Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

MuhammadRyan

Kemarin jam 08:49:32 AM
koveran jaringannya, mas. Indonesia musatinnya di Jawa, klo di luar jawa pke parabola smua; yg di Kalimantan ama Riau byk pke router Malaysia
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:51:44 AM
Kalo alasan kuota karena jaringan kurang kuat? Kenapa tiap akhir bulan dimana semua orang abis kuota jaringan tidak jadi lebih cepat? Sebenarnya Internet Indonesia lambat lebih karena masalah nyari duit kan?
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:49:30 AM
Tarolah setiap gajian orangindonesia beli pulsa.  Berarti ada 10 juta orang yang kuotanya bisa akses internet kecepatan full.  Berarti kekuatan jaringan sebetulnya kuat kan.  Tapi kenapa setelah kuota abis jadi lambat?
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:39:28 AM
Apaan nih ganti menkominfo internet kecepatan nya malah ancur bae gini.

Raidahafi27

Pebruari 28, 2015, 07:12:04 AM
departemen tehnik lingkungan banyak menggambar nya ga??

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:46:50 PM
 >:(

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:42:11 PM
ada yg tau gk bahan kimia /material pembuat n pembentuk plastik n bagaimana proses campurane/takaran yg pas untuk membuat plastik frame kacamata yg celluloid n thanks ya

jayanusantaraku

Pebruari 24, 2015, 08:40:36 PM
hy saya anggota baru dr kota surabaya n salam kenal n thanks udh d ijinin gabung

abdillahibnunasrullah

Pebruari 24, 2015, 07:53:17 PM
Assalamualaikum, shalom kenal semuanya, ane temennya MuhammadRyan
 

MuhammadRyan

Pebruari 23, 2015, 10:23:33 PM
YAOW, Akhirnya pulang juga dari Haifah, Israel. Ada proyek... bkan soal Mossad...

Show 50 latest

Penulis Topik: cahaya  (Dibaca 9321 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline andrista

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cahaya
« pada: Juli 22, 2008, 05:54:37 PM »
bisa gak ceh suhu matahari diukur dengan sebuah sensor?
jika bisa, dengan sensor apa?
trus bagaimana caranya?



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2008, 06:03:51 PM »
suhu matahari itu gila banget sangat panas sekali lho, mo diukur langsung gitu  :o
Inti matahari itu kalo ga salah dalam jutaan derajat.
Cara pengukuran persisnya gw juga ga tau sih, tapi yang pasti ga bisa diukur langsung.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 07:29:33 PM »
oia, mumpung lagi bahas chaya ni.

kan cahaya uda diketahi sebagai gelombang, trus kenapa dalam dunia fisika kita masi mengenal photon?

bukannya photon diartikan sebagai partikel cahaya....
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2008, 07:54:11 PM »
Justru karena cahaya bisa berperilaku jadi partikel maupun gelombang digunakan foton. Fenomena difraksi dan interferensi dapat dijelaskan kalo kita memandang cahaya adalah gelombang. Tapi fenomena efek fotolistrik hanya dapat dijelaskan ketika kita melihat cahaya sebagai partikel. Jadi, cahaya adalah partikel sekaligus gelombang.  Apa itu foton? foton adalah kuantum cahaya, partikel elementer yang memiliki sifat partikel dan gelombang (dualisme gelombang-partikel).

Balik ke pertanyaan awal, masih belum tau persis gmn para ilmuwan berhasil mengukur suhu matahari. Tapi mungkin yang diukur itu besar radiasinya kali ya. Tapi bagaimana bisa sampe memperkirakan temperatur di inti matahari ya ???

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2008, 08:22:56 PM »
ouuu, i c..

oia, maslah panas inti matahari, mungkin para ilmuwan mengukur dengan jalan membandingkan radiasi mathari(termasuk panasnya), jarak ke bumi, serta kekuatan pancaran cahayanya.

kan panas bisa diukur dari gelonmbang cahaya yang dipancarkan benda

bukannya teknik ini sudah pernah digunakan para ilmuwan untuk mengukur jarak bintang dari bumi dan panas bintang tersebut.



Vinchemz

  • Pengunjung
Re: cahaya
« Jawab #5 pada: Juli 28, 2008, 04:45:07 PM »
Caranya adalah menghitung radiasi yang dihasilkan..

Wah, harus baca2 lagi..

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kecepatan cahaya

Dimulai oleh dewa ruci « 1 2 3 4 5 » Fisika

60 Jawaban
28510 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2011, 03:30:29 PM
oleh mhyworld
12 Jawaban
9176 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2009, 07:00:39 AM
oleh superstring39
0 Jawaban
2361 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 02:09:03 PM
oleh kirei_caf
3 Jawaban
4059 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 20, 2009, 06:43:55 AM
oleh superstring39
11 Jawaban
13349 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2011, 01:02:43 PM
oleh 12

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia