Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:18 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:17 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

Show 50 latest

Penulis Topik: Definisi satu meter dalam fisika  (Dibaca 14274 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
    • Lihat Profil
Definisi satu meter dalam fisika
« pada: Agustus 13, 2011, 12:13:30 PM »
hehehe  ;D
ini sebenernya pertanyaan saya sejak SMP kelas 1,tapi waktu itu saat saya nanya guru fisika saya ndak mampu menjawabnya....
jadilah sebuah misteri yang belum terjawab....

Pada awalnya satu meter didefinisikan sebagai panjang yang sama dengan sepersepuluh juta (1/10 000 000) jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis.

Kemudian, para ahli fisika membuat batang paduan logam platina dan iridium. Pada batang ini dibuat dua goresan yang jaraknya satu meter. Batang platina iridium ini kemudian ditetapkan sebagai satu meter standar. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measures (Lembaga Internasional tentang Berat dan Pengukuran) yang berlokasi di Sevres, dekat kota Paris. Batang ini disimpan dalam ruang yang bersuhu 0 derajat celcius dan dilakukan kontrol yang ketat terhadap perubahan lingkungan.

Setelah laju cahaya dalam ruang hampa dapat diukur dengan sangat teliti, maka satuan panjang standar dinyatakan dalam laju cahaya. Laju cahaya dalam ruang hampa adalah 299 792 458 m/s. Pada Konferensi Umum tentang Berat dan Pengukuran ke-17 tahun 1983 ditetapkan:
Satu meter sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa udara selama 1/299 792 458 sekon.

Yang Jadi Pertanyaan:
1.Sebelum standarisasi tahun 1983,kan para ahli menentukan 1 meter= 1/10 000 000 jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis. Bagaimana para ahli menentukan hal tersebut? bagaimana para ahli menentukan ukuran bumi? bukankah sebelum ada kesepakatan standarisasi tsb belum ada standar baku satuan panjang? apakah pada masa itu sudah ditemukan satelit yang memetakan permukaan bumi(hahaha ngaco  ::)  ;D ) ?

2.Apakah standar sebelumnya dan standar setelah tahun 1983 berbeda jauh atau tidak?

Terimakasih byk sebelumnya  :D
saya masih penasaran soalnya... jadi nostalgia jaman SMP...wkwkwkwkwk  ;D


hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Definisi satu meter dalam fisika
« Jawab #1 pada: Agustus 13, 2011, 03:37:22 PM »
jadi kepikiran juga, iya ya, seberapa beda standard "1 meter" untuk tiap standard yang digunakan...

1.Sebelum standarisasi tahun 1983,kan para ahli menentukan 1 meter= 1/10 000 000 jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis. Bagaimana para ahli menentukan hal tersebut? bagaimana para ahli menentukan ukuran bumi? bukankah sebelum ada kesepakatan standarisasi tsb belum ada standar baku satuan panjang? apakah pada masa itu sudah ditemukan satelit yang memetakan permukaan bumi(hahaha ngaco  ::)  ;D ) ?

kalo kata ini http://www.sizes.com/units/meter.htm sih, mereka ga bener2 ngukur dari kutub utara ke khatulistiwa, tapi dihitung dari data-data jarak beberapa tempat (ada peta-nya di website itu), mereka memprediksi kira2 berapa jarak kutub utara ke khatulistiwa; tentu saja mereka menggunakan "satuan ngasal" dulu, kemudian seberapa 'satuan ngasal' / ten-millionth dijadikan standard untuk 1 meter.

2.Apakah standar sebelumnya dan standar setelah tahun 1983 berbeda jauh atau tidak?

masih kata sizes.com juga, "1 meter standard sekarang" ialah 1/5 millimeter lebih pendek dari "1 meter standard jarak kutub-khatulistiwa".
dibanding dengan "1 meter standard yang lain", ga dapet info nya. mungkin yang lain tau...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
18655 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 13, 2014, 03:41:08 PM
oleh shikaru12
1 Jawaban
3424 Dilihat
Tulisan terakhir September 23, 2009, 08:56:24 AM
oleh heru.htl
43 Jawaban
12506 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2009, 11:31:11 AM
oleh si anak gajah
1 Jawaban
1891 Dilihat
Tulisan terakhir November 06, 2011, 06:37:34 PM
oleh mhyworld
0 Jawaban
860 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2013, 09:31:39 AM
oleh mchgforum

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia