Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: MEDAN MAGNET  (Dibaca 14149 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
MEDAN MAGNET
« pada: November 10, 2008, 07:12:17 PM »
apa sebenarnya medan magnet itu? apakah elektron atau apa?
apakah medan elektromagnet sama dengan medan magnet alam?



Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #1 pada: November 10, 2008, 07:52:24 PM »
Medan magnet ialah area di sekitar magnet yang terpengaruh oleh Gaya Magnet
jadi ia bukan Elektron atau apa

Medan Elektromagnet tidak sama dengan Medan Magnet Alam
Karena Medan Elektromagnet merupakan Medan MAgnet yang dihasilkan oleh gejala Listrik, Sedangkan Medan Magnet Alam merupakan Medan Magnet yang terbentuk dan dihasilkan secara Alami dan tidak melalui proses kelistrikan.

CMIIW
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #2 pada: November 10, 2008, 08:10:41 PM »
tambahan aja,,,,
medan magnet alam juga dihasilkan dari proses kelistrikan,
detilnya saya kurang tau (lagi males baca wiki :D ), seingat saya karena lapisan bawah bumi itu cair (teori lempeng tektonik: lempeng bumi terapung di atas fluida), cairan ini panas dan terionisasi sehingga gerakannya bisa menghasilkan medan magnet (medan magnet muncul dari muatan listrik yang bergerak)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #3 pada: November 11, 2008, 02:42:27 PM »
Jadi begini ehem... ehem...
gejala kelistrikan dan gejala kemagnetan sebenarnya satu kejadian yang sama hanya tinggal kita melihatnya dari sudut pandang apa?
Coba kalian semua membayangkan sebuah muatan yang sedang bergerak dengan kecepatan konstan -misalkan elektron- ke arah tertentu (lurus). Jika kita bergerak bersama elektron dalam arti dengan kecepatan dan arah yang sama dengan elektron maka yang kita alami adalah (jika kita adalah muatan) medan listrik yang muncul disekitarnya. tapi jika kita diam sehingga elektron bergerak relatif terhadap kita maka yang kita alami adalah gejala medan magnet. Nah kalo muatannya dipercepat atau berosilasi maka yang muncul adalah gelombang elektromagnet.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #4 pada: November 13, 2008, 05:24:14 PM »
lha kalo gitu gaya tarik magnet disebabkan oleh apaan dong? lha terus mengapa kemagnetan magnet berbeda-beda?
mohon penjelasannya!!

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #5 pada: November 14, 2008, 07:14:05 AM »
yaaaa.... karena medan magnet  :)

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #6 pada: November 14, 2008, 05:44:52 PM »
pleaseee tolong jelasin dong!!

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #7 pada: November 17, 2008, 02:40:09 PM »
Kamu tahu elektron? dia memiliki muatan dan melakukan spin setiap saat. saat melakukan spin maka medan listrik disekitarnya berubah-ubah sehingga timbulah medan magnet disekitar elektron. dalam logam terdapat banyak sekali elektron bebas yang semuanya memiliki spin dan momen magnetik. jika kecenderungan spin elektron-elektron ke arah CW sama dengan jumlah elektron yang memiliki spin CCW maka logam tersebut tidak bersifat magnet karena saling menghilangkan. namun jika kecenderungan spin atau momen magnetik dalam logam lebih besar ke arah tertentu maka logam tersebut memiliki sifat magnet. kenapa kuat medan magnet setiap magnet berbeda, hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jumlah elektron bebas di permukaan logam, jumlah elektron yang memiliki kecendrungan spin ke arah tertentu (kita bisa memperbesarnya dengan induksi, elektromagnet, menggosok dll).

Offline dani_yosman

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #8 pada: November 20, 2008, 11:55:15 AM »
sebenernya setiap benda mempunyai arus listrik, karena arah arusnya tidak beraturan maka arus nettonya sama dengan nol, karena itu jika kita menggosok-gosok besi dengan magnet alami/buatan dengan arah lurus tanpa bolak-balik maka arus yang berada di besi tersebut arahnya menjadi lurus, begitu pula jika kita tambahkan arus listrik pada besi tersebut, arah arus listrik dengan arah arus di besi akan lurus, itulah yang menimbulkan medan magnet.
dani

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
23496 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2012, 09:29:37 PM
oleh Ammar18
13 Jawaban
8474 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 07:34:47 PM
oleh Sky
0 Jawaban
2181 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2009, 12:42:36 AM
oleh frans3q
1 Jawaban
2632 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2010, 09:49:18 AM
oleh superstring39
2 Jawaban
1579 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2011, 08:41:21 AM
oleh syx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia