Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Penulis Topik: Pembahasan Kinematika  (Dibaca 22302 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Pembahasan Kinematika
« pada: Agustus 05, 2008, 12:09:33 PM »
Berhubung kemaren diingetin bahasan kinematika, skalian kita mulai aja deh. Di sini kita diskusi semuanya tentang kinematika, contoh soal-soalnya juga bisa didiskusiin di sini.

Kinematika adalah bagian dari mekanika. Kinematika membahas gerak benda tanpa mempersoalkan penyebab gerak itu sendiri. Setiap benda diasumsikan sebagai benda titik (jadi yang dibahas adalah gerak partikel/titik). Pembahasan kinematika meliputi Gerak Lurus Beraturan (GLB), Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), dan Gerak Jatuh Bebas. Di sini juga kita bisa mulai memahami konsep skalar dan vektor (misalnya perbedaan laju dan kecepatan) dan juga gerak relatif.

bersambung...



Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
    • Lihat Profil
Re: Pembahasan Kinematika
« Jawab #1 pada: Agustus 05, 2008, 12:24:57 PM »
saya akan post kan soal2 kalau memang user2 ada yg mau soal2 latihan sekalian buat dibahas :

[justify]1.Seekor cicak berlari lurus dengan kecepatan 18 m/s. Selang 20 s kecepatan menjadi 32 m/s dengan arah berlawanan. Hitung percepatan rata-rata selang waktu tersebut ![/justify]

trims...


Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pembahasan Kinematika
« Jawab #2 pada: Agustus 05, 2008, 12:34:32 PM »
Thanks korewa ;D ditambah lagi soal2nya nanti ya. Kalo bisa berurut aja, yang bahasannya sama dulu. Misal GLB dulu, dst.

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
    • Lihat Profil
Re: Pembahasan Kinematika
« Jawab #3 pada: Agustus 06, 2008, 08:55:38 AM »
2.Sepeda A dan B bergerak dengan kecepatan tetap sepanjang garis P-Q yang panjangnya 1500 m. A bergerak dari P dengan kecepatan 10 m/s dengan berangkat 10 s lebih dahulu. B bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Setiba di Q, B memutar dan kembali ke P dengan kecepatan tetap.
•   Dimana B menyusul A ?
•   Dimana B berpapasan dengan A setelah kembali dari Q ?

Offline korewa

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 86
  • IQ: 19
    • Lihat Profil
Re: Pembahasan Kinematika
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2008, 08:58:08 AM »
3. Sepeda A dan B berjarak 1200 m satu sama lain. Sepeda A dan B masing-masing bergerak dengan kecepatan 10 m/s dan 5 m/s. Kapan dan dimana kedua sepeda bertemu jika keduanya saling berhadapan dan berangkat pada waktu yang sama ?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Pembahasan Kinematika
« Jawab #5 pada: September 05, 2008, 11:45:47 AM »
cara cepet soal no.3:
waktunya:
t=1200/(10+5)=80s
jarak dari A:
SA=VA.t=10.80=800m
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline Ananta-san

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Pembahasan Kinematika
« Jawab #6 pada: September 23, 2011, 09:06:32 AM »
nyoba jawab no. 2 ah..
hhehe..
gini.
yg
a)
ta = tb + 10 s

Sa = Sb
va.ta=vb.tb
10 . tb + 10 s = 15 . tb
5 tb = 100 s
tb = 20 s

Jadi., B akan menyusul A di :
Sb = vb.tb
Sb = 15 . 20
Sb = 300 m

atau :
Sa = va.tb + 10
Sa =  10 . (20 + 10)
Sa = 300 m

yg b.
B akan sampai ke Q dalam
tb = S / vb
tb = 1500 m / 15 m/s
tb = 100 s

ketika B sampai, A mencapai jarak
Sa = va . tb + 10 s
Sa = 10 m/s . (100 + 10)
Sa = 1100 m

maka jarak diantara keduanya =
S - Sa = 1500 m - 1100 m = 400 m

waktu mereka bertemu =
t = S - Sa / (va + vb)
t = 400 m / (10 m/s + 15 m/s)
t = 16 s

jadi, mereka akan bertemu pada :
S2 = Sa + va . t
S2 = 1100 m + 10 m/s . 16 s
S2 = 1260 m dari garis awal mereka..

kk-kk sekalian..
tolong koreksi yah..
bener gak tuh ??
 :) :) :) :) :) :) :) :)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1480
  • IQ: 49
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Pembahasan Kinematika
« Jawab #7 pada: November 06, 2011, 11:58:03 AM »
Udah lama banget soalnya yah. 3 tahun lebih.
yg no 1
a=dv/dt=(-32-18)/20=-60/20=-3m/s^2
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
107 Jawaban
82621 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 10, 2012, 06:18:59 AM
oleh OneTiger_Ridwan
9 Jawaban
6063 Dilihat
Tulisan terakhir September 04, 2010, 01:35:28 PM
oleh PocongSains
1 Jawaban
2733 Dilihat
Tulisan terakhir November 06, 2011, 06:53:58 AM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia