Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Nursaadah

Hari Ini jam 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

Hari Ini jam 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?

Show 50 latest

Penulis Topik: Rumus singkat beserta cara memperolehnya [part I]  (Dibaca 3061 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Rumus singkat beserta cara memperolehnya [part I]
« pada: Juni 16, 2010, 07:33:42 PM »
Nih, ada cara nyari perbesaran pada mikroskop tanpa mencari s'ob.

Mtotal=Mob.Mok, di mana Mob=|s'/s| dan Mok=Sn/f untuk mata tanpa akomodasi dan Mok=(Sn/f) + 1 untuk akomodasi maksimal.

Nah, itu rumus umumnya. Sekarang kita cari perbesaran lensa objektif.

1/f = 1/s + 1/s'
1/f = (s' + s)/(s.s')
f = s.s' / (s + s')
f (s + s') = s.s'
f.s + f.s' = s.s'
f.s = s.s' - f.s'
f.s = s' (s - f)
s' = f.s/ (s - f)

Nah, jadi s' = f.s/ (s - f). Sekarang kita subtitusi ke rumus perbesaran lensa objektif.

Mob=|s'/s|
Mob=|{f.s/(s - f)}/s|
Mob=|f/(s-f)|

Nah, jadi, perbesaran totalnya:
1. Untuk mata tanpa akomodasi
Mtotal=|f/(s-f)| x (Sn/f)

2. Untuk mata berakomodasi maksimal
Mtotal=|f/(s-f)| x {(Sn/f) + 1}

Semoga bermanfaat.. ;)


Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Rumus singkat beserta cara memperolehnya [part I]
« Jawab #1 pada: Juni 16, 2010, 09:09:37 PM »
wah.. mantap mantap mantap...
mantap gan..
lanjutkan... ^^
~ You are what you eat ~

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
18799 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 28, 2013, 11:29:38 AM
oleh Saefudin
0 Jawaban
2864 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 30, 2008, 03:51:23 PM
oleh skuler
4 Jawaban
1822 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 18, 2010, 08:12:53 PM
oleh Scorpion
0 Jawaban
3274 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2010, 01:04:04 PM
oleh Prasuke
1 Jawaban
1371 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2011, 10:02:14 PM
oleh Fachni Rosyadi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia