Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Ariie

Kemarin jam 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

Show 50 latest

Penulis Topik: Pergerakan dalam 4 Dimensi  (Dibaca 13493 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Pergerakan dalam 4 Dimensi
« pada: Juli 16, 2008, 08:39:03 PM »
bagaimana penjelasan tentang dunia kita yang 4 dimensi, ruang (panjang, luas. volum) dan waktu..??? ???

 saya pernah membaca dalam suatu artikel bahwa waktu juga termasuk dimensi dunia yang kita tempati, dan bahwa benda yang bergerak adalah benda tersebut melakukan pergerakan dalam dimensi ruang dan waktu, ketika benda diam maka pergerakan dalam dimensi waktu maksimal, tetapi pergerakan benda tersebut di dimensi ruang adalah 0. ketika benda tersebut bergerak, pergerakannya dalam dimensi waktu dibagi dengan pergerakannya di dimensi ruang. jadi ketika benda bergerak merasakan waktu lebih lambat karena pergerakan benda tersebut dalam dimensi waktu harus dibagi dengan pergerakannya di dimensi ruang. jadi, apabila sebuah benda ingin mencapai pergerakan yang maksimal dalam dimensi ruang, maka pergerakannya di dimensi waktu haruslah 0. dengan kata lain, benda yang telah mencapai pergerakan maksimal dalam dimensi ruang sudah tidak terikat oleh waktu.
bener gak..??
karena pergerakannya dalam dimensi ruang adalah 0. sedangkan menurut einstein pergerakan maksimal dimensi ruang adalah kecepatan cahaya yaitu 3 x 10^8 m/s. apakah karena hal tersebut foton (partikel cahaya) tidak memiliki usia? tetapi mengapa ketika ada medan gravitasi yang sangat kuat cahaya juga tidak bisa terlepas dari gravitasi tersebut? (contohnya black hole) . cahaya kan bergerak sangat cepat..??


akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #1 pada: Juli 16, 2008, 09:26:23 PM »
benar,  knl gag ma malaikat jibril dy sodaraq lho..

malaikat tercipta dari partikel cahaya...dan bergerak dalam kecepatan cahaya

sehingga dy tidak terikat dengan waktu n tetep awet muda..

begitu juga dengan peristiwa isra'mi'raj..rasulullah saw diubah dulu menjadi cahaya baru bergerak ke sidratul muntaha..karena jika masih dalam wujud manusia dy akan hancur..terpecah menjadi partikel2 foton kecil..

dikarenakan apabila seseorang bergerak dalam kecepatan cahaya tidak terikat dengan waktu maka rasul melihat semua yang terjadi dalam pergerakan yang sangat lambat sehingga dy masih bisa menceritakannya esok hari nya...

gmn??? ::)
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #2 pada: Juli 16, 2008, 09:57:28 PM »
@maulana altof
Ini forum fisika, tolong jangan out of topic. Setidaknya beri reasoning sedikit kalo mau kasih komentar.

malaikat tercipta dari partikel cahaya...dan bergerak dalam kecepatan cahaya

sehingga dy tidak terikat dengan waktu n tetep awet muda..

Lain kali, post seperti ini akan saya hapus.

Btw, kenapa IP kalian berdua sama?

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #3 pada: Juli 16, 2008, 10:00:43 PM »
sori orang baru ;D ;D


Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #4 pada: Juli 16, 2008, 10:15:29 PM »
 sebenernya aku sama humam itu temen bareng, ini lagi di warnet aurora di deket kampus ums di solo tentunya....... ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #5 pada: Juli 16, 2008, 10:32:46 PM »
@humaam dz.

Oh, pantesan ;D gpp kok, jangan tersinggung ya. Kembali ke topiknya.

Topik ini mirip sama topik yang pernah dipost humaam dz. juga yang di sini ya.
Kita perjelas aja di sini deh. Konon ceritanya begini, setelah Einstein menyatakan bahwa kecepatan cahaya adalah konstan dia kemudian mikir lagi, ada kasus di mana cahaya seharusnya tidak konstan. Coba bayangin seperti ini : Cahaya melintas di atas bumi, karena pengaruh gravitasi maka lintasan cahaya tsb berbentuk kurva (bukan lurus) kemudian cahaya itu kita tangkap pada sebuah kertas. Karena cahaya sampai ke kertas bersamaan maka cahaya pada lintasan atas pasti lebih cepat dibanding cahaya yang melintas di bagian bawah (kebayang ga? Mudah-mudahan kebayang).

Nah, dari sinilah kemudian Einstein mengajukan Teori Relativitas Umum. Teori Relativitas Khusus berlaku pada kasus yang tidak melibatkan gravitasi, di sini kecepatan cahaya konstan. Jika gaya gravitasi diperhitungkan, maka kita punya kasus yang lebih rumit, digunakan Relativitas Umum, pada kasus ini kecepatan cahaya tidak konstan. Dalam relativitas umum, semakin dekat dan semakin besar gravitasi semakin kecil kecepatan cahaya. Itu sebabnya cahaya akan terperangkap pada blackholes.

Kesimpulannya gravitasi mengakibatkan waktu berjalan lebih lambat; massa menyebabkan gravitasi; massa menyebabkan waktu lebih lambat. Seberapa lambat? Jika massanya sangat besar, waktu bisa terhenti. Jika waktu berjalan lebih lambat, semuanya pun akan lebih lambat, bahkan cahaya.

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #6 pada: Juli 17, 2008, 09:38:25 PM »
ya ya ya..... moga2 aq ngerti.....

trus, bagaimana dengan kasus benda diam adalah benda tersebut bergerak tetapi dalam dimensi waktu...?? benarkah..?? ???

apakah bila pergerakan dalam dimensi waktu sampai 0 atau pergerakan dalam dimensi ruang maksimal, apakah yang terjadi dengan benda tersebut..?? lalu apa benda tersebut dapat melintasi waktu...?? ???

mohon bantuannya..... ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #7 pada: Juli 18, 2008, 02:07:00 PM »
coba baca tentang transformasi lorentz bro

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #8 pada: Juli 18, 2008, 02:10:06 PM »
OK boz...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Pergerakan dalam 4 Dimensi
« Jawab #9 pada: Juli 20, 2008, 06:36:12 PM »
ada link bagus tentang ruang-waktu dari jaman yunani sampe sekarang, silakan dibaca2 :

http://einstein.stanford.edu/SPACETIME/spacetime-index.html

Kalo baca itu, ada disebut Zeno, kemaren gw dah post sih ttg paradoks zeno. Kurang nyambung, tapi mayan buat iseng2  ;)
« Edit Terakhir: Juli 20, 2008, 06:38:36 PM oleh reborn »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
5944 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2009, 09:04:54 PM
oleh muhmus88
22 Jawaban
8847 Dilihat
Tulisan terakhir November 16, 2009, 01:45:13 PM
oleh Alan adhityo
1 Jawaban
2746 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2010, 10:24:53 AM
oleh superstring39
48 Jawaban
15863 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2011, 12:47:41 PM
oleh semut-ireng
2 Jawaban
2798 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2011, 01:08:48 AM
oleh khenstein

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia