Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

Show 50 latest

Penulis Topik: [ASK] Teknologi pembelokan cahaya  (Dibaca 2355 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline joexce

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
[ASK] Teknologi pembelokan cahaya
« pada: Juli 17, 2012, 08:12:25 PM »
halo para professor dan pelajar yang terhormat  ;D ;D
saya kan baru tahu kalau ada teknologi pembelokan cahaya jadi dimana suatu benda akan terlihat
invisibel dan cahaya yang kita liat adalah sebuah objek di belakang benda tersebut
nah yang mau saya pertanyakan apa nama teknologi tersebut ?
monggo mas/mbak...



Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:[ASK] Teknologi pembelokan cahaya
« Jawab #1 pada: Juli 18, 2012, 08:42:33 PM »
Ada beberapa teknologi pembelokan cahaya yang saya tahu:

Teknologi Kamera dan Proyektor
Ini yang paling gampang, benda yang mau dihilangkan tinggal "ditutup" oleh layar yang bisa memproyeksikan gambar, nah di belakang benda, diletakkan kamera yang menyorot latar belakang... Kalau di setting sedemikian rupa, layar dan benda dibelakangnya akan "menghilang", padahal sebetulnya kita lagi menonton layar, dengan gambar latar belakang...
Ini contohnya:
<a href="http://www.youtube.com/v/PD83dqSfC0Y&rel=0" target="_blank">http://www.youtube.com/v/PD83dqSfC0Y&rel=0</a>

Teknologi Jarum Nano
Ini kerjaannya anak2 Universitas Purdue di amrik sana, mereka membuat jarum2 khusus dengan ukuran nano, yang menyelubungi benda yang hendak "dihilangkan", cahaya jika mengenai jarum2 nano tersebut, akan dibelokkan di sekitar jarum2, dan akhirnya diteruskan ke latar belakang, sehingga benda yang "dibungkus" jarum akan "menghilang"
Ini salah satu artikelnya
http://www.sciencedaily.com/releases/2007/04/070402141206.htm
Catatan: teknologi ini sementara baru bisa menghilangkan benda didalam ruangan bersinar merah...

Teknologi Metamaterial
Metamaterial adalah material yang sengaja dimodifikasi sehingga sifatnya tidak alamiah... Contoh benda metamaterial sederhana adalah besi yang membentuk zirah rantai... Besi adalah benda yang bersifat keras dan kaku, tapi setelah menjadi rantai, besi menjadi "lentur"... rantai ini bisa disebut metamaterial...

Nah, dalam teknologi penghilangan benda, teknologi metamaterial digunakan untuk membuat sebuah metamaterial yang mempunyai indeks refraksi negatif...
Ini videonya untuk lebih jelas:
<a href="http://www.youtube.com/v/fFVMQ8mmxx0&rel=0" target="_blank">http://www.youtube.com/v/fFVMQ8mmxx0&rel=0</a>
catatan: teknologi ini sementara ini baru bisa "menyembunyikan" benda dari microwave, belum cahaya tampak...

Untuk jubah Harry Potter sempurna... Kayaknya masih lama, tapi tidak mustahil kok...

BSJS...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:[ASK] Teknologi pembelokan cahaya
« Jawab #2 pada: Agustus 05, 2012, 12:52:16 PM »
Menurut teori relativitas, cahaya bisa dibelokkan dengan medan gravitasi, karena di sekitar medan gravitasi itu ada ruang yang melengkung. Tapi jangan mikir yang berat2 deh,, sebenarnya hanya dengan bantuan lensa kita bisa membelokkan cahaya kok,, Tapa saya juga belum tahu alasannya kenapa cahaya bisa dibelokkan oleh lensa, mungkin ada yng bisa jawab.. hehe ^_^

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 336
  • IQ: 189
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:[ASK] Teknologi pembelokan cahaya
« Jawab #3 pada: Agustus 05, 2012, 04:46:11 PM »
lensa bukannya membiaskan cahaya ya?
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline bayu220686

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 36
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:[ASK] Teknologi pembelokan cahaya
« Jawab #4 pada: Agustus 05, 2012, 09:04:54 PM »
Lalu pembiasan dengan pembelokan tu apa bedanya, kan sama-sama mengubah arah cahaya Pak?

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:[ASK] Teknologi pembelokan cahaya
« Jawab #5 pada: Agustus 06, 2012, 08:18:15 AM »
Setahu saya, dalam fisika optik, pembelokan ya pembiasan... Pembiasan ya pembelokan... Kecuali pembelokan cahaya karena gravitasi, itu udah lain lagi pembahasannya...

BSJS...

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:[ASK] Teknologi pembelokan cahaya
« Jawab #6 pada: Agustus 06, 2012, 07:38:12 PM »
Kalau berkas cahaya dibelokkan dengan menembus media pembeloknya, disebut pembiasan. Namun jika tidak tembus disebut pemantulan.
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
13878 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 29, 2014, 12:00:56 AM
oleh zoldik
6 Jawaban
8630 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 11, 2008, 06:19:35 AM
oleh insan sains
7 Jawaban
17081 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 05, 2008, 10:56:12 PM
oleh great_sage
11 Jawaban
11148 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2011, 01:02:43 PM
oleh 12
2 Jawaban
558 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2014, 03:51:02 AM
oleh Emerald_Eyes

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia