Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Online Shop Sepatu

Agustus 28, 2015, 11:30:15 PM

aji saka

Agustus 28, 2015, 05:19:10 PM
Perkenal kan nama saya ajisaka tggl di bogor

ViviSeptri

Agustus 25, 2015, 05:53:54 AM
1. Mengapa terjadi penyerapan dan pelepasan elektron, yang akan masuk ke sistem transport elektron
2. mengapa pada aliran elektron tidak ada produksi NADPH dan tidak ada pelepasan oksigen?
3. Energi apa yang digunakan dalamfotosintesis
4. warna gelombang cahaya manakah yang penting dalam fotosint

jetkoplo

Agustus 24, 2015, 12:35:06 AM
Bagi yang interest ke sains coba deh ikutan Science Project Awards, siapa tau menang.
Lengkapnya klik aja www.starfm3uns.wordpress.com/science-project-awards/

 ;)

khariesma07

Agustus 21, 2015, 01:47:40 AM
KAMI JUAL OBAT ABORSI | *** | *** | *** | *** MISOPROSTOL | GASTRUL


INFO ORDER PEMESANAN VIA SMS / BBM KE :
Call me : 082243840567 - PIN BB : 29b8b770
Website : www.pelancarhaid1-6.blogspot.com


*** *** ( misoprostol pfizer)

fathoni

Agustus 20, 2015, 10:37:32 PM
salam kenal,
kebetulan saya ada kesulitan dengan soal fisika, kalau mau tanya gimana caranya ya??

fiand20

Agustus 06, 2015, 10:15:07 AM
Salam kenal yah semua,, :D ;)

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: Gelombang Kejut  (Dibaca 3253 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kuncungs

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Gelombang Kejut
« pada: Januari 19, 2012, 10:24:14 AM »
Kenapa suara bisa meledak kayak bom? Apa sih yg menyebabkan gelombang suara bisa menggetarkan, bahkan menghancurkan sesuatu?
Apa2 saja yg bisa menghasilkan gelombang kejut?



Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #1 pada: Januari 19, 2012, 02:31:51 PM »
suara itu kan pada dasarnya getaran udara yg merambat. getaran ini berupa perubahan tekanan udara, makin tinggi amplitudonya, yaitu selisih perbedaan tekanannya, maka makin besar juga dayanya.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 979
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Lihat Profil
    • Read! write! Revolt!
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #2 pada: Januari 22, 2012, 01:20:21 AM »
sepakat ama bung anton. gelombang suara bisa merambat karna ada beda tekanan udara. Semuanya masih memakai hukum konservasi energi, dengan perubahan bentuk energi dan perbandingan lurus antara gaya dan tekanan. dan gelombang kejut terjadi ketika ada rambat gelombang yg menghasilkan beda tekanan yg besar (pd medium udara), yg menghasilkan gaya yg besar pula.
« Edit Terakhir: Januari 22, 2012, 01:41:16 AM oleh skuler »
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline kuncungs

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #3 pada: Januari 22, 2012, 04:30:48 AM »
Dalam contoh sehari-hari misalnya kayak apa?

Offline sheriid

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #4 pada: Januari 22, 2012, 05:50:46 AM »
Dalam kehidupan sehari-hari gelombang kejut bisa terjadi seperti saat awal bom meledak dan saat pesawat supersonik bergerak melewati kecepatan suara. Untuk amplitudo yang kecil kalau tidak salah ada alat kedokteran untuk menghancurkan batu empedu.
Saya sendiri ingin tahu apa sudah ada alat yang bisa menghasilkan gelombang kejut secara kontinyu terus menerus dengan amplitudo seperti ledakan pesawat supersonik. Mungkin rekan-rekan ada yang tahu?
 

Offline sheriid

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #5 pada: Januari 22, 2012, 06:08:02 AM »
Dalam kehidupan sehari-hari gelombang kejut bisa terjadi seperti saat awal bom meledak dan saat pesawat supersonik bergerak melewati kecepatan suara. Untuk amplitudo yang kecil kalau tidak salah ada alat kedokteran untuk menghancurkan batu empedu.
Saya sendiri ingin tahu apa sudah ada alat yang bisa menghasilkan gelombang kejut secara kontinyu terus menerus dengan amplitudo seperti ledakan pesawat supersonik. Mungkin rekan-rekan ada yang tahu?
 

Offline kuncungs

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #6 pada: Januari 22, 2012, 09:31:44 PM »
Yup, salah satu contohnya gw cuma tau yg pesawat supersonik itu. Tapi yg lain2 belum bisa membayangkan sehari2. Thx atas penjelasannya btw ;)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Gelombang Kejut
« Jawab #7 pada: Januari 22, 2012, 11:08:12 PM »
Apa sih yg menyebabkan gelombang suara bisa menggetarkan, bahkan menghancurkan sesuatu?

gelombang suara bisa menggetarkan, bahkan menghancurkan sesuatu jika terjadi resonansi, dan barangnya sendiri bersifat brittle/getas, misalnya kaca. Gelombang suara dapat menghancurkan gelas kaca meskipun bukan berupa gelombang kejut. Bahkan suara manusia pun bisa memecahkan gelas kaca, seperti tertulis pada link di bawah.
http://www.meyersound.com/news/2005/myth_glass/
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
9277 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 10:04:17 AM
oleh ahmad m.s
gelombang radio

Dimulai oleh alf Fisika

4 Jawaban
6822 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2010, 04:53:54 PM
oleh alf
2 Jawaban
2636 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2010, 04:31:13 PM
oleh Prasetya Hutomo
1 Jawaban
3251 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2011, 12:15:24 PM
oleh etanol
14 Jawaban
6005 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2012, 08:16:24 AM
oleh Muhammad Taufiqi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia