Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Polling

vektor itu ap? tolong jelaskan guru saya terlalu cepat. hhu

ga ngerti
1 (50%)
sma sekali g ngerti
1 (50%)

Total Pemilih: 1

Penulis Topik: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .  (Dibaca 5615 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline senopati

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
 ??? ??? ??? ??? om ak g ngerti vektor nh hhu .



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
emangnya ini pelajaran ttg apa...? n yg kelas brapa????
~ You are what you eat ~

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
hah???
siswa baru yah..
lain kali, kalo' pertanyaannya emang ga memerlukan voting usahakan tidak memakai voting yah.
vektor itu yah besaran yang punya arah dan punya satuan.
vektor bisa dijumlahkan dan juga bisa dikalikan.
penjumlahan vektor tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya namun juga arahnya.

contoh:
kamu jalan ke utara 4km terus ke timur 3km, alhasil kamu 5km arah timur laut dari tempat awal kamu.(phitagoras), walopun sebenernya kamu jalan sejauh 7km(skalar), tapi perpindahan kamu dari posisi awal hanya 5km(vektor).
rumusnya:
ibarat penjumlahan kuadrat
kalo' besaran skalar
a+b = a+b
(a+b)^2 = a^2 + 2ab + b^2
pada vektor karena , arah itu berpengaruh maka
(a+b)^2 = a*a*\cos(\alpha) + 2a*b*\cos(\beta) + b*b*\cos(\gamma)
dimana
\alpha = sudut yang dibentuk oleh vektor "a" dengan vektor "a" (dengan kata lain 0o)
\beta = sudut yang oleh vektor "a" dengan vektor "b",(di contoh tadi berarti 90o karena sudut antara utara dengan timur = 90o)
\gamma = sudut yang dibentuk oleh vektor "b" dengan vektor "b" (dengan kata lain 0o)
sehingga disederhanakan menjadi:
(a+b)^2 = a^2 + 2ab\cos(\beta) + b^2
begitu pula untuk penjumlahan 3 ato lebih vektor, misal:
ada vektor a,b dan c maka jadinya:
(a+b+c)^2=... males nulisnya panjang...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
coba ke sini...
http://www.gurumuda.com/penjumlahan-vektor

semoga berguna.... ^^

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #4 pada: Agustus 02, 2009, 03:54:46 PM »
double trit nih

Offline senopati

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #5 pada: Agustus 05, 2009, 06:09:48 PM »
terima kasih kaka2 dan om2
mav y dobel trit na msh n00b c ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #6 pada: Agustus 05, 2009, 07:39:03 PM »
kasi aq soal ttg fisika yg ada vektor2nya itu lo...
coz aq bxok ulangan di ckul...
hhe,,,

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #7 pada: Agustus 08, 2009, 10:40:17 PM »
^masih kelas X?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #8 pada: Agustus 08, 2009, 11:38:43 PM »
sisca mah uda klas XI...
he..

bingung ttg gerak parabola...
hikz...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #9 pada: Agustus 08, 2009, 11:42:22 PM »
bingung yg mana?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #10 pada: Agustus 08, 2009, 11:46:19 PM »
rumusnya.,...
yg ada sin2 alfanya....

sisca gag tau sin kuadrat alfa atau sin 2 alfa...
hm,.,.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #11 pada: Agustus 08, 2009, 11:55:33 PM »
sin 2 alfa

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #12 pada: Agustus 09, 2009, 12:00:16 AM »
sin 2 alfa..

xmua rumusnya pake sin 2 alfa...?

sin 2 alfa b'arti,,,
nyari hasil sin sudutnya, baru di kuadrat kan lgi hasilnya...?
bingung...
gag pinter trigonometri...
hikz...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #13 pada: Agustus 09, 2009, 12:12:17 AM »
klo sin 2 alfa artinya alfa kali 2 ru di sin-kan
klo sin kuadrat alfa artinya sin alfa dlu ru kuadrat-kan

gak semua rumus pake sin 2 alfa

rumus tinggi maks: h = Vo^2 kali (sin alfa)^2 dibagi 2g
jarak mendatar terjauh: X = Vo^2 kali sin 2 alfa dibagi g

h = tinggi
X = jarak mendatar
Vo = kecepatan mula-mula
g = gravitasi

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #14 pada: Agustus 09, 2009, 12:14:44 AM »
o,,,,
he...
oke2...
siiipppz...

kirain sama xmuanya....
iy,,,
rumusnya sama,,,,
he...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
5765 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2008, 08:25:18 AM
oleh rawWARus
6 Jawaban
6008 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 14, 2009, 05:55:46 PM
oleh nash
2 Jawaban
2245 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 29, 2009, 07:19:36 PM
oleh raisuien
9 Jawaban
7966 Dilihat
Tulisan terakhir September 05, 2009, 02:10:24 PM
oleh sisca, chemistry
6 Jawaban
3291 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 27, 2010, 09:52:44 PM
oleh nissan_genesis

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia