Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Anisa168

Januari 30, 2015, 12:33:34 AM
mohon bantuannya..
sebuah bola bermassa m dan berjari-jari R terletak pada lantai licin sebuah mobil memiliki percepatan horizontal a1 ke kanan. Berapakah percepatan bola a2? anggap bola menggelinding tanpa tergelincir.diketahi percepatan grafitasi adalah g.

agaricpro

Januari 23, 2015, 11:37:52 AM

lochvigo

Januari 21, 2015, 03:36:15 PM
kenapa terowongan bentuknya bulat? bantu jawab

denumam

Januari 20, 2015, 08:07:54 PM
Kok sepi yah disini??? Ga kaya forum geje sebelah. Mungkin orang indonesia suka yg geje2... :v

SAHABATPD

Januari 20, 2015, 02:57:45 PM
Salam kenal  ;)
 

Gen-I-uSy

Januari 19, 2015, 05:32:53 AM
sekarang latexnya udah ga bisa lagi ya

Taf_id

Januari 18, 2015, 06:00:30 PM
Sebuah mesin carnot dengan reservoir suhu tinggi 640K menyerap kalor sebesar 1250 kaloridengan efisiensi 20%. Berapakah kalor yang di serap  pada reservoir suhu tinggi bila efisiensi mesin naik menjadi 50%? Mohon di jawab dengan langkah2nya. Terima kasih
 

ch0c0

Januari 17, 2015, 07:21:24 PM
siapa aja yg online ni ;D

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:15:50 PM
kalau mau ttg partikel tuhan,saya sedikit tahu tp ni mencakup ilmu tasawwuf modern

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:14:45 PM
salam kenal semuanya
 :)

Show 50 latest

Penulis Topik: cahaya  (Dibaca 9148 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline andrista

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cahaya
« pada: Juli 22, 2008, 05:54:37 PM »
bisa gak ceh suhu matahari diukur dengan sebuah sensor?
jika bisa, dengan sensor apa?
trus bagaimana caranya?



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2008, 06:03:51 PM »
suhu matahari itu gila banget sangat panas sekali lho, mo diukur langsung gitu  :o
Inti matahari itu kalo ga salah dalam jutaan derajat.
Cara pengukuran persisnya gw juga ga tau sih, tapi yang pasti ga bisa diukur langsung.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 07:29:33 PM »
oia, mumpung lagi bahas chaya ni.

kan cahaya uda diketahi sebagai gelombang, trus kenapa dalam dunia fisika kita masi mengenal photon?

bukannya photon diartikan sebagai partikel cahaya....
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2008, 07:54:11 PM »
Justru karena cahaya bisa berperilaku jadi partikel maupun gelombang digunakan foton. Fenomena difraksi dan interferensi dapat dijelaskan kalo kita memandang cahaya adalah gelombang. Tapi fenomena efek fotolistrik hanya dapat dijelaskan ketika kita melihat cahaya sebagai partikel. Jadi, cahaya adalah partikel sekaligus gelombang.  Apa itu foton? foton adalah kuantum cahaya, partikel elementer yang memiliki sifat partikel dan gelombang (dualisme gelombang-partikel).

Balik ke pertanyaan awal, masih belum tau persis gmn para ilmuwan berhasil mengukur suhu matahari. Tapi mungkin yang diukur itu besar radiasinya kali ya. Tapi bagaimana bisa sampe memperkirakan temperatur di inti matahari ya ???

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2008, 08:22:56 PM »
ouuu, i c..

oia, maslah panas inti matahari, mungkin para ilmuwan mengukur dengan jalan membandingkan radiasi mathari(termasuk panasnya), jarak ke bumi, serta kekuatan pancaran cahayanya.

kan panas bisa diukur dari gelonmbang cahaya yang dipancarkan benda

bukannya teknik ini sudah pernah digunakan para ilmuwan untuk mengukur jarak bintang dari bumi dan panas bintang tersebut.



Vinchemz

  • Pengunjung
Re: cahaya
« Jawab #5 pada: Juli 28, 2008, 04:45:07 PM »
Caranya adalah menghitung radiasi yang dihasilkan..

Wah, harus baca2 lagi..

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kecepatan cahaya

Dimulai oleh dewa ruci « 1 2 3 4 5 » Fisika

60 Jawaban
27896 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2011, 03:30:29 PM
oleh mhyworld
12 Jawaban
9046 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2009, 07:00:39 AM
oleh superstring39
0 Jawaban
2343 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 02:09:03 PM
oleh kirei_caf
3 Jawaban
4003 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 20, 2009, 06:43:55 AM
oleh superstring39
11 Jawaban
12837 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2011, 01:02:43 PM
oleh 12

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia