Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

dhea252

Agustus 19, 2016, 11:20:05 AM
Very good idea you've shared here, from here I can be a very valuable new experience. all things that are here will I make the source of reference, thank you friends.
http://obatambeien.tasikstore.com/
http://obatambeien.healthylifeindonesia.com/
http://obatambeien.bestagaric.web.id/
http://obat

dhea252

Agustus 19, 2016, 11:19:44 AM
Thanks for sharing, success always
http://obatambeien.tasikstore.com/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:14:36 AM
Thanks for sharing, success always

http://obatkolesterol.healthylifeindonesia.com/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:14:11 AM

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:13:27 AM
The information is so exciting, very enjoyable to be listened

http://obatkolesterol.best-agaric.net/
http://obatkolesterol.best-agaric.com/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:12:56 AM
It is interesting to read, I hope the future is much better


http://obatkolesterol.agaricpro.info/
http://obatkolesterol.agaricpro.net/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:12:19 AM
Wow, I like the way you design this web... It's so beautiful.

http://obatkolesterol.agaricpro.biz/
http://obatkolesterol.agaricpro.org/

kez0223

Agustus 18, 2016, 09:11:35 AM

auzyouchen

Agustus 03, 2016, 09:53:07 AM
selamat pagi
Kutip

agaricback

Juli 29, 2016, 08:43:47 AM
ada hukum archimedes yang dimana masanya berkurang karena adanya udara..
http://goo.gl/aXAJAC | http://goo.gl/4nts9p | http://goo.gl/SqrQc0 | http://goo.gl/H4YOdC |

Show 50 latest

Penulis Topik: Seputar Fluida  (Dibaca 9112 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Seputar Fluida
« pada: November 11, 2008, 03:18:20 PM »
Ada beberapa soal konsep mengenai fluida:

1. jika ada sebuah benda yang massa jenisnya lebih besar dari air ditimbang dengan menggunakan neraca pegas. saat benda dicelup ke dalam gelas berisi air dan ditimbang menunjukkan nilai 10N. berapakah hasil penimbangan jika benda tersebut diukur saat tercelup ke dalam danau, apakah lebih besar, sama atau lebih kecil dari 10N?

2. misal kita memiliki sebuah timbangan yang sangat sensitif (ketelitian tinggi). apakah sama atau berbeda saat kita menimbang objek yang sama saat dalam ruangan penuh dengan udara dan ruangan hampa udara, jika tidak manakah yang menunjukan nilai penimbangan yang lebih besar?

3. Apakah yang terjadi saat balon gas yang dilepaskan terbang ke udara, apakah ia akan naik terus, apakah ia akan berhenti di ketinggian tertentu beberapa saat, mengembang, menciut, meledak, atau....?


Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Seputar Fluida
« Jawab #1 pada: November 11, 2008, 03:56:00 PM »
Ada beberapa soal konsep mengenai fluida:

1. jika ada sebuah benda yang massa jenisnya lebih besar dari air ditimbang dengan menggunakan neraca pegas. saat benda dicelup ke dalam gelas berisi air dan ditimbang menunjukkan nilai 10N. berapakah hasil penimbangan jika benda tersebut diukur saat tercelup ke dalam danau, apakah lebih besar, sama atau lebih kecil dari 10N?

 lebih besar dong mas :kribo:

2. misal kita memiliki sebuah timbangan yang sangat sensitif (ketelitian tinggi). apakah sama atau berbeda saat kita menimbang objek yang sama saat dalam ruangan penuh dengan udara dan ruangan hampa udara, jika tidak manakah yang menunjukan nilai penimbangan yang lebih besar?

beda lebih besar yang ada udara :kribo:

3. Apakah yang terjadi saat balon gas yang dilepaskan terbang ke udara, apakah ia akan naik terus, apakah ia akan berhenti di ketinggian tertentu beberapa saat, mengembang, menciut, meledak, atau....?

turun :kribo:
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Seputar Fluida
« Jawab #2 pada: November 12, 2008, 06:26:04 AM »
 untuk jawaban no.1 dan no.2 nampaknya konsep anda tentang fluida statis masih perlu ditinjau ulang  :P bisa dijelaskan kenapa menjawab seperti itu? ::)
untuk jawaban no.3 bisa dijelaskan kejadian sebelum balon turun  :-\. memang pada akhirnya balon pasti turun lagi.

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Seputar Fluida
« Jawab #3 pada: November 12, 2008, 02:56:02 PM »
untuk jawaban no.1 dan no.2 nampaknya konsep anda tentang fluida statis masih perlu ditinjau ulang  :P bisa dijelaskan kenapa menjawab seperti itu? ::)


 wah sorry om.
sbenernya aku belum tau apa apa ;D ;D

jadi om bisa menjelaskanya?
 ;D ;D ;D

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Seputar Fluida
« Jawab #4 pada: November 13, 2008, 07:02:57 AM »
Ingat gaya Archimedes:
F_A = /ro.g.h

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Seputar Fluida
« Jawab #5 pada: November 13, 2008, 07:37:21 AM »
sory salah.
Ingat gaya Archimedes:
F_A = \rho .g.V

selama \rho dan g sama maka gaya ke atasnya sama.

Offline alfan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Seputar Fluida
« Jawab #6 pada: November 14, 2008, 08:35:07 AM »
1. Jelas pasti lebih kecil, karena ada gaya ke atas dari air danau.
2. pertanyaan kurang operasional, belum bisa dijawab. Kalau yang dimaksud adalah timbangan (neraca) berat: di ruangan yang penuh dengan udara akan lebih kecil, karena ada gaya ke atas dari udara.
3. Pada ketinggian tertentu akan berhenti. Semakin tinggi tempat, tekanan udara semakin kecil. Saat tekanan udara di dalam balon sama dengan tekanan udara di luar balon, balon akan berhenti.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Seputar Fluida
« Jawab #7 pada: November 14, 2008, 03:00:36 PM »
jawaban no.1 kurang tepat.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
jawaban no.2 cukup tepat.
jawaban no.3 masih ada yang mau menambahkan.

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: Seputar Fluida
« Jawab #8 pada: Maret 18, 2009, 10:22:19 PM »
coba tebak ah...
1.sama aja, hukum archimedes: Berat air yang dipindahkan bla,bla,bla,bla <-(sebenernya lupa)
Rofluida .g. Vfluida yang dipindahkan = Farchimedes
W' =W0-Farchimedes
2. Setuju ama "om" alfan, (btw: emangnya slaen dengan timbangan neraca berat ada timbangan apalagi?)
3. coba gw tambahin, mungkin tekanan udara makin kecil karena ditempat tinggi tu kerapatan udaranya makin kecil, massa jenisnya makin kecil,
ketika Ro(balon dan seisinya)=Ro(udara luar) maka disana balon tersebut diam pada ketinggian yang statis....
(eh, spoilernya bilang turun ya???)
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Seputar Fluida
« Jawab #9 pada: Maret 31, 2009, 10:47:44 AM »
oke jawaban no.1 sudah terjawab oleh HyawehHoshikawa.
nomor 3 juga sudah benar, sebagai tambahan nanti lama-lama balonnya jatuh ke bawah ;P

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Seputar Fluida
« Jawab #10 pada: Juni 08, 2009, 01:31:11 PM »
No 3.
Kalo menurutku, balonnya akan berosilasi.....

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
10156 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2008, 11:21:57 AM
oleh rrow10
3 Jawaban
3419 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 05, 2014, 05:53:06 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
3926 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 17, 2010, 06:59:17 PM
oleh Rosyid
5 Jawaban
4528 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 30, 2010, 05:55:47 AM
oleh galihutomo
20 Jawaban
11493 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2011, 02:23:06 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia