Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Nursaadah

Kemarin jam 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

Kemarin jam 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?

Show 50 latest

Penulis Topik: cara mengukur intensitas cahaya  (Dibaca 21038 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sekarwangi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
cara mengukur intensitas cahaya
« pada: Pebruari 26, 2009, 10:56:12 AM »
Assalammu'alaikum
salam kenal
cep mau tanya, ada yang tahu gimana cara ngukur intensitas cahaya?
trus ada yang tau gimana rumus nya?
plizzz, buat tugas akhir ini, trims sebelumnya



Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: cara mengukur intensitas cahaya
« Jawab #1 pada: Pebruari 26, 2009, 11:18:37 AM »
cep mau tanya, ada yang tahu gimana cara ngukur intensitas cahaya?

Pake Lux Meter...
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: cara mengukur intensitas cahaya
« Jawab #2 pada: Pebruari 26, 2009, 09:19:32 PM »
sekedar cara ngukur?
atau mau bikin alat ukur?

kalo cuma ngukur, idem superstring39 , pake lux meter, beres
kalo mau bikin, mesti pindah ke topik teknik elektro nih (ada fisika nya sih di sensor nya)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: cara mengukur intensitas cahaya
« Jawab #3 pada: Maret 14, 2009, 03:15:05 PM »
hmm...
numpang nanya dong...
ada yang tau darimana asal satuan desibel dan pH?

maksutnya itu kan dapetnya dari fungsi "log",terus yang aq bingung tu gimana bisa log (x watt/m2) = desibel
dan
-log (x mol/liter) = pH???

yang wajar tu kan
Newton x meter = Nm
kilogram/meter^3 = kg/m3
nrt ln(v2/v1) (yang didalem fungsi ln, satuannya kan ilang...)
untuk kasus yang diatas???
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline tricbs

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: cara mengukur intensitas cahaya
« Jawab #4 pada: April 19, 2009, 12:27:42 PM »
bang gimana caranya ngukur besaran pokok jumlah zat ?

Offline Ansufw

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 16
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Tersenyumlah, karena mungkin besok kau tiada...
    • Lihat Profil
Re: cara mengukur intensitas cahaya
« Jawab #5 pada: September 30, 2009, 08:51:51 PM »
Asslm..
Mau nanya juga nih.
kalau mau bikin alat ukur untuk mengukur intensitas cahaya gimana ya?
ada link refrensi yang bisa membantu saya untuk membuat alat ukurnya?
Trimakasih banyak...
:)
Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat bagi yang lain...

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: cara mengukur intensitas cahaya
« Jawab #6 pada: Oktober 01, 2009, 04:47:38 AM »
hmm...
numpang nanya dong...
ada yang tau darimana asal satuan desibel dan pH?

maksutnya itu kan dapetnya dari fungsi "log",terus yang aq bingung tu gimana bisa log (x watt/m2) = desibel
dan
-log (x mol/liter) = pH???

yang wajar tu kan
Newton x meter = Nm
kilogram/meter^3 = kg/m3
nrt ln(v2/v1) (yang didalem fungsi ln, satuannya kan ilang...)
untuk kasus yang diatas???

desibell memang "satuan yang tak memiliki satuan" --aneh istilahnya :P
satuan intensitas (untuk cahaya atau suara) tetap watt/m^2, lalu mengapa muncul satuan baru dB (desi Bell)?
satuan itu ialah satuan relatif terhadap manusia. karena setiap telinga manusia merasakan kenaikan intensitas suara 1 kali (menjadi 2 kali) kalau intensitas sumber suara dinaikan sebanyak 10 kali.
misal intensitas sumber suara X W/m^2, terdengan manusia dengan skala Y
manusia hanya akan mendengan suara naik menjadi Y+Y jika intensitas suber suara dinaikan menjadi 10*X

dengan kata lain hubungan antara "intensitas yg didengar telinga" dengan "intensitas sumber" memiliki hubungan logaritmik
X --> 0
10*X --> 1
100*X --> 2
karena itulah dibuat satuan lain, Bell. karena "ga nyaman" dengan angka hasilnya yg kebanyakan setelah koma, maka yg populer ialah skala dalam desi-nya, deciBell.
ingat definisi satuan Bell itu kan log(I/I0), ga ada satuan sih sebenarnya


dalam kimia pun sama, itu perbandingan (relatif). alasanya kurang tahu, apakah ada efek yg memiliki sifat logaritmik atau hanya agar skalanya dapat digambar lebih mudah

(untuk alasan ke-2, terjadi di elektronika, yaitu fungsi transfer, dibuat skala log hanya agar bisa di-plot secara lebih nyaman dalam 1 grafik)



Asslm..
Mau nanya juga nih.
kalau mau bikin alat ukur untuk mengukur intensitas cahaya gimana ya?
ada link refrensi yang bisa membantu saya untuk membuat alat ukurnya?
Trimakasih banyak...
:)
salah satunya bisa pake photoresistor, umumnya dirangkai di jembatan wheatstone, lalu dimasukan ke amplifier
kalo yg dipake di lux meter ga tau apa
« Edit Terakhir: Oktober 01, 2009, 04:52:41 AM oleh ksatriabajuhitam »

Offline Ansufw

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 16
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Tersenyumlah, karena mungkin besok kau tiada...
    • Lihat Profil
Re: cara mengukur intensitas cahaya
« Jawab #7 pada: Oktober 11, 2009, 05:28:53 PM »
oyi thaks...
btw trus klu udah jadi, cara mengkalibrasinya gimana? ???

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2244 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 02:09:03 PM
oleh kirei_caf
0 Jawaban
1611 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2011, 07:14:51 PM
oleh adzka_ndeka
0 Jawaban
1281 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2011, 09:39:50 AM
oleh cupu
2 Jawaban
1803 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2012, 02:27:23 PM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
750 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 28, 2012, 09:13:23 PM
oleh Dondody

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia