Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

April 22, 2014, 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: Membakar Balon  (Dibaca 2325 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Membakar Balon
« pada: November 25, 2011, 09:57:34 PM »
Oke, satu lagi eksperimen sederhana. Menjelang weekend, kalo ada yang punya balon sisa pesta ultah, bisa mencoba nih.
Gak punya balon? Ganti dengan gelas plastik juga bisa hehe...

Membakar Balon

Alat dan Bahan

1. Balon
2. Lilin
3. Korek api

Langkah Percobaan

1. Tiup balon dan ikat ujung terbukanya.
2. Nyalakan lilin lalu letakkan balon di atasnya.
3. Ambil balon baru kemudian isi dengan sedikit air (sedikit saja, tidak perlu sampai balon terisi penuh).
4. Tiup balon dan ikat ujung terbukanya.
5. Panaskan balon berisi air di atas lilin. Biarkan beberapa lama.

Apa Yang Terjadi?

Agar "permainan" ini lengkap untuk disebut percobaan sains, maka kita harus bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.
Tahukah anda apa yang terjadi dari setiap langkah di atas?
Mengapa balon meledak?
Mengapa balon berisi air tahan panas?
Dapatkah balon berisi air pecah? Kapan?

Selamat mencoba!

Perhatian :
Harap berhati-hati,  percobaan menggunakan api adalah berbahaya. Anak-anak sebaiknya melakukan percobaan dengan pengawasan orang tua/orang dewasa.



Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Membakar Balon
« Jawab #1 pada: November 25, 2011, 10:30:38 PM »
dulu waktu kecil pernah bikin percobaan serupa.
nggak pakai balon sih, tapi pakai plastik bekas bungkus gula pasir.
plastik yang cuma diisi udara nggak sampai meledak, cuma terbakar.

Waktu camping temanku pernah iseng ngelempar plastik berisi oksigen ke api unggun, hasilnya plastik meledak dan api unggun bertambah besar selama beberapa saat.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 766
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Membakar Balon
« Jawab #2 pada: Oktober 25, 2013, 11:50:51 PM »
Kutip
Waktu camping temanku pernah iseng ngelempar plastik berisi oksigen ke api unggun, hasilnya plastik meledak dan api unggun bertambah besar selama beberapa saat.

Gimana caranya ngisi plastik pake' oksigen? Dipompa kah?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
5966 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2013, 02:19:13 PM
oleh Triple-M

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia