Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Kemarin jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Kemarin jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: MEDAN MAGNET  (Dibaca 13883 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
MEDAN MAGNET
« pada: November 10, 2008, 07:12:17 PM »
apa sebenarnya medan magnet itu? apakah elektron atau apa?
apakah medan elektromagnet sama dengan medan magnet alam?



Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #1 pada: November 10, 2008, 07:52:24 PM »
Medan magnet ialah area di sekitar magnet yang terpengaruh oleh Gaya Magnet
jadi ia bukan Elektron atau apa

Medan Elektromagnet tidak sama dengan Medan Magnet Alam
Karena Medan Elektromagnet merupakan Medan MAgnet yang dihasilkan oleh gejala Listrik, Sedangkan Medan Magnet Alam merupakan Medan Magnet yang terbentuk dan dihasilkan secara Alami dan tidak melalui proses kelistrikan.

CMIIW
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #2 pada: November 10, 2008, 08:10:41 PM »
tambahan aja,,,,
medan magnet alam juga dihasilkan dari proses kelistrikan,
detilnya saya kurang tau (lagi males baca wiki :D ), seingat saya karena lapisan bawah bumi itu cair (teori lempeng tektonik: lempeng bumi terapung di atas fluida), cairan ini panas dan terionisasi sehingga gerakannya bisa menghasilkan medan magnet (medan magnet muncul dari muatan listrik yang bergerak)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #3 pada: November 11, 2008, 02:42:27 PM »
Jadi begini ehem... ehem...
gejala kelistrikan dan gejala kemagnetan sebenarnya satu kejadian yang sama hanya tinggal kita melihatnya dari sudut pandang apa?
Coba kalian semua membayangkan sebuah muatan yang sedang bergerak dengan kecepatan konstan -misalkan elektron- ke arah tertentu (lurus). Jika kita bergerak bersama elektron dalam arti dengan kecepatan dan arah yang sama dengan elektron maka yang kita alami adalah (jika kita adalah muatan) medan listrik yang muncul disekitarnya. tapi jika kita diam sehingga elektron bergerak relatif terhadap kita maka yang kita alami adalah gejala medan magnet. Nah kalo muatannya dipercepat atau berosilasi maka yang muncul adalah gelombang elektromagnet.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #4 pada: November 13, 2008, 05:24:14 PM »
lha kalo gitu gaya tarik magnet disebabkan oleh apaan dong? lha terus mengapa kemagnetan magnet berbeda-beda?
mohon penjelasannya!!

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #5 pada: November 14, 2008, 07:14:05 AM »
yaaaa.... karena medan magnet  :)

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #6 pada: November 14, 2008, 05:44:52 PM »
pleaseee tolong jelasin dong!!

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #7 pada: November 17, 2008, 02:40:09 PM »
Kamu tahu elektron? dia memiliki muatan dan melakukan spin setiap saat. saat melakukan spin maka medan listrik disekitarnya berubah-ubah sehingga timbulah medan magnet disekitar elektron. dalam logam terdapat banyak sekali elektron bebas yang semuanya memiliki spin dan momen magnetik. jika kecenderungan spin elektron-elektron ke arah CW sama dengan jumlah elektron yang memiliki spin CCW maka logam tersebut tidak bersifat magnet karena saling menghilangkan. namun jika kecenderungan spin atau momen magnetik dalam logam lebih besar ke arah tertentu maka logam tersebut memiliki sifat magnet. kenapa kuat medan magnet setiap magnet berbeda, hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jumlah elektron bebas di permukaan logam, jumlah elektron yang memiliki kecendrungan spin ke arah tertentu (kita bisa memperbesarnya dengan induksi, elektromagnet, menggosok dll).

Offline dani_yosman

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: MEDAN MAGNET
« Jawab #8 pada: November 20, 2008, 11:55:15 AM »
sebenernya setiap benda mempunyai arus listrik, karena arah arusnya tidak beraturan maka arus nettonya sama dengan nol, karena itu jika kita menggosok-gosok besi dengan magnet alami/buatan dengan arah lurus tanpa bolak-balik maka arus yang berada di besi tersebut arahnya menjadi lurus, begitu pula jika kita tambahkan arus listrik pada besi tersebut, arah arus listrik dengan arah arus di besi akan lurus, itulah yang menimbulkan medan magnet.
dani

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
22958 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2012, 09:29:37 PM
oleh Ammar18
13 Jawaban
8206 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2009, 07:34:47 PM
oleh Sky
0 Jawaban
2132 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2009, 12:42:36 AM
oleh frans3q
1 Jawaban
2499 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2010, 09:49:18 AM
oleh superstring39
2 Jawaban
1507 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2011, 08:41:21 AM
oleh syx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia