Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Hari Ini jam 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Hari Ini jam 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Polling

vektor itu ap? tolong jelaskan guru saya terlalu cepat. hhu

ga ngerti
1 (50%)
sma sekali g ngerti
1 (50%)

Total Pemilih: 1

Penulis Topik: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .  (Dibaca 6767 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline senopati

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
 ??? ??? ??? ??? om ak g ngerti vektor nh hhu .



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
emangnya ini pelajaran ttg apa...? n yg kelas brapa????
~ You are what you eat ~

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
hah???
siswa baru yah..
lain kali, kalo' pertanyaannya emang ga memerlukan voting usahakan tidak memakai voting yah.
vektor itu yah besaran yang punya arah dan punya satuan.
vektor bisa dijumlahkan dan juga bisa dikalikan.
penjumlahan vektor tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya namun juga arahnya.

contoh:
kamu jalan ke utara 4km terus ke timur 3km, alhasil kamu 5km arah timur laut dari tempat awal kamu.(phitagoras), walopun sebenernya kamu jalan sejauh 7km(skalar), tapi perpindahan kamu dari posisi awal hanya 5km(vektor).
rumusnya:
ibarat penjumlahan kuadrat
kalo' besaran skalar
a+b = a+b
(a+b)^2 = a^2 + 2ab + b^2
pada vektor karena , arah itu berpengaruh maka
(a+b)^2 = a*a*\cos(\alpha) + 2a*b*\cos(\beta) + b*b*\cos(\gamma)
dimana
\alpha = sudut yang dibentuk oleh vektor "a" dengan vektor "a" (dengan kata lain 0o)
\beta = sudut yang oleh vektor "a" dengan vektor "b",(di contoh tadi berarti 90o karena sudut antara utara dengan timur = 90o)
\gamma = sudut yang dibentuk oleh vektor "b" dengan vektor "b" (dengan kata lain 0o)
sehingga disederhanakan menjadi:
(a+b)^2 = a^2 + 2ab\cos(\beta) + b^2
begitu pula untuk penjumlahan 3 ato lebih vektor, misal:
ada vektor a,b dan c maka jadinya:
(a+b+c)^2=... males nulisnya panjang...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
coba ke sini...
http://www.gurumuda.com/penjumlahan-vektor

semoga berguna.... ^^

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #4 pada: Agustus 02, 2009, 03:54:46 PM »
double trit nih

Offline senopati

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #5 pada: Agustus 05, 2009, 06:09:48 PM »
terima kasih kaka2 dan om2
mav y dobel trit na msh n00b c ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #6 pada: Agustus 05, 2009, 07:39:03 PM »
kasi aq soal ttg fisika yg ada vektor2nya itu lo...
coz aq bxok ulangan di ckul...
hhe,,,

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #7 pada: Agustus 08, 2009, 10:40:17 PM »
^masih kelas X?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #8 pada: Agustus 08, 2009, 11:38:43 PM »
sisca mah uda klas XI...
he..

bingung ttg gerak parabola...
hikz...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #9 pada: Agustus 08, 2009, 11:42:22 PM »
bingung yg mana?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #10 pada: Agustus 08, 2009, 11:46:19 PM »
rumusnya.,...
yg ada sin2 alfanya....

sisca gag tau sin kuadrat alfa atau sin 2 alfa...
hm,.,.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #11 pada: Agustus 08, 2009, 11:55:33 PM »
sin 2 alfa

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #12 pada: Agustus 09, 2009, 12:00:16 AM »
sin 2 alfa..

xmua rumusnya pake sin 2 alfa...?

sin 2 alfa b'arti,,,
nyari hasil sin sudutnya, baru di kuadrat kan lgi hasilnya...?
bingung...
gag pinter trigonometri...
hikz...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #13 pada: Agustus 09, 2009, 12:12:17 AM »
klo sin 2 alfa artinya alfa kali 2 ru di sin-kan
klo sin kuadrat alfa artinya sin alfa dlu ru kuadrat-kan

gak semua rumus pake sin 2 alfa

rumus tinggi maks: h = Vo^2 kali (sin alfa)^2 dibagi 2g
jarak mendatar terjauh: X = Vo^2 kali sin 2 alfa dibagi g

h = tinggi
X = jarak mendatar
Vo = kecepatan mula-mula
g = gravitasi

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #14 pada: Agustus 09, 2009, 12:14:44 AM »
o,,,,
he...
oke2...
siiipppz...

kirain sama xmuanya....
iy,,,
rumusnya sama,,,,
he...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
6316 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2008, 08:25:18 AM
oleh rawWARus
6 Jawaban
6469 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 14, 2009, 05:55:46 PM
oleh nash
2 Jawaban
2506 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 29, 2009, 07:19:36 PM
oleh raisuien
9 Jawaban
8591 Dilihat
Tulisan terakhir September 05, 2009, 02:10:24 PM
oleh sisca, chemistry
6 Jawaban
3829 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 27, 2010, 09:52:44 PM
oleh nissan_genesis

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia