Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Monox D. I-Fly

Mei 02, 2016, 10:28:53 AM
ada apa cocack?

Andara Fitriyanti

April 30, 2016, 06:43:21 PM
Diskusi apa nich yg lg rame? ;)
 

cocack

April 27, 2016, 07:12:57 PM
ada yang on di forum matematika

Ebii

April 25, 2016, 10:26:04 AM
guysss gimana sih caranya posting
 

nʇǝʌ∀

April 17, 2016, 10:48:08 AM
@ytridyrevsielixetul

mang kenapa lagi sih? harga minyak anjlok plus kredit macet sektor properti?

*dobel ruginya*

sinjo

April 12, 2016, 09:15:18 PM
 

ytridyrevsielixetuls

April 02, 2016, 05:01:07 PM
benarkah tahun ini dunia akan mengalami resesi ekonomi besar-besaran?

tdccrew666

Maret 31, 2016, 09:35:21 PM
misi boosss
mau minta tolong untuk data mining ada metode "1R Holte" itu metode nya bagaimana ya?? kalau ada sekalian contoh kasus,,, referensi jurnal juga gak papa,,,,,, :) :)

deviana_putri99

Maret 30, 2016, 08:56:25 PM
 :)
 

nʇǝʌ∀

Maret 30, 2016, 04:35:18 PM
@jhonabundance
@rodadua


dimohon tidak beriklan di shoutbox. terma kasih.

@endahsulis20

maksudnya tidak bisa posting gimana? apakah tidak ada captcha?

Show 50 latest

Penulis Topik: microphone sederhana  (Dibaca 15775 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
microphone sederhana
« pada: Agustus 22, 2008, 11:45:04 PM »
dapet eksperimen ini dari bukunya UNICEF, katanya sih setelah jaman2 perang, jadi ngeluarin buku berisi eksperimen sekolah yang murah, nemu buku ini di fotokopian, ikut ngopi deh... >:D, sekarang ga tau deh ke mana bukunya (kalo diubek2 sih mungkin ketemu)

Membuat Microphone Sederhana

micrphone jenis ini ialah microphone generasi pertama, cmiiw, sekarang sudah diganti pake koil atau kapasitor

alat:
batang karbon pensil
pisau  silet yang telah dipatahkan menjadi 2 bagian
karet penghapus / gabus / atau apapun untuk menyematkan silet
kabel
earphone atau speaker kecil (bekas telepon misalnya)
batere, 3V sih cukup

bikinnya:
sematkan kedua belah silet pada gabus
letakkan batang karbon pensil ke lekukan silet, dapat meletakkan beberapa batang
hubungkan ke batere dan speaker seperti pada gambar berikut

gambar rangkaian

cobalah berbicara di dekat batang karbon dan dekatkan speaker/earphone ke telinga, (kalo berhasil) terdengar suara anda melalui earphone kan
lebih bagus kalo sistem silet-batangkarbon nya dimasukkan ke kotak (terbuka atasnya, kotak korek api mislnya), jadi suaranya menggema di dalam ruang kotak itu

prinsip kerja:
ketika kita berbicara, perubahan tekanan udara akibat suara kita akan mengakibatkan sedikit perubahan tekanan pula pada batang karbon yang akan mengakibatkan sedikit perubahan resistansinya, sehingga arus yang mengalir ke speaker juga berubah seirama dengan suara; maka suara kita telah disalurkan ke speaker melalui arus listrik

pemakaian:
recomended buat anak SMP


not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #1 pada: Juni 05, 2009, 09:30:59 PM »
hmmm......
kira2 nih barang gua bisa bikin apalagi ya??
hmmm......

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #2 pada: Desember 22, 2010, 08:15:10 PM »
klo boleh tahu...
nyambung kabel ke earphone nya gimana ya?

???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: microphone sederhana
« Jawab #3 pada: Januari 12, 2011, 09:38:12 PM »
gw masukin ke Koleksi eksperimen sains buat anak-anak. Tolong dikoreksi anjuran usianya kalo salah.

Offline ariqa02

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:microphone sederhana
« Jawab #4 pada: September 16, 2015, 01:27:49 PM »
contoh sains yang baik
ini akan saya praktekkan dirumah untuk anak saya
pranala:http://oscablenet.com/akses-point/175-unifi-ap-long-range-24-ghz-500mw.html [non-aktif]

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
3924 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 11:47:37 AM
oleh monokorobo
22 Jawaban
21210 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2011, 07:52:24 PM
oleh Bagas hari
9 Jawaban
4754 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2009, 12:25:28 PM
oleh parmin
5 Jawaban
2519 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2010, 05:28:03 AM
oleh Mat Dillom
11 Jawaban
10229 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2011, 02:29:36 AM
oleh veewee

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia