Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

visitpare

Kemarin jam 12:13:15 AM
dah malam.. maaf ya frenn ;) ;) ;) ;D ;D ;D ;D

visitpare

Kemarin jam 12:12:45 AM
mana nihh.. kok seooouupiii ya..  >:( >:(

visitpare

Kemarin jam 12:11:57 AM
 >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:(

visitpare

Kemarin jam 12:11:34 AM
 ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

visitpare

Kemarin jam 12:11:02 AM
 :D :D :D :D :D :D

visitpare

Kemarin jam 12:10:44 AM
......zzz.....

visitpare

Kemarin jam 12:10:16 AM
Bagi yang tau info cpns tlg shout ke sini.. makasih banyak

visitpare

Kemarin jam 12:09:14 AM
Ada info tentang CPNS 2014 gak ya? mohon infonya.

visitpare

Kemarin jam 12:05:59 AM
Selamat atas kemenangan Pak Jokowi di Pilpres 2014
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

Show 50 latest

Penulis Topik: cahaya  (Dibaca 7011 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline andrista

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cahaya
« pada: Juli 22, 2008, 05:54:37 PM »
bisa gak ceh suhu matahari diukur dengan sebuah sensor?
jika bisa, dengan sensor apa?
trus bagaimana caranya?



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2008, 06:03:51 PM »
suhu matahari itu gila banget sangat panas sekali lho, mo diukur langsung gitu  :o
Inti matahari itu kalo ga salah dalam jutaan derajat.
Cara pengukuran persisnya gw juga ga tau sih, tapi yang pasti ga bisa diukur langsung.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 07:29:33 PM »
oia, mumpung lagi bahas chaya ni.

kan cahaya uda diketahi sebagai gelombang, trus kenapa dalam dunia fisika kita masi mengenal photon?

bukannya photon diartikan sebagai partikel cahaya....
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2008, 07:54:11 PM »
Justru karena cahaya bisa berperilaku jadi partikel maupun gelombang digunakan foton. Fenomena difraksi dan interferensi dapat dijelaskan kalo kita memandang cahaya adalah gelombang. Tapi fenomena efek fotolistrik hanya dapat dijelaskan ketika kita melihat cahaya sebagai partikel. Jadi, cahaya adalah partikel sekaligus gelombang.  Apa itu foton? foton adalah kuantum cahaya, partikel elementer yang memiliki sifat partikel dan gelombang (dualisme gelombang-partikel).

Balik ke pertanyaan awal, masih belum tau persis gmn para ilmuwan berhasil mengukur suhu matahari. Tapi mungkin yang diukur itu besar radiasinya kali ya. Tapi bagaimana bisa sampe memperkirakan temperatur di inti matahari ya ???

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2008, 08:22:56 PM »
ouuu, i c..

oia, maslah panas inti matahari, mungkin para ilmuwan mengukur dengan jalan membandingkan radiasi mathari(termasuk panasnya), jarak ke bumi, serta kekuatan pancaran cahayanya.

kan panas bisa diukur dari gelonmbang cahaya yang dipancarkan benda

bukannya teknik ini sudah pernah digunakan para ilmuwan untuk mengukur jarak bintang dari bumi dan panas bintang tersebut.



Vinchemz

  • Pengunjung
Re: cahaya
« Jawab #5 pada: Juli 28, 2008, 04:45:07 PM »
Caranya adalah menghitung radiasi yang dihasilkan..

Wah, harus baca2 lagi..

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kecepatan cahaya

Dimulai oleh dewa ruci « 1 2 3 4 5 » Fisika

60 Jawaban
24009 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2011, 03:30:29 PM
oleh mhyworld
12 Jawaban
8211 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2009, 07:00:39 AM
oleh superstring39
0 Jawaban
2216 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 02:09:03 PM
oleh kirei_caf
3 Jawaban
3588 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 20, 2009, 06:43:55 AM
oleh superstring39
11 Jawaban
10804 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2011, 01:02:43 PM
oleh 12

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia