Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Raidahafi27

Kemarin jam 07:12:04 AM
departemen tehnik lingkungan banyak menggambar nya ga??

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:46:50 PM
 >:(

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:42:11 PM
ada yg tau gk bahan kimia /material pembuat n pembentuk plastik n bagaimana proses campurane/takaran yg pas untuk membuat plastik frame kacamata yg celluloid n thanks ya

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:40:36 PM
hy saya anggota baru dr kota surabaya n salam kenal n thanks udh d ijinin gabung

abdillahibnunasrullah

Pebruari 24, 2015, 07:53:17 PM
Assalamualaikum, shalom kenal semuanya, ane temennya MuhammadRyan
 

MuhammadRyan

Pebruari 23, 2015, 10:23:33 PM
YAOW, Akhirnya pulang juga dari Haifah, Israel. Ada proyek... bkan soal Mossad...

DefiRahmawati

Pebruari 23, 2015, 03:34:34 PM
salam kenal semuanya, saya anggota baru di sini, mau tanya apakah ada yg tau bagaimana caranya agar daun yang sudah kita petik tetap segar dan tidak menjadi keriput/ menciut ?
#saya sangat menunggu jawaban dari teman" yang mengetahuinya, terima kasih sebelumnya...  :)

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:39:48 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:32:32 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

anjas

Pebruari 23, 2015, 06:32:03 AM
mas sekalian ada yang tahu  peringkat peringkat di forum sains

Show 50 latest

Polling

vektor itu ap? tolong jelaskan guru saya terlalu cepat. hhu

ga ngerti
1 (50%)
sma sekali g ngerti
1 (50%)

Total Pemilih: 1

Penulis Topik: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .  (Dibaca 6233 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline senopati

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
 ??? ??? ??? ??? om ak g ngerti vektor nh hhu .



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
emangnya ini pelajaran ttg apa...? n yg kelas brapa????
~ You are what you eat ~

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
hah???
siswa baru yah..
lain kali, kalo' pertanyaannya emang ga memerlukan voting usahakan tidak memakai voting yah.
vektor itu yah besaran yang punya arah dan punya satuan.
vektor bisa dijumlahkan dan juga bisa dikalikan.
penjumlahan vektor tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya namun juga arahnya.

contoh:
kamu jalan ke utara 4km terus ke timur 3km, alhasil kamu 5km arah timur laut dari tempat awal kamu.(phitagoras), walopun sebenernya kamu jalan sejauh 7km(skalar), tapi perpindahan kamu dari posisi awal hanya 5km(vektor).
rumusnya:
ibarat penjumlahan kuadrat
kalo' besaran skalar
a+b = a+b
(a+b)^2 = a^2 + 2ab + b^2
pada vektor karena , arah itu berpengaruh maka
(a+b)^2 = a*a*\cos(\alpha) + 2a*b*\cos(\beta) + b*b*\cos(\gamma)
dimana
\alpha = sudut yang dibentuk oleh vektor "a" dengan vektor "a" (dengan kata lain 0o)
\beta = sudut yang oleh vektor "a" dengan vektor "b",(di contoh tadi berarti 90o karena sudut antara utara dengan timur = 90o)
\gamma = sudut yang dibentuk oleh vektor "b" dengan vektor "b" (dengan kata lain 0o)
sehingga disederhanakan menjadi:
(a+b)^2 = a^2 + 2ab\cos(\beta) + b^2
begitu pula untuk penjumlahan 3 ato lebih vektor, misal:
ada vektor a,b dan c maka jadinya:
(a+b+c)^2=... males nulisnya panjang...
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
coba ke sini...
http://www.gurumuda.com/penjumlahan-vektor

semoga berguna.... ^^

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #4 pada: Agustus 02, 2009, 03:54:46 PM »
double trit nih

Offline senopati

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #5 pada: Agustus 05, 2009, 06:09:48 PM »
terima kasih kaka2 dan om2
mav y dobel trit na msh n00b c ^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #6 pada: Agustus 05, 2009, 07:39:03 PM »
kasi aq soal ttg fisika yg ada vektor2nya itu lo...
coz aq bxok ulangan di ckul...
hhe,,,

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #7 pada: Agustus 08, 2009, 10:40:17 PM »
^masih kelas X?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #8 pada: Agustus 08, 2009, 11:38:43 PM »
sisca mah uda klas XI...
he..

bingung ttg gerak parabola...
hikz...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #9 pada: Agustus 08, 2009, 11:42:22 PM »
bingung yg mana?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #10 pada: Agustus 08, 2009, 11:46:19 PM »
rumusnya.,...
yg ada sin2 alfanya....

sisca gag tau sin kuadrat alfa atau sin 2 alfa...
hm,.,.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #11 pada: Agustus 08, 2009, 11:55:33 PM »
sin 2 alfa

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #12 pada: Agustus 09, 2009, 12:00:16 AM »
sin 2 alfa..

xmua rumusnya pake sin 2 alfa...?

sin 2 alfa b'arti,,,
nyari hasil sin sudutnya, baru di kuadrat kan lgi hasilnya...?
bingung...
gag pinter trigonometri...
hikz...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #13 pada: Agustus 09, 2009, 12:12:17 AM »
klo sin 2 alfa artinya alfa kali 2 ru di sin-kan
klo sin kuadrat alfa artinya sin alfa dlu ru kuadrat-kan

gak semua rumus pake sin 2 alfa

rumus tinggi maks: h = Vo^2 kali (sin alfa)^2 dibagi 2g
jarak mendatar terjauh: X = Vo^2 kali sin 2 alfa dibagi g

h = tinggi
X = jarak mendatar
Vo = kecepatan mula-mula
g = gravitasi

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: om om vektor itu ap si? tolong penjeleasan yg jelas y . thx a lot .
« Jawab #14 pada: Agustus 09, 2009, 12:14:44 AM »
o,,,,
he...
oke2...
siiipppz...

kirain sama xmuanya....
iy,,,
rumusnya sama,,,,
he...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
6035 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2008, 08:25:18 AM
oleh rawWARus
6 Jawaban
6275 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 14, 2009, 05:55:46 PM
oleh nash
2 Jawaban
2386 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 29, 2009, 07:19:36 PM
oleh raisuien
9 Jawaban
8342 Dilihat
Tulisan terakhir September 05, 2009, 02:10:24 PM
oleh sisca, chemistry
6 Jawaban
3544 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 27, 2010, 09:52:44 PM
oleh nissan_genesis

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia