Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Monox D. I-Fly

Maret 24, 2015, 10:07:31 AM
nandatte,,, -_-

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:21:38 AM
お兄ちゃんだけど愛さえあれば関係ないよねっ Onī-chan dakedo Ai sae Areba Kankei Nai yo ne

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:19:40 AM
Onii-chan Dakedo...

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:19:09 AM
Oni-chan....

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:18:52 AM
Disuki onii-chan...

wieldah

Maret 12, 2015, 11:41:22 PM
hai...
 :D

abdillahibnunasrullah

Maret 12, 2015, 01:34:17 PM
To: MuhammadRyan
oni-chan, daisuki ♡♡♡

hani jatmika

Maret 12, 2015, 12:51:11 PM
SALAM KENAL...
 :)
 

MuhammadRyan

Maret 05, 2015, 08:49:32 AM
koveran jaringannya, mas. Indonesia musatinnya di Jawa, klo di luar jawa pke parabola smua; yg di Kalimantan ama Riau byk pke router Malaysia
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:51:44 AM
Kalo alasan kuota karena jaringan kurang kuat? Kenapa tiap akhir bulan dimana semua orang abis kuota jaringan tidak jadi lebih cepat? Sebenarnya Internet Indonesia lambat lebih karena masalah nyari duit kan?

Show 50 latest

Penulis Topik: Bangunan anti gempa  (Dibaca 7578 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Bangunan anti gempa
« pada: Agustus 05, 2008, 06:14:11 PM »
Temen-temen,

Indo sempet ribut dan diminta mulai memperhatikan bagaimana cara membuat bangunan yang tahan terhadap gempa dan kejadian alam lainnya juga. Nah, gw pengen diskusi nih ttg beberapa hal terkait gempa. Kalo ada yang bisa share secara lebih detil silakan aja. Gw mulai dengan kasus dulu.

Misalkan ada rumah yang terbuat dari kayu dan pondasinya campuran batu kali, semen, dan pasir (pondasinya biasa aja, bener ini kan campurannya?). Trus bangunan ini terkena gempa yang cukup dasyhat. Kira-kira bentuk akhir bangunan ini nasibnya seperti apa? Apakah bangunan kayunya utuh tetapi pondasinya hancur, bangunan hancur pondasi utuh, atau gimana?



Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bangunan anti gempa
« Jawab #1 pada: Agustus 07, 2008, 10:28:10 PM »
mungkin klo smua dari kayu termasuk genteng dan semua terikat dgn kuat mungkin akan tahan gempa... ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: Bangunan anti gempa
« Jawab #2 pada: Agustus 10, 2008, 02:10:31 PM »
Gw mulai dengan kasus dulu.

Misalkan ada rumah yang terbuat dari kayu dan pondasinya campuran batu kali, semen, dan pasir (pondasinya biasa aja, bener ini kan campurannya?). Trus bangunan ini terkena gempa yang cukup dasyhat. Kira-kira bentuk akhir bangunan ini nasibnya seperti apa? Apakah bangunan kayunya utuh tetapi pondasinya hancur, bangunan hancur pondasi utuh, atau gimana?

sorry melenceng dari pertanyaan yang diutarakan...

pernah baca (lupa lagi bukunya), kalo gak salah, bentuk bangunan rumah eskimo itu lebih kuat untuk menahan gempa disamping tentunya mengalirkan udara hangat didalamnya.
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Bangunan anti gempa
« Jawab #3 pada: Agustus 11, 2008, 12:15:31 PM »
o mungkin yg spt model dome ya ?
y mmg ktnya thn gempa tapi modelnya terlalu sederhana :-[

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Bangunan anti gempa
« Jawab #4 pada: Agustus 22, 2008, 01:23:49 PM »
gw pernah baca artikel tentang bangunan anti gempa yang dikembangkan di California. katanya di bagian dasar bangunan yang tinggi banget itu ada semacam alat peredam kejut atau shock breaker, yang berfungsi menahan dasar bangunan dari guncangan yang kuat dan mendadak. misalnya jika gedung terguncang ke arah kanan maka alat tersebut memberi kejutan ke arah sebaliknya sehingga resultan guncangannya berkurang, yah semacam fungsi shock breaker pada kendaraan gitu cuma lebih canggih en lebih gede. :kribo:

pendapat gw tentang bangunan terbuat dari kayu, coba aja liat tanaman yang besar berakar kuat sekalipun akan rubuh jika mengalami gempa yang kuat. jadi intinya jangan menentang alam melainkan selaraslah dengan alam, kalau terjadi gempa pilih tempat yang luaaas banget supaya enggak tertimpa bangunan  ;)
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
    • Lihat Profil
Re: Bangunan anti gempa
« Jawab #5 pada: Agustus 25, 2008, 04:59:41 PM »
kalo gak salah di podasinya dipasangin pondasi rol untuk tahan gempa, namun gempa yang ditahan cuma bisa sampe 6 skala richter  :) :) :) :) :)
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Bangunan anti gempa
« Jawab #6 pada: Agustus 27, 2008, 10:38:48 PM »
kalo gak salah di podasinya dipasangin pondasi rol untuk tahan gempa, namun gempa yang ditahan cuma bisa sampe 6 skala richter  :) :) :) :) :)
bisa sampe 6 skala richter udah bagus atuh...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
    • Lihat Profil
Re: Bangunan anti gempa
« Jawab #7 pada: Agustus 30, 2008, 02:40:51 PM »

bisa sampe 6 skala richter udah bagus atuh...

tapi kayanya di Indonesia selalu lebih dari 6 SR dech  :D :D :D :D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
6077 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2009, 06:29:44 PM
oleh soviet regarda
0 Jawaban
1822 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2009, 08:57:34 AM
oleh raisuien
1 Jawaban
3152 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2010, 06:09:53 PM
oleh Articvotra
0 Jawaban
1850 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 18, 2011, 08:30:57 PM
oleh rawWARus
0 Jawaban
1333 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 09, 2012, 06:49:41 PM
oleh syx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia