Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Gelombang Kejut  (Dibaca 2608 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kuncungs

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Gelombang Kejut
« pada: Januari 19, 2012, 10:24:14 AM »
Kenapa suara bisa meledak kayak bom? Apa sih yg menyebabkan gelombang suara bisa menggetarkan, bahkan menghancurkan sesuatu?
Apa2 saja yg bisa menghasilkan gelombang kejut?



Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #1 pada: Januari 19, 2012, 02:31:51 PM »
suara itu kan pada dasarnya getaran udara yg merambat. getaran ini berupa perubahan tekanan udara, makin tinggi amplitudonya, yaitu selisih perbedaan tekanannya, maka makin besar juga dayanya.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 979
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Lihat Profil
    • Read! write! Revolt!
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #2 pada: Januari 22, 2012, 01:20:21 AM »
sepakat ama bung anton. gelombang suara bisa merambat karna ada beda tekanan udara. Semuanya masih memakai hukum konservasi energi, dengan perubahan bentuk energi dan perbandingan lurus antara gaya dan tekanan. dan gelombang kejut terjadi ketika ada rambat gelombang yg menghasilkan beda tekanan yg besar (pd medium udara), yg menghasilkan gaya yg besar pula.
« Edit Terakhir: Januari 22, 2012, 01:41:16 AM oleh skuler »
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline kuncungs

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #3 pada: Januari 22, 2012, 04:30:48 AM »
Dalam contoh sehari-hari misalnya kayak apa?

Offline sheriid

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #4 pada: Januari 22, 2012, 05:50:46 AM »
Dalam kehidupan sehari-hari gelombang kejut bisa terjadi seperti saat awal bom meledak dan saat pesawat supersonik bergerak melewati kecepatan suara. Untuk amplitudo yang kecil kalau tidak salah ada alat kedokteran untuk menghancurkan batu empedu.
Saya sendiri ingin tahu apa sudah ada alat yang bisa menghasilkan gelombang kejut secara kontinyu terus menerus dengan amplitudo seperti ledakan pesawat supersonik. Mungkin rekan-rekan ada yang tahu?
 

Offline sheriid

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #5 pada: Januari 22, 2012, 06:08:02 AM »
Dalam kehidupan sehari-hari gelombang kejut bisa terjadi seperti saat awal bom meledak dan saat pesawat supersonik bergerak melewati kecepatan suara. Untuk amplitudo yang kecil kalau tidak salah ada alat kedokteran untuk menghancurkan batu empedu.
Saya sendiri ingin tahu apa sudah ada alat yang bisa menghasilkan gelombang kejut secara kontinyu terus menerus dengan amplitudo seperti ledakan pesawat supersonik. Mungkin rekan-rekan ada yang tahu?
 

Offline kuncungs

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #6 pada: Januari 22, 2012, 09:31:44 PM »
Yup, salah satu contohnya gw cuma tau yg pesawat supersonik itu. Tapi yg lain2 belum bisa membayangkan sehari2. Thx atas penjelasannya btw ;)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #7 pada: Januari 22, 2012, 11:08:12 PM »
Apa sih yg menyebabkan gelombang suara bisa menggetarkan, bahkan menghancurkan sesuatu?

gelombang suara bisa menggetarkan, bahkan menghancurkan sesuatu jika terjadi resonansi, dan barangnya sendiri bersifat brittle/getas, misalnya kaca. Gelombang suara dapat menghancurkan gelas kaca meskipun bukan berupa gelombang kejut. Bahkan suara manusia pun bisa memecahkan gelas kaca, seperti tertulis pada link di bawah.
http://www.meyersound.com/news/2005/myth_glass/
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
8942 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 10:04:17 AM
oleh ahmad m.s
gelombang radio

Dimulai oleh alf Fisika

4 Jawaban
6458 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2010, 04:53:54 PM
oleh alf
2 Jawaban
2327 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2010, 04:31:13 PM
oleh Prasetya Hutomo
1 Jawaban
2918 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2011, 12:15:24 PM
oleh etanol
14 Jawaban
4820 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2012, 08:16:24 AM
oleh Muhammad Taufiqi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia