Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa  (Dibaca 2649 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« pada: September 21, 2011, 01:31:03 AM »
oleh Kang Tenso

Neutrino adalah partikel dasar penyusun alam semesta, termasuk golongan fermion. Massanya sangat kecil, hampir dikatakan tak bermassa. Neutrino hanya berinteraksi lewat interaksi lemah dan gravitasi, tak satu pun lewat interaksi kuat dan interaksi elektromagnetik. Ia merupakan "produk sampingan" dari peluruhan radioaktif tertentu, seperti reaktor nuklir atau sinar kosmik yang membentur sekelompok atom. Neutrino hadir dalam tiga rasa (istilah untuk menggantikan kata "jenis"), yakni : neutrino elektron, neutrino muon dan neutrino tauon.

Baca selengkapnya




Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« Jawab #1 pada: September 21, 2011, 10:38:51 AM »
kan jepang tsunami..
jadi kegiatan ini masih berlanjutya??

plus sya masih kurang faham dengan neutrion muon/elektron/tauon...
bisa mnta pnjlasanya sedikit??
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 98
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« Jawab #2 pada: September 21, 2011, 07:51:18 PM »
coba jelasin sedikit, saya juga ga tau detailnya perbedaan tiap jenis neutrino.
neutrino tak bermuatan listrik, pertama kali dihipotesiskan oleh Wolfgang Pauli untuk menjaga agar energi, momentum linear dan angular pada peluruhan beta tetap konstan.
karena bermassa sangaat kecil dan tak bermuatan, sulit sekali dideteksi (berinteraksi dengan benda lain).
kata-kata yang cukup populer "neutrino sangat melimpah, bahkan berbilion2 neutrino mungkin sedang menebus buku yang kini tengah anda baca".
neutrino yang dihipotesiskan Pauli ini dikategorikan lebih lanjut sebagai neutrino elektron.
liat aja di http://en.wikipedia.org/wiki/Neutrino, wiki wiki juga lumayan.


OOT:
di ujung artikelnya, sebenarnya saya agak prihatim (TM),
kenapa kita selalu silau dengan negara lain dan ingin mencapai 'top achievement'nya mereka, tetapi melupakan bahwa mereka tidak mencapai itu dalam setahun-dua tahun, mereka mencapainya dengan kerja keras dalam waktu yang lama.
sering kita terpukau dan ingin meniru, tetapi lupa bahwa ada sesuatu yang lebih mendasar yang harus dipenuhi.
riset particle physics memang bagus, tetapi jangan dulu fokus ke situ, lebih baik fokus ke riset misalnya bagaimana mengolah logam agar lebih baik (kenapa Krakatau Steel hampir mati? perusahaan sestrategis itu harus dipertahankan mati2an mestinya), distribusi logistik yang reliebel (halo, bagaimana nasibnya PT. KAI, mana produk PT. DI tak sehebat dulu? angkot bikin macet, bikin monorail / MRT ga jadi2), kecukupan makanan (garam masih import, beras keteteran harus import lagi dari thailand), kecukupan energi (mana industri refinery minyak kita ga cukup, mau bikin reaktor nuklir diprotes LSM habis2an, papua gelap gulita, jangan jauh2 jawa pun pemadaman bergilir), masih banyak lagi hal-hal mendasar yang harus diselesaikan.
jadi ingat pidato Sukarno: "...jikalau sodara ingin industrialisasi, yang harus didahulukan yaitu suatu metalurgical plan, pabrik besi dan baja..."
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« Jawab #3 pada: September 24, 2011, 08:58:19 AM »
SETUJU...
kemakmuran INDO dulu,
plus orangr2/pmrintahnya juga dulu yang di reparo..

Offline ^_Andy_^

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« Jawab #4 pada: September 24, 2011, 04:09:05 PM »
Saya mau tanya, ilmu yang mempelajari Neutrino itu ilmu apa ya? Fisika mungkin?
- Hidup adalah pilihan -

Offline Jim Heart

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« Jawab #5 pada: September 25, 2011, 09:04:59 AM »
science itu sebenarnya semuanya sama berhubungan ...
dan hubungannya itu lebih kayak diagram venn, fisika mencakup semua, kimia dan biologi itu hanya bagian kecil dari fisika ...

jadi kalo ditanyanya masuk fisika atau ngga ? ya tentu masuk dong ...  ;D

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« Jawab #6 pada: September 28, 2011, 03:02:31 PM »
bukan,
fisika dan kimia itu sedrajat..
kimia ilmu pusat, fisika ilmu dasar...

Offline Jim Heart

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Artikel Forsa - T2K dan Neutrino yang Berubah Rasa
« Jawab #7 pada: September 28, 2011, 04:08:45 PM »
bukan,
fisika dan kimia itu sedrajat..
kimia ilmu pusat, fisika ilmu dasar...

apa harus saya jelaskan juga satu persatu2 definisi dan 'cabang' dari science ?
ni saya punya gambarannya ...

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
39 Jawaban
11061 Dilihat
Tulisan terakhir November 14, 2011, 07:44:07 AM
oleh syx
14 Jawaban
5600 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2011, 10:50:21 AM
oleh exile_rstd
2 Jawaban
3357 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2011, 12:20:11 PM
oleh 47k
27 Jawaban
9352 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 15, 2011, 11:29:55 AM
oleh obay
10 Jawaban
4142 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2011, 04:30:57 PM
oleh Fariz Abdullah

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia