Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: Arus rms dan tegangan rms  (Dibaca 2376 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline gtx

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 41
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Arus rms dan tegangan rms
« pada: Mei 11, 2012, 06:34:02 PM »
Suatu rangkain RLC seri dengan R=15\ \Omega,\ C=4,72\ \mu F, dan L=25,3\ mH dihubungkan dengan sumber tegangan sinusoidal yang memiliki frekuensi 550\ Hz dan tegangan rms 75 volt.

a. Hitunglah arus rms.
b. Hitunglah tegangan rms pada induktor.
c. Tentukan faktor daya.



Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Arus rms dan tegangan rms
« Jawab #1 pada: Mei 20, 2012, 01:30:08 PM »
saya tdk akan jawab secara numerik, krn malas ngitungnya.
tapi intinya begini, hitung impedansi total: Z=R + \frac 1{j\omega C}+ j\omega L
arus puncak didapat dari membagi V dg Z, rmsnya dari arus puncak dibagi akar dua.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Arus rms dan tegangan rms
« Jawab #2 pada: Mei 20, 2012, 05:17:12 PM »
a. Karena tegangan rms sudah diketahui, arus rmsnya tinggal membaginya dengan impedansi total.
b. tegangan rms pada induktor diperoleh dengan mengalikan arus rms dengan impedansi induktor.
c. faktor daya/cos phi bisa diperoleh dari pembagian antara komponen arus real dengan arus rms (total). Bisa pula dengan menghitung nilai cosinus dari selisih sudut fase antara arus dan tegangan sumber.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Arus rms dan tegangan rms
« Jawab #3 pada: Mei 22, 2012, 10:46:24 AM »
oh iya, Vnya itu sudah rms ya, maaf, saya salah

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1673 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2010, 11:05:52 PM
oleh planethijau
8 Jawaban
5490 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2013, 08:42:35 AM
oleh ningrat
0 Jawaban
1371 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2010, 04:12:29 PM
oleh gus muj
8 Jawaban
30303 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2011, 02:44:47 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
1573 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 08, 2012, 11:53:46 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia