Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

Kemarin jam 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: MEDAN MAGNET  (Dibaca 13113 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
MEDAN MAGNET
« pada: November 10, 2008, 07:12:17 PM »
apa sebenarnya medan magnet itu? apakah elektron atau apa?
apakah medan elektromagnet sama dengan medan magnet alam?



Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #1 pada: November 10, 2008, 07:52:24 PM »
Medan magnet ialah area di sekitar magnet yang terpengaruh oleh Gaya Magnet
jadi ia bukan Elektron atau apa

Medan Elektromagnet tidak sama dengan Medan Magnet Alam
Karena Medan Elektromagnet merupakan Medan MAgnet yang dihasilkan oleh gejala Listrik, Sedangkan Medan Magnet Alam merupakan Medan Magnet yang terbentuk dan dihasilkan secara Alami dan tidak melalui proses kelistrikan.

CMIIW
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 98
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #2 pada: November 10, 2008, 08:10:41 PM »
tambahan aja,,,,
medan magnet alam juga dihasilkan dari proses kelistrikan,
detilnya saya kurang tau (lagi males baca wiki :D ), seingat saya karena lapisan bawah bumi itu cair (teori lempeng tektonik: lempeng bumi terapung di atas fluida), cairan ini panas dan terionisasi sehingga gerakannya bisa menghasilkan medan magnet (medan magnet muncul dari muatan listrik yang bergerak)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #3 pada: November 11, 2008, 02:42:27 PM »
Jadi begini ehem... ehem...
gejala kelistrikan dan gejala kemagnetan sebenarnya satu kejadian yang sama hanya tinggal kita melihatnya dari sudut pandang apa?
Coba kalian semua membayangkan sebuah muatan yang sedang bergerak dengan kecepatan konstan -misalkan elektron- ke arah tertentu (lurus). Jika kita bergerak bersama elektron dalam arti dengan kecepatan dan arah yang sama dengan elektron maka yang kita alami adalah (jika kita adalah muatan) medan listrik yang muncul disekitarnya. tapi jika kita diam sehingga elektron bergerak relatif terhadap kita maka yang kita alami adalah gejala medan magnet. Nah kalo muatannya dipercepat atau berosilasi maka yang muncul adalah gelombang elektromagnet.
"in science there's only physics, the rest just stamp collections"

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #4 pada: November 13, 2008, 05:24:14 PM »
lha kalo gitu gaya tarik magnet disebabkan oleh apaan dong? lha terus mengapa kemagnetan magnet berbeda-beda?
mohon penjelasannya!!

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #5 pada: November 14, 2008, 07:14:05 AM »
yaaaa.... karena medan magnet  :)

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #6 pada: November 14, 2008, 05:44:52 PM »
pleaseee tolong jelasin dong!!

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #7 pada: November 17, 2008, 02:40:09 PM »
Kamu tahu elektron? dia memiliki muatan dan melakukan spin setiap saat. saat melakukan spin maka medan listrik disekitarnya berubah-ubah sehingga timbulah medan magnet disekitar elektron. dalam logam terdapat banyak sekali elektron bebas yang semuanya memiliki spin dan momen magnetik. jika kecenderungan spin elektron-elektron ke arah CW sama dengan jumlah elektron yang memiliki spin CCW maka logam tersebut tidak bersifat magnet karena saling menghilangkan. namun jika kecenderungan spin atau momen magnetik dalam logam lebih besar ke arah tertentu maka logam tersebut memiliki sifat magnet. kenapa kuat medan magnet setiap magnet berbeda, hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jumlah elektron bebas di permukaan logam, jumlah elektron yang memiliki kecendrungan spin ke arah tertentu (kita bisa memperbesarnya dengan induksi, elektromagnet, menggosok dll).

Offline dani_yosman

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #8 pada: November 20, 2008, 11:55:15 AM »
sebenernya setiap benda mempunyai arus listrik, karena arah arusnya tidak beraturan maka arus nettonya sama dengan nol, karena itu jika kita menggosok-gosok besi dengan magnet alami/buatan dengan arah lurus tanpa bolak-balik maka arus yang berada di besi tersebut arahnya menjadi lurus, begitu pula jika kita tambahkan arus listrik pada besi tersebut, arah arus listrik dengan arah arus di besi akan lurus, itulah yang menimbulkan medan magnet.
dani

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
21634 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2012, 09:29:37 PM
oleh Ammar18
13 Jawaban
7429 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 07:34:47 PM
oleh Sky
0 Jawaban
2011 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2009, 12:42:36 AM
oleh frans3q
1 Jawaban
2187 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2010, 09:49:18 AM
oleh superstring39
2 Jawaban
1276 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2011, 08:41:21 AM
oleh syx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia