Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

qwertypo

Kemarin jam 09:45:43 AM
Gan, ane lagi nyari buku Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D Cooper author nya Sahat Pakpahan

SplitzBurned

September 30, 2014, 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

Show 50 latest

Penulis Topik: Arus rms dan tegangan rms  (Dibaca 2285 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline gtx

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 41
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Arus rms dan tegangan rms
« pada: Mei 11, 2012, 06:34:02 PM »
Suatu rangkain RLC seri dengan R=15\ \Omega,\ C=4,72\ \mu F, dan L=25,3\ mH dihubungkan dengan sumber tegangan sinusoidal yang memiliki frekuensi 550\ Hz dan tegangan rms 75 volt.

a. Hitunglah arus rms.
b. Hitunglah tegangan rms pada induktor.
c. Tentukan faktor daya.



Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Arus rms dan tegangan rms
« Jawab #1 pada: Mei 20, 2012, 01:30:08 PM »
saya tdk akan jawab secara numerik, krn malas ngitungnya.
tapi intinya begini, hitung impedansi total: Z=R + \frac 1{j\omega C}+ j\omega L
arus puncak didapat dari membagi V dg Z, rmsnya dari arus puncak dibagi akar dua.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Arus rms dan tegangan rms
« Jawab #2 pada: Mei 20, 2012, 05:17:12 PM »
a. Karena tegangan rms sudah diketahui, arus rmsnya tinggal membaginya dengan impedansi total.
b. tegangan rms pada induktor diperoleh dengan mengalikan arus rms dengan impedansi induktor.
c. faktor daya/cos phi bisa diperoleh dari pembagian antara komponen arus real dengan arus rms (total). Bisa pula dengan menghitung nilai cosinus dari selisih sudut fase antara arus dan tegangan sumber.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Arus rms dan tegangan rms
« Jawab #3 pada: Mei 22, 2012, 10:46:24 AM »
oh iya, Vnya itu sudah rms ya, maaf, saya salah

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1593 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2010, 11:05:52 PM
oleh planethijau
8 Jawaban
5331 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2013, 08:42:35 AM
oleh ningrat
0 Jawaban
1332 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2010, 04:12:29 PM
oleh gus muj
8 Jawaban
29527 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2011, 02:44:47 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
1506 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 08, 2012, 11:53:46 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia