Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: cahaya  (Dibaca 8459 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline andrista

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cahaya
« pada: Juli 22, 2008, 05:54:37 PM »
bisa gak ceh suhu matahari diukur dengan sebuah sensor?
jika bisa, dengan sensor apa?
trus bagaimana caranya?



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2008, 06:03:51 PM »
suhu matahari itu gila banget sangat panas sekali lho, mo diukur langsung gitu  :o
Inti matahari itu kalo ga salah dalam jutaan derajat.
Cara pengukuran persisnya gw juga ga tau sih, tapi yang pasti ga bisa diukur langsung.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 07:29:33 PM »
oia, mumpung lagi bahas chaya ni.

kan cahaya uda diketahi sebagai gelombang, trus kenapa dalam dunia fisika kita masi mengenal photon?

bukannya photon diartikan sebagai partikel cahaya....
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: cahaya
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2008, 07:54:11 PM »
Justru karena cahaya bisa berperilaku jadi partikel maupun gelombang digunakan foton. Fenomena difraksi dan interferensi dapat dijelaskan kalo kita memandang cahaya adalah gelombang. Tapi fenomena efek fotolistrik hanya dapat dijelaskan ketika kita melihat cahaya sebagai partikel. Jadi, cahaya adalah partikel sekaligus gelombang.  Apa itu foton? foton adalah kuantum cahaya, partikel elementer yang memiliki sifat partikel dan gelombang (dualisme gelombang-partikel).

Balik ke pertanyaan awal, masih belum tau persis gmn para ilmuwan berhasil mengukur suhu matahari. Tapi mungkin yang diukur itu besar radiasinya kali ya. Tapi bagaimana bisa sampe memperkirakan temperatur di inti matahari ya ???

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: cahaya
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2008, 08:22:56 PM »
ouuu, i c..

oia, maslah panas inti matahari, mungkin para ilmuwan mengukur dengan jalan membandingkan radiasi mathari(termasuk panasnya), jarak ke bumi, serta kekuatan pancaran cahayanya.

kan panas bisa diukur dari gelonmbang cahaya yang dipancarkan benda

bukannya teknik ini sudah pernah digunakan para ilmuwan untuk mengukur jarak bintang dari bumi dan panas bintang tersebut.



Vinchemz

  • Pengunjung
Re: cahaya
« Jawab #5 pada: Juli 28, 2008, 04:45:07 PM »
Caranya adalah menghitung radiasi yang dihasilkan..

Wah, harus baca2 lagi..

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kecepatan cahaya

Dimulai oleh dewa ruci « 1 2 3 4 5 » Fisika

60 Jawaban
25757 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2011, 03:30:29 PM
oleh mhyworld
12 Jawaban
8591 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2009, 07:00:39 AM
oleh superstring39
0 Jawaban
2274 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 02:09:03 PM
oleh kirei_caf
3 Jawaban
3806 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 20, 2009, 06:43:55 AM
oleh superstring39
11 Jawaban
11949 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 27, 2011, 01:02:43 PM
oleh 12

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia