Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Ariie

Kemarin jam 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

Show 50 latest

Penulis Topik: Einstein Masih benar  (Dibaca 7220 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 337
  • IQ: 189
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #15 pada: Maret 21, 2012, 09:23:05 PM »
setau saya neutrino itu salah satu partikel elementer yg sangat ringan, tidak bermuatan. Tapi bukan neutron. beda


pas cari-cari di internet, ternyata penjelasan lengkap tentang neutrino sudah ada di ForSa

Artikel

Forum

saya rasa neutrino mampu disedot oleh Black Hole. kan sudah terbukti nga lebih cepat daripada cahaya.


bahkan cahaya sendiri bisa kok terpengaruh oleh grafitasi padahal dia lebih cepat daripada neutrino. bagaimanapun juga, cahaya masih termasuk partikel bermassa... ::)
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline Eistensi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #16 pada: Maret 28, 2012, 02:16:24 PM »
Mnurut sya chya tdak trmsuk prtkel brmssa, nmun ia trmsuk sjenis glmbang. Nmun ia bisa trsedot lubang hitam krena jaraknya trlalu dekat dengan lubang htam. Nmun objek yg memdejati tersebut bisa lolos melalui perilaku "terowongan kuantum".

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #17 pada: Maret 29, 2012, 05:06:51 PM »
Mnurut sya chya tdak trmsuk prtkel brmssa, nmun ia trmsuk sjenis glmbang. Nmun ia bisa trsedot lubang hitam krena jaraknya trlalu dekat dengan lubang htam. Nmun objek yg memdejati tersebut bisa lolos melalui perilaku "terowongan kuantum".
Cahaya itu bisa dianggap gelombang maupun partikel. Kenapa bisa dianggap partikel karena dia punya momentum, cari aja di google efek compton. Partikel cahaya namanya foton. Foton tidak bermassa, tapi punya momentum, mungkin kedengaran aneh, tapi baik secara teori atau eksperimen memang begitu kenyataannya. Cahaya tidak bisa lolos dari lubang hitam karena gravitasi lubang hitam melengkungkan ruang-waktu sedemikian rupa sehingga waktu yg dibutuhkan cahaya utk kabur tidak terhingga, dg kata lain cahaya terjebak didalam selama lamanya.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #18 pada: Maret 30, 2012, 11:39:20 AM »
Cahaya itu bisa dianggap gelombang maupun partikel. Kenapa bisa dianggap partikel karena dia punya momentum, cari aja di google efek compton. Partikel cahaya namanya foton. Foton tidak bermassa, tapi punya momentum,
ng? setahu saya momentum sendiri hasil bagi massa dengan kecepatan..
i adore your intelligence

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 337
  • IQ: 189
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #19 pada: Maret 30, 2012, 02:06:43 PM »
Mnurut sya chya tdak trmsuk prtkel brmssa, nmun ia trmsuk sjenis glmbang. Nmun ia bisa trsedot lubang hitam krena jaraknya trlalu dekat dengan lubang htam. Nmun objek yg memdejati tersebut bisa lolos melalui perilaku "terowongan kuantum".

hmm... jadi cahaya tidak punya massa ? tampaknya gua missuderstood soal itu karena foton punya energi.

E = hf

di mana h adalah konstanta Planck dan f adalah frekuensi dari foton. Dan energi itu ekuivalen dengan massa berdasarkan E = mc²

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 162
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #20 pada: Maret 30, 2012, 02:34:00 PM »
berdasarkan apa yang saya baca di sini kesimpulannya ada dualisme dalam pengkategorian cahaya sehubungan dengan ciri-cirinya. cahaya itu punya karakter seperti gelombang tapi bertindak layaknya partikel.
jadi sepertinya foton itu special, jadi punya dual-degree ;D
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #21 pada: Maret 30, 2012, 07:33:07 PM »
ng? setahu saya momentum sendiri hasil bagi massa dengan kecepatan..
mungkin maksudnya hasil kali?
once we have eternity, everything else can wait

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #22 pada: April 01, 2012, 09:24:52 AM »
Yg saya maksud massa diam, cahaya tdk punya massa diam. Yg E=mc^2 itu kan massa diam (?). Begini lho:
E^2=p^2c^2+m^2_0c^4
Dari percobaan Compton didapat E=pc, berarti m_0=0

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #23 pada: April 06, 2012, 07:16:27 AM »
mungkin maksudnya hasil kali?
oia maaf salah ingat.
Yg saya maksud massa diam, cahaya tdk punya massa diam.
ng? apa itu massa diam?

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #24 pada: April 06, 2012, 07:59:45 AM »
massa benda berubah jika bergerak. Kalau suatu benda diam terhadap kita, massa yg terukur itu massa diamnya.


Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #25 pada: April 06, 2012, 08:03:32 AM »
dalam kasus cahaya, momentum bukan lagi perkalian massa dg kecepatan setahu saya. Tapi jadi semacam besaran yg agak sulit didefinisikan, meski bisa diukur

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #26 pada: April 06, 2012, 02:07:12 PM »
dalam kasus cahaya, momentum bukan lagi perkalian massa dg kecepatan setahu saya. Tapi jadi semacam besaran yg agak sulit didefinisikan, meski bisa diukur

Dalam teori relativitas mementum dan energi merupakan komponen dari vektor-4  (p_x,p_y,p_z, E/c) seperti juga ruang dan waktu (x,y,z,ct).

http://en.wikipedia.org/wiki/Four-momentum
« Edit Terakhir: April 06, 2012, 02:09:43 PM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline lustforscience

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • I will and I can!
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #27 pada: Mei 13, 2012, 07:26:35 PM »
Saya masih belum tahu caha bermassa atau tidak, tapi tentang blackhole menarik cahaya ya itu sudah pasti. Gravitasi memengaruhi gerak cahay jadi bisa ditarik dan dibengkokan. Bayangkan cahaya seperti kereta super cepat, dan ruangwaktu adalah relnya. Jika kita belokan relnya secara spontan pun kereta ikut belok. dan gravitasi adalah lengkungan ruangwaktu, sementara tentang black hole. Bayangkan saja Kereta masuk ke jurang

Offline lustforscience

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • I will and I can!
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #28 pada: Mei 13, 2012, 07:33:13 PM »
tentang tak ada yang lebih cepat dari kecepatan cahaya, hmm mungkin. Soalnya Massa benda akan bertambah jika bergerak, jadi sangat tidak memungkinkan untuk sesuatu bergerak lebih dari kecepatan cahaya. Tapi bagaimana tentang quantum entanglement? hubungan suatu elektron dalam atom dengan elektron lainnya yang memerlukan 0 gerakan jadi semacam teleportasi ya.

Offline deni agprianta

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Einstein Masih benar
« Jawab #29 pada: Juni 17, 2012, 10:10:46 AM »
neutrino itu partikel yg sangat ringan, kalau ditanya dimana, bisa dibilang ada dimana mana. Tiap hari kita "mandi" neutrino. Neutrino sendiri banyak dihasilkan dari matahari. Tapi kita terpapar neutrino itu bukan hanya siang hari, malam hari pun juga, karena neutrino itu bisa menembus bumi. Dia ini lebih hebat dari sinar x, kalau sinar X palin2 hanya menembus benda beberapa meter, sedang neutrino, tidak bisa dihentikan oleh apapun. segalanya "transparan" buat partikel ini. Neutrin itu partikel yg sulit berinteraksi dg partikel lain, jadi efeknya buat tubuh kita tidak ada. Penelitian tentang neutrino sendiri sudah banyak. kalau kegunaannya sendiri setahu saya belum ada.
Begitu.


kakak, jika neutrino ada dimana mana,, saya ingin bertanya "adakah bukti yg jelas bahwa neutrino itu dapat menembus bumi dan tidak bisa dihentikan oleh apapun?? thaks   

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
22 Jawaban
7735 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2009, 03:57:43 AM
oleh Mat Dillom
EinSteiN LoGiC

Dimulai oleh h4ry « 1 2 3 » Olah Otak

31 Jawaban
8099 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2009, 07:05:23 PM
oleh rafy
1 Jawaban
1463 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2009, 04:37:20 PM
oleh syx
10 Jawaban
6074 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 31, 2010, 02:11:21 PM
oleh Huriah M Putra
0 Jawaban
5067 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2012, 07:48:09 PM
oleh danzJr

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia