Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

rakakakuk

Juni 14, 2016, 02:35:17 PM
Glucoberry is a product of Milk for beauty that is processed with modern technology, as well as of processing got the radar directly from the beauty experts around the world.
http://www.obatawetmudaalami.com/obat-kulit-kering-saat-puasa/
 

ahmad m.s

Juni 03, 2016, 04:21:51 PM
GOD!! dah lama ga nongol disini

nice to meet you gaesss~~~~~

rigainiafgan

Juni 01, 2016, 08:40:43 AM
tips jerawatan

rakakakuk

Mei 31, 2016, 03:33:56 PM

bioskop201info

Mei 17, 2016, 03:25:52 AM
Nonton Film Movie Cinema Bioskop 21 Online ==> http://bioskop201.info

Haruns

Mei 14, 2016, 11:00:13 PM

mataweb

Mei 14, 2016, 01:43:43 PM
barangkali ada yang mau ikut kursus http://www.matawebsite.com

Show 50 latest

Penulis Topik: microphone sederhana  (Dibaca 16179 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
microphone sederhana
« pada: Agustus 22, 2008, 11:45:04 PM »
dapet eksperimen ini dari bukunya UNICEF, katanya sih setelah jaman2 perang, jadi ngeluarin buku berisi eksperimen sekolah yang murah, nemu buku ini di fotokopian, ikut ngopi deh... >:D, sekarang ga tau deh ke mana bukunya (kalo diubek2 sih mungkin ketemu)

Membuat Microphone Sederhana

micrphone jenis ini ialah microphone generasi pertama, cmiiw, sekarang sudah diganti pake koil atau kapasitor

alat:
batang karbon pensil
pisau  silet yang telah dipatahkan menjadi 2 bagian
karet penghapus / gabus / atau apapun untuk menyematkan silet
kabel
earphone atau speaker kecil (bekas telepon misalnya)
batere, 3V sih cukup

bikinnya:
sematkan kedua belah silet pada gabus
letakkan batang karbon pensil ke lekukan silet, dapat meletakkan beberapa batang
hubungkan ke batere dan speaker seperti pada gambar berikut

gambar rangkaian

cobalah berbicara di dekat batang karbon dan dekatkan speaker/earphone ke telinga, (kalo berhasil) terdengar suara anda melalui earphone kan
lebih bagus kalo sistem silet-batangkarbon nya dimasukkan ke kotak (terbuka atasnya, kotak korek api mislnya), jadi suaranya menggema di dalam ruang kotak itu

prinsip kerja:
ketika kita berbicara, perubahan tekanan udara akibat suara kita akan mengakibatkan sedikit perubahan tekanan pula pada batang karbon yang akan mengakibatkan sedikit perubahan resistansinya, sehingga arus yang mengalir ke speaker juga berubah seirama dengan suara; maka suara kita telah disalurkan ke speaker melalui arus listrik

pemakaian:
recomended buat anak SMP


not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #1 pada: Juni 05, 2009, 09:30:59 PM »
hmmm......
kira2 nih barang gua bisa bikin apalagi ya??
hmmm......

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #2 pada: Desember 22, 2010, 08:15:10 PM »
klo boleh tahu...
nyambung kabel ke earphone nya gimana ya?

???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #3 pada: Januari 12, 2011, 09:38:12 PM »
gw masukin ke Koleksi eksperimen sains buat anak-anak. Tolong dikoreksi anjuran usianya kalo salah.

Offline ariqa02

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:microphone sederhana
« Jawab #4 pada: September 16, 2015, 01:27:49 PM »
contoh sains yang baik
ini akan saya praktekkan dirumah untuk anak saya
pranala:http://oscablenet.com/akses-point/175-unifi-ap-long-range-24-ghz-500mw.html [non-aktif]

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
4179 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 11:47:37 AM
oleh monokorobo
22 Jawaban
21673 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2011, 07:52:24 PM
oleh Bagas hari
9 Jawaban
5087 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2009, 12:25:28 PM
oleh parmin
5 Jawaban
2736 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2010, 05:28:03 AM
oleh Mat Dillom
11 Jawaban
10534 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2011, 02:29:36 AM
oleh veewee

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia