Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Izunme

Kemarin jam 01:41:36 PM
Kira-kira disini apa ada banyak trit terkait free energi kah?

Bima Setiaji

November 25, 2014, 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

Show 50 latest

Penulis Topik: microphone sederhana  (Dibaca 12761 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
microphone sederhana
« pada: Agustus 22, 2008, 11:45:04 PM »
dapet eksperimen ini dari bukunya UNICEF, katanya sih setelah jaman2 perang, jadi ngeluarin buku berisi eksperimen sekolah yang murah, nemu buku ini di fotokopian, ikut ngopi deh... >:D, sekarang ga tau deh ke mana bukunya (kalo diubek2 sih mungkin ketemu)

Membuat Microphone Sederhana

micrphone jenis ini ialah microphone generasi pertama, cmiiw, sekarang sudah diganti pake koil atau kapasitor

alat:
batang karbon pensil
pisau  silet yang telah dipatahkan menjadi 2 bagian
karet penghapus / gabus / atau apapun untuk menyematkan silet
kabel
earphone atau speaker kecil (bekas telepon misalnya)
batere, 3V sih cukup

bikinnya:
sematkan kedua belah silet pada gabus
letakkan batang karbon pensil ke lekukan silet, dapat meletakkan beberapa batang
hubungkan ke batere dan speaker seperti pada gambar berikut

gambar rangkaian

cobalah berbicara di dekat batang karbon dan dekatkan speaker/earphone ke telinga, (kalo berhasil) terdengar suara anda melalui earphone kan
lebih bagus kalo sistem silet-batangkarbon nya dimasukkan ke kotak (terbuka atasnya, kotak korek api mislnya), jadi suaranya menggema di dalam ruang kotak itu

prinsip kerja:
ketika kita berbicara, perubahan tekanan udara akibat suara kita akan mengakibatkan sedikit perubahan tekanan pula pada batang karbon yang akan mengakibatkan sedikit perubahan resistansinya, sehingga arus yang mengalir ke speaker juga berubah seirama dengan suara; maka suara kita telah disalurkan ke speaker melalui arus listrik

pemakaian:
recomended buat anak SMP


not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #1 pada: Juni 05, 2009, 09:30:59 PM »
hmmm......
kira2 nih barang gua bisa bikin apalagi ya??
hmmm......

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #2 pada: Desember 22, 2010, 08:15:10 PM »
klo boleh tahu...
nyambung kabel ke earphone nya gimana ya?

???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #3 pada: Januari 12, 2011, 09:38:12 PM »
gw masukin ke Koleksi eksperimen sains buat anak-anak. Tolong dikoreksi anjuran usianya kalo salah.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
2838 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 11:47:37 AM
oleh monokorobo
22 Jawaban
16898 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2011, 07:52:24 PM
oleh Bagas hari
9 Jawaban
3122 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2009, 12:25:28 PM
oleh parmin
5 Jawaban
1892 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2010, 05:28:03 AM
oleh Mat Dillom
11 Jawaban
8647 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2011, 02:29:36 AM
oleh veewee

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia