan dekatkan speaker/earphone ke telinga, (kalo berhasil) terdengar suara anda melalui earphone kan
lebih bagus kalo sistem silet-batangkarbon nya dimasukkan ke kotak (terbuka atasnya, kotak korek api mislnya), jadi suaranya menggema di dalam ruang kotak itu

prinsip kerja:
ketika kita berbicara, perubahan tekanan udara akibat suara kita akan mengakibatkan sedikit perubahan tekanan pula pada batang karbon yang akan mengakibatkan sedikit perubahan resistansinya, sehingga arus yang mengalir ke speaker juga berubah seirama dengan suara; maka suara kita telah disalurkan ke speaker melalui arus listrik

pemakaian:
recomended buat anak SMP


not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #1 pada: Juni 05, 2009, 09:30:59 PM »
hmmm......
kira2 nih barang gua bisa bikin apalagi ya??
hmmm......

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #2 pada: Desember 22, 2010, 08:15:10 PM »
klo boleh tahu...
nyambung kabel ke earphone nya gimana ya?

???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #3 pada: Januari 12, 2011, 09:38:12 PM »
gw masukin ke Koleksi eksperimen sains buat anak-anak. Tolong dikoreksi anjuran usianya kalo salah.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
2609 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 11:47:37 AM
oleh monokorobo
22 Jawaban
15529 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2011, 07:52:24 PM
oleh Bagas hari
9 Jawaban
2771 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2009, 12:25:28 PM
oleh parmin
5 Jawaban
1716 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2010, 05:28:03 AM
oleh Mat Dillom
11 Jawaban
8024 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2011, 02:29:36 AM
oleh veewee

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia