Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

visitpare

Kemarin jam 12:13:15 AM
dah malam.. maaf ya frenn ;) ;) ;) ;D ;D ;D ;D

visitpare

Kemarin jam 12:12:45 AM
mana nihh.. kok seooouupiii ya..  >:( >:(

visitpare

Kemarin jam 12:11:57 AM
 >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:(

visitpare

Kemarin jam 12:11:34 AM
 ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

visitpare

Kemarin jam 12:11:02 AM
 :D :D :D :D :D :D

visitpare

Kemarin jam 12:10:44 AM
......zzz.....

visitpare

Kemarin jam 12:10:16 AM
Bagi yang tau info cpns tlg shout ke sini.. makasih banyak

visitpare

Kemarin jam 12:09:14 AM
Ada info tentang CPNS 2014 gak ya? mohon infonya.

visitpare

Kemarin jam 12:05:59 AM
Selamat atas kemenangan Pak Jokowi di Pilpres 2014
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

Show 50 latest

Penulis Topik: gaya coulomb = gaya grafitasi  (Dibaca 9112 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
    • Lihat Profil
gaya coulomb = gaya grafitasi
« pada: Mei 15, 2009, 12:57:16 PM »
apakah gaya coulomb itu gaya grafitasi ya? abis rumusnya hampir samakan ato mang sama
klo gaya grafitasi = gaya coulomb berarti yg diitung itungan listrik itu gaya grafitasi ya

bedanya apa siiiiih?



Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: gaya coulomb = gaya grafitasi
« Jawab #1 pada: Mei 15, 2009, 01:05:06 PM »
gaya coulomb intinya hubungan gaya antar dua titik bermedan listrik...muatan disimbolkan sebagai q1 dan q2 dan jarak disimbolkan sebagai r....rumusnya F=(k.qi.q2)/r^2, dengan k adalah konstanta bernilai 9 x 109 N m2 C–2 ato kadang bisa diganti juga dengan k=1/(4.pi.ε0)... sedangkan ε0 adalah permitivitas ruang hampa yang besarnya 8,85 x 10–12 C2 N–1 m–2... itu tadi buat dua titik muatan...kalo banyak,bisa pake vektor..
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: gaya coulomb = gaya grafitasi
« Jawab #2 pada: Mei 15, 2009, 01:25:41 PM »
kalo dibilang gaya coulomb itu sama dengan gaya gravitasi ya enggak tepat. tapi kalo dibilang analogi satu sama lain bisa. memang dilihat dari rumusnya mirip bener cuma ada bedanya, kalo rumus gaya gravitasi ada tanda negatifnya, artinya gayanya selalu tarik menarik, kalo gaya coulomb enggak ada karena ada dua jenis muatan negatif dan positif, jika perkalian kedua jenis muatan yang berinteraksi sama dengan negatif maka akan tarik menarik namun jika hasil kalinya positif maka akan tolak menolak. gitu 8)
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: gaya coulomb = gaya grafitasi
« Jawab #3 pada: Mei 15, 2009, 09:02:35 PM »
Rumusnya sih sama, tapi tinjauannya berbeda, gaya elektrostatis itu ninjau muatan, gaya gravitasi ninjau massa,
jadi misal di kimia ada simbol
^1_1 P itu berarti proton muatan(listrik)nya 1 massanya juga 1(sma ato satuan massa atom) CMIIW

^^{-1}_0 e itu elektron ga punya massa(1/1000nya proton jadi bisa diabaikan) tapi muatanya -1

^0_1 N netron ga punya muatan tapi massanya ampir sama ama proton
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: gaya coulomb = gaya grafitasi
« Jawab #4 pada: Mei 16, 2009, 08:32:09 AM »
inverse square law force...

gaya gravitasi dan gaya listrik termasuk gaya fundamental,
gaya fundamental (saat ini) : grafitasi, elektromagnetik, nuklir lemah, nuklir kuat




source: http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/forces/funfor.html

dulu gaya listrik dan gaya magnet masih terpisah, kemudian disatukan oleh maxwell
penyatuan interaksi gaya lemah dan elektromagnetik telah dilakukan oleh  Abdus Salam, Sheldon Glashow, dan Steven Weinberg (mereka dianugrahi Nobel Prize in Physics 1979)

nah kalo gaya gravitasi dan gaya listrik? sampai saat ini masih berbeda

cari: grand unified theory
 >:D

not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
    • Lihat Profil
Re: gaya coulomb = gaya grafitasi
« Jawab #5 pada: Mei 16, 2009, 11:25:03 AM »
oh jadi bedanya muatan ya

tapi ada yg masi bingung nih grafitasi itu ada karena ada perputaran gak sih, soalnya klo baca dibuku einstein ktanya gaya ini ada karena pergerakan, klo bumi ya rotasi, trus apa hubungannya rotasi ma kelengkungan ruang ya, apa hubnya sama pemuaian panjang. abis ada dua pendekatan yg beda sih yg atu pendekatan geometri yg bilang grafitasi karena kelengkungan raung, yg atu pendekatan kuantum yg bilang klo grafitasi dibawa oleh partikel berspin 2 grafiton. klo grafitasi dibawa oleh grafiton, berarti dibawa  sama partikel bermutan, muatan ma gaya bedanya apa, mungkin gak klo gaya dibawa ma muatan dan mutan dibawa ma spin, spin = perputaran, berarti gaya harus ada karena pergerakan. berarti gaya coulomb = gaya grafitasi gitu aja kok repot.

bener gak sih mohon penjelasan????

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: gaya coulomb = gaya grafitasi
« Jawab #6 pada: Mei 17, 2009, 07:47:36 AM »
oh jadi bedanya muatan ya

tapi ada yg masi bingung nih grafitasi itu ada karena ada perputaran gak sih,
...
sampai sekarang masih misteri, teori kelengkungan ruang sulit dibuktikan, sedangkan hipotesis graviton sulit dideteksi

...
klo grafitasi dibawa oleh grafiton, berarti dibawa  sama partikel bermutan, muatan ma gaya bedanya apa,
...
graviton dihipotesiskan tidak bermuatan listrik,
belum ada eksperimen yang memastikannya, bahkan keberadaannya

...
mungkin gak klo gaya dibawa ma muatan dan mutan dibawa ma spin, spin = perputaran,
...
menarik, sampai saat ini setau ku partikel bermuatan listrik "selalu" punya spin
betulkah? coba ada yang mau ngcheck tabel partikel elementer? untuk memastikan

sejauh ini saya melihat korelasi muatan dan spin sebagai sesuatu yang lepas: muatan ya muatan, spin ya spin (ga tau apakah ada korelasinya)
kalo muatan dan medan magnet memang ada karena spin, kalo partikel bermuatan tetapi tidak memiliki spin, maka magneton nya akan nol, μB = eL/2me

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: gaya coulomb = gaya grafitasi
« Jawab #7 pada: Mei 31, 2009, 09:56:27 PM »
tuh gravitasi blom ada jawabannya darimana asalnya yah??

hmm......
gua lagi mau nyari persamaan gravitasi nih, wkwkwkwk
mogah2an ketemu dah, jadinya andaikan ketemu gua mau buat gravitasi buatan di ISS, huehehe
(kayaknya terlalu mustahil yah apalagi gua masih smp, hahaha)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
4194 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2008, 03:45:20 PM
oleh Vinchemz
1 Jawaban
2858 Dilihat
Tulisan terakhir April 01, 2009, 10:22:06 AM
oleh ricky_fusion
1 Jawaban
1972 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2009, 05:19:08 PM
oleh HyawehHoshikawa
6 Jawaban
2915 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2009, 04:31:49 PM
oleh Karno Giyantono
5 Jawaban
3795 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2012, 06:48:56 PM
oleh gtx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia