Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: tugas sekolah emngenai gelombang  (Dibaca 3789 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

williamluffy

  • Pengunjung
tugas sekolah emngenai gelombang
« pada: Agustus 20, 2009, 03:57:33 PM »
teman2 aku ada tugas sekolah mengenai gelombang nih bahas bareng2 yuk

1. dalam suatu ruanga besar, ani menerima gelombang bunyi dari sebuah sumber bunyi 120 m jauh nya
dari dia. ia juga menerima gelombang bunyi dari sumber yang sama setengah gelombang bunyi ini dipantulkan
dari langit-langit ruang yang tinggi nya 25 m di suatu titik tengah-tengah di antara dia dan sumber bunyi
berapakah panjang gelombang bunyi yang akan menyebabkan ani mendengar
a. bunyi paling kuat
b. bunyi paling lemah

2. seutas kawat yang memiliki massa jenis linear 0,05 g/cm ditegangkan diatara 2 tiang kaku dengan tegangan
450 N. diamati bahwa kawat beresonansi pada frekuensi 450 Hz. frekuensi lebih tinggi berikut nya di mana kawat
beresonansi 525 Hz. panjang kawat tersebut adalah

4. seutas kawat yang apanjang nya 25 cm dan memiliki massa 2,5 g ditegangkan sebuah pipa yang tertutup salah satu ujungnya memiliki panajang 40 cm. ketika kawat diatur bergetar pada harmonik kedua nya dan udara dalam pipa bergetar
pada nada dasarnya, terdengar 8 layangan persekon. diamati bahwa dengan mengurangi tegangan kawat akan
mengurangi frekuensi layangan. jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s. hitunglah tegangan dalam kawat

oh y maaf y teman2 aku belum belajar latex
kalo belajar latex di forum ini ada tutorial y g???

thanks



Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: tugas sekolah emngenai gelombang
« Jawab #1 pada: Agustus 28, 2009, 08:01:16 AM »
Jawabannya:
1. a. panjang gelombangnya kelipatan bulat dari 10m
   b. panjang gelombangnya kelipatan ganjil dari 5m

2. 0,2m

4. 2,740N
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

williamluffy

  • Pengunjung
Re: tugas sekolah emngenai gelombang
« Jawab #2 pada: Agustus 28, 2009, 01:35:18 PM »
superstring bisa kasih penjelasan nya kok bisa jawab segitu

terima kasih

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: tugas sekolah emngenai gelombang
« Jawab #3 pada: Agustus 31, 2009, 07:52:28 AM »
1. karena lagi males gambar coba banyangkan segitiga sama kaki ABC dengan C puncak dari segitiga. posisi A ditempati oleh pendengar, posisi B ditempati oleh sumber dan C adalah titik pantul suara oleh atap. Jarak AB adalah 120m jadi tengah-tengahnya adalah 60m jika tinggi atap adalah 25m maka dengan pytagoras diketahui bahwa jarak BC dan AC adalah masing-masing 65m. Jarak tempuh suara sumber ke orang adalah 120m, sedangkan jarak tempuh suara dari sumber melalui pantulan ke orang adalah BC + CA jadi 130m. selisih jarak tempuh kedua suara adalah 130-120=10m. kalo suara yang di sengar orang adalah terkuat maka kelipatan bulat selisih jarak tempuh adalah panjang gelombangnya. jika yang terdengar terlemah maka kelipatan ganjil setengah selisih jarak tempuh adalah panjang gelombangnya.

2. lagi males nulis pake latex jadi dijelasin aja ya. pertama cari cepat rambat gelombang dengan cara akar dari - tegangan dibagi dengan massa jenis linear-. langkah kedua, kita tahu bahwa frekuensi resonansi untuk harmonik ke-n pada senar adalah; fn=(nv)/(2L), untuk harmonik ke-(n+1); f(n+1)=((n+1)v)/(2L). jika dibandingkan; (fn)/(f(n+1))=(n)/(n+1)=(450)/525). jika persamaan ini diselesaikan maka akan diperoleh n=6. kemudian dimasukkan ke rumus (fn) maka akan diperleh L=0.2m.

williamluffy

  • Pengunjung
Re: tugas sekolah emngenai gelombang
« Jawab #4 pada: September 05, 2009, 08:24:21 PM »
makasih superstring atas bantuan y
yang nomor 4 belum di jwb tuh aku masih bingung
kasih penjelasan y

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
8952 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 10:04:17 AM
oleh ahmad m.s
18 Jawaban
5293 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2010, 11:55:31 PM
oleh Social Permutation
4 Jawaban
5056 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2009, 09:36:47 AM
oleh muhmus88
2 Jawaban
2763 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 06:16:02 PM
oleh Wildan Cahyo Arsito
10 Jawaban
918 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 03, 2014, 02:05:25 PM
oleh fajarafriansh

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia