Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

pandu.rengga

Agustus 16, 2014, 08:12:48 PM
ehm, ada yg tau gk caranya jwb soal mtk yg ini 1125000 = 2p.3q.5r nah p,q dan r brp? saya kgk tahu itu< tolong saya yah plissssss

Show 50 latest

Penulis Topik: Rumus singkat beserta cara memperolehnya [part I]  (Dibaca 3019 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Rumus singkat beserta cara memperolehnya [part I]
« pada: Juni 16, 2010, 07:33:42 PM »
Nih, ada cara nyari perbesaran pada mikroskop tanpa mencari s'ob.

Mtotal=Mob.Mok, di mana Mob=|s'/s| dan Mok=Sn/f untuk mata tanpa akomodasi dan Mok=(Sn/f) + 1 untuk akomodasi maksimal.

Nah, itu rumus umumnya. Sekarang kita cari perbesaran lensa objektif.

1/f = 1/s + 1/s'
1/f = (s' + s)/(s.s')
f = s.s' / (s + s')
f (s + s') = s.s'
f.s + f.s' = s.s'
f.s = s.s' - f.s'
f.s = s' (s - f)
s' = f.s/ (s - f)

Nah, jadi s' = f.s/ (s - f). Sekarang kita subtitusi ke rumus perbesaran lensa objektif.

Mob=|s'/s|
Mob=|{f.s/(s - f)}/s|
Mob=|f/(s-f)|

Nah, jadi, perbesaran totalnya:
1. Untuk mata tanpa akomodasi
Mtotal=|f/(s-f)| x (Sn/f)

2. Untuk mata berakomodasi maksimal
Mtotal=|f/(s-f)| x {(Sn/f) + 1}

Semoga bermanfaat.. ;)


Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: Rumus singkat beserta cara memperolehnya [part I]
« Jawab #1 pada: Juni 16, 2010, 09:09:37 PM »
wah.. mantap mantap mantap...
mantap gan..
lanjutkan... ^^
~ You are what you eat ~

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
18672 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 28, 2013, 11:29:38 AM
oleh Saefudin
0 Jawaban
2862 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 30, 2008, 03:51:23 PM
oleh skuler
4 Jawaban
1809 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 18, 2010, 08:12:53 PM
oleh Scorpion
0 Jawaban
3229 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2010, 01:04:04 PM
oleh Prasuke
1 Jawaban
1366 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2011, 10:02:14 PM
oleh Fachni Rosyadi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia