Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

qwertypo

Hari Ini jam 09:45:43 AM
Gan, ane lagi nyari buku Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D Cooper author nya Sahat Pakpahan

SplitzBurned

Kemarin jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

Show 50 latest

Penulis Topik: Definisi satu meter dalam fisika  (Dibaca 12375 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
    • Lihat Profil
Definisi satu meter dalam fisika
« pada: Agustus 13, 2011, 12:13:30 PM »
hehehe  ;D
ini sebenernya pertanyaan saya sejak SMP kelas 1,tapi waktu itu saat saya nanya guru fisika saya ndak mampu menjawabnya....
jadilah sebuah misteri yang belum terjawab....

Pada awalnya satu meter didefinisikan sebagai panjang yang sama dengan sepersepuluh juta (1/10 000 000) jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis.

Kemudian, para ahli fisika membuat batang paduan logam platina dan iridium. Pada batang ini dibuat dua goresan yang jaraknya satu meter. Batang platina iridium ini kemudian ditetapkan sebagai satu meter standar. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measures (Lembaga Internasional tentang Berat dan Pengukuran) yang berlokasi di Sevres, dekat kota Paris. Batang ini disimpan dalam ruang yang bersuhu 0 derajat celcius dan dilakukan kontrol yang ketat terhadap perubahan lingkungan.

Setelah laju cahaya dalam ruang hampa dapat diukur dengan sangat teliti, maka satuan panjang standar dinyatakan dalam laju cahaya. Laju cahaya dalam ruang hampa adalah 299 792 458 m/s. Pada Konferensi Umum tentang Berat dan Pengukuran ke-17 tahun 1983 ditetapkan:
Satu meter sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa udara selama 1/299 792 458 sekon.

Yang Jadi Pertanyaan:
1.Sebelum standarisasi tahun 1983,kan para ahli menentukan 1 meter= 1/10 000 000 jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis. Bagaimana para ahli menentukan hal tersebut? bagaimana para ahli menentukan ukuran bumi? bukankah sebelum ada kesepakatan standarisasi tsb belum ada standar baku satuan panjang? apakah pada masa itu sudah ditemukan satelit yang memetakan permukaan bumi(hahaha ngaco  ::)  ;D ) ?

2.Apakah standar sebelumnya dan standar setelah tahun 1983 berbeda jauh atau tidak?

Terimakasih byk sebelumnya  :D
saya masih penasaran soalnya... jadi nostalgia jaman SMP...wkwkwkwkwk  ;D


hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Definisi satu meter dalam fisika
« Jawab #1 pada: Agustus 13, 2011, 03:37:22 PM »
jadi kepikiran juga, iya ya, seberapa beda standard "1 meter" untuk tiap standard yang digunakan...

1.Sebelum standarisasi tahun 1983,kan para ahli menentukan 1 meter= 1/10 000 000 jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis. Bagaimana para ahli menentukan hal tersebut? bagaimana para ahli menentukan ukuran bumi? bukankah sebelum ada kesepakatan standarisasi tsb belum ada standar baku satuan panjang? apakah pada masa itu sudah ditemukan satelit yang memetakan permukaan bumi(hahaha ngaco  ::)  ;D ) ?

kalo kata ini http://www.sizes.com/units/meter.htm sih, mereka ga bener2 ngukur dari kutub utara ke khatulistiwa, tapi dihitung dari data-data jarak beberapa tempat (ada peta-nya di website itu), mereka memprediksi kira2 berapa jarak kutub utara ke khatulistiwa; tentu saja mereka menggunakan "satuan ngasal" dulu, kemudian seberapa 'satuan ngasal' / ten-millionth dijadikan standard untuk 1 meter.

2.Apakah standar sebelumnya dan standar setelah tahun 1983 berbeda jauh atau tidak?

masih kata sizes.com juga, "1 meter standard sekarang" ialah 1/5 millimeter lebih pendek dari "1 meter standard jarak kutub-khatulistiwa".
dibanding dengan "1 meter standard yang lain", ga dapet info nya. mungkin yang lain tau...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
16193 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 13, 2014, 03:41:08 PM
oleh shikaru12
1 Jawaban
3170 Dilihat
Tulisan terakhir September 23, 2009, 08:56:24 AM
oleh heru.htl
43 Jawaban
10033 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2009, 11:31:11 AM
oleh si anak gajah
1 Jawaban
1454 Dilihat
Tulisan terakhir November 06, 2011, 06:37:34 PM
oleh mhyworld
0 Jawaban
565 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2013, 09:31:39 AM
oleh mchgforum

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia