Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: Einstein Masih benar  (Dibaca 11919 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Einstein Masih benar
« pada: Maret 18, 2012, 12:19:09 PM »
http://sains.kompas.com/read/2012/03/17/18480014/Einstein.Benar.Tak.Ada.yang.Lebih.Cepat.dari.Cahaya
Ternyata ada kesalahan dalam pengukuran dalam eksperimen OPERA yg dulu mengklaim bahwa neutrino bergerak lebih cepat dari cahaya. Inilah ilmuwan sejati, berani mengakui kesalahan.


No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline Eistensi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #1 pada: Maret 18, 2012, 07:25:46 PM »
Thank's gay atas dukungannya
"thank you"

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #2 pada: Maret 19, 2012, 11:16:36 AM »
kalau boleh tau, neutrino itu apa?
i adore your intelligence

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 734
  • IQ: 32
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #3 pada: Maret 19, 2012, 02:45:29 PM »
Memang jika ada kecepatan melebihi cahaya, sepertinya semua buku fisika harus dikoreksi dan ditulis ulang..Ada perubahan fundamental dalam mekanika kuantum dan tentunya pemahaman fisika kita selama ini secara keseluruhan..

Tidak penting apakah Einstein benar atau salah..Dia juga manusia yang bisa salah..Yang penting adalah science itu sendiri..Just wait n see..
DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 458
  • IQ: 212
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #4 pada: Maret 19, 2012, 03:17:16 PM »
kalau partikel bergerak melebihi kecepatan cahaya maka massa partikel itu menjadi imaginer, tapi sayangnya neutrino terbukti tidak lebih cepat daripada cahaya... oh mesin waktu, tampaknya dirimu masih jauh dari penciptaan hehehe :D hebat ya Einstein, dulu teori Newton dipatahkan sekarang masih blom ada yg matahin teorinya ini.
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 610
  • IQ: 193
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #5 pada: Maret 19, 2012, 04:26:36 PM »
yang pertama kali bilang kecepatan cahaya kecepatan paling tertinggi itu James Maxwell, bukan Einstein. :(
BTW,
kalo massa dari suatu partikel menjadi imaginer cuma karena melebihi kecepatan cahaya, apa lantas partikel itu pasti pindah ke masa lalu atau masa depan ? siapa tahu malah musnah tanpa bekas, lantas bagaimana membuat kendaraan dan manusia jadi tanpa massa ???
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 610
  • IQ: 193
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #6 pada: Maret 19, 2012, 04:30:42 PM »
lalu bagaimana dengan hukum kekekalan energi? kalo memang ada partikel bisa musnah atau berpindah dimensi waktu.... apa nga kontradiktif nantinya?

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #7 pada: Maret 20, 2012, 12:47:05 PM »
kalau boleh tau, neutrino itu apa?
setau saya neutrino itu salah satu partikel elementer yg sangat ringan, tidak bermuatan. Tapi bukan neutron. beda

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #8 pada: Maret 20, 2012, 12:48:33 PM »
logikanya begini, kalau kita mau bergerak dg kecepatan cahaya kita harus menambah kecepatan dari diam menuju ke kecepaatan cahaya. masalahnya, penambahan energi gerak tidak sebanding dg pertambahan kecepatan. kita menambah energi dorong, ka...takanlah kecepatan bertambah menjadi 80% kecepatan cahaya, tambah lagi jadi jd 99%c, tambah lagi kecepatan jd 99.999%, tambah lg jd 99.99999999999% kec.cahaya, dan semakin banyak kita tambah energi, kecepatan hanya mendekati kec.cahaya, tapi tdk pernah mencapai batas itu, disitulah masalahnya.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #9 pada: Maret 20, 2012, 12:51:11 PM »
yang pertama kali bilang kecepatan cahaya kecepatan paling tertinggi itu James Maxwell, bukan Einstein. :(
BTW,
kalo massa dari suatu partikel menjadi imaginer cuma karena melebihi kecepatan cahaya, apa lantas partikel itu pasti pindah ke masa lalu atau masa depan ? siapa tahu malah musnah tanpa bekas, lantas bagaimana membuat kendaraan dan manusia jadi tanpa massa ???
justru karena imajiner itu, dikatakan tidak mungkin. coba, bagaimana "arti" massa imajiner itu? bil. imajiner cuma alat bantu, dlm kenyataan tdk pernah kita temui kuantitas fisis nilainya imajiner

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1363
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #10 pada: Maret 20, 2012, 02:35:55 PM »
yang pertama kali bilang kecepatan cahaya kecepatan paling tertinggi itu James Maxwell, bukan Einstein. :(
BTW,
kalo massa dari suatu partikel menjadi imaginer cuma karena melebihi kecepatan cahaya, apa lantas partikel itu pasti pindah ke masa lalu atau masa depan ? siapa tahu malah musnah tanpa bekas, lantas bagaimana membuat kendaraan dan manusia jadi tanpa massa ???

Maxwell hanya mengatakan bahwa kecepatan gelombang elektromanetik (termasuk cahaya) ialah c.
Menurut Einstein kecepatan partikel tidak bisa melampaui c. Foton kecepatannya selalu sama dengan c.
Dari rumus m=m_o/Akar(1-v^2/c^2) , maka ada partikel yang masa diamnya imaginer , massanya real dan akan bergerak dengan kecepatan selalu  lebih besar dari cahaya.
Partikel ini dinamakan tachyon. Namun secara eksperimental partikel ini belum terdeteksi.

http://en.wikipedia.org/wiki/Tachyon
« Edit Terakhir: Maret 20, 2012, 02:37:50 PM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #11 pada: Maret 21, 2012, 08:51:32 AM »
setau saya neutrino itu salah satu partikel elementer yg sangat ringan, tidak bermuatan. Tapi bukan neutron. beda
lalu neutrino sendiri bentuknya seperti apa? apa seperti partikel mikroskopik? dimana kita bisa menemukan neutrino?
dan apakah neutrino sudah dikembangkan oleh para scientist?

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #12 pada: Maret 21, 2012, 03:19:33 PM »
lalu neutrino sendiri bentuknya seperti apa? apa seperti partikel mikroskopik? dimana kita bisa menemukan neutrino?
dan apakah neutrino sudah dikembangkan oleh para scientist?

neutrino itu partikel yg sangat ringan, kalau ditanya dimana, bisa dibilang ada dimana mana. Tiap hari kita "mandi" neutrino. Neutrino sendiri banyak dihasilkan dari matahari. Tapi kita terpapar neutrino itu bukan hanya siang hari, malam hari pun juga, karena neutrino itu bisa menembus bumi. Dia ini lebih hebat dari sinar x, kalau sinar X palin2 hanya menembus benda beberapa meter, sedang neutrino, tidak bisa dihentikan oleh apapun. segalanya "transparan" buat partikel ini. Neutrin itu partikel yg sulit berinteraksi dg partikel lain, jadi efeknya buat tubuh kita tidak ada. Penelitian tentang neutrino sendiri sudah banyak. kalau kegunaannya sendiri setahu saya belum ada.
Begitu.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1508
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #13 pada: Maret 21, 2012, 05:57:03 PM »
neutrino itu partikel yg sangat ringan, kalau ditanya dimana, bisa dibilang ada dimana mana. Tiap hari kita "mandi" neutrino. Neutrino sendiri banyak dihasilkan dari matahari. Tapi kita terpapar neutrino itu bukan hanya siang hari, malam hari pun juga, karena neutrino itu bisa menembus bumi. Dia ini lebih hebat dari sinar x, kalau sinar X palin2 hanya menembus benda beberapa meter, sedang neutrino, tidak bisa dihentikan oleh apapun. segalanya "transparan" buat partikel ini. Neutrin itu partikel yg sulit berinteraksi dg partikel lain, jadi efeknya buat tubuh kita tidak ada. Penelitian tentang neutrino sendiri sudah banyak. kalau kegunaannya sendiri setahu saya belum ada.
Begitu.

Lho? Berarti Neutrino nggak bisa dipantulkan oleh apapun dong?   :o
Terus bisa berhenti nggak?  :-\
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 610
  • IQ: 193
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #14 pada: Maret 21, 2012, 08:58:17 PM »
saya rasa neutrino mampu disedot oleh Black Hole. kan sudah terbukti nga lebih cepat daripada cahaya.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
22 Jawaban
10440 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2009, 03:57:43 AM
oleh Mat Dillom
EinSteiN LoGiC

Dimulai oleh h4ry « 1 2 3 » Olah Otak

31 Jawaban
11483 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2009, 07:05:23 PM
oleh rafy
1 Jawaban
2169 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2009, 04:37:20 PM
oleh syx
10 Jawaban
7438 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 31, 2010, 02:11:21 PM
oleh Huriah M Putra
0 Jawaban
6179 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2012, 07:48:09 PM
oleh danzJr

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia