Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Kemarin jam 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Gravitasi adalah gelombang....  (Dibaca 4796 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sirius_A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Gravitasi adalah gelombang....
« pada: Pebruari 19, 2012, 07:48:23 AM »
Dualisme gelombang/partikel:

1. Dari satu sisi, radiasi elektromagnetik adalah gelombang yaitu gabungan antara medan listrik dan medan magnet yang bergabung membentuk gelombang elektromagnetik.
Dari sudut pandang lain, radiasi elektromagnetik adalah partikel, berupa paket2 yang disebut foton.

2. Dari satu sisi, Gravitasi  adalah partikel, berupa paket2 yang disebut graviton. ada juga yang menyatakan bahwa gravitasi adalah  reaksi antara partike2(Newton).

dari sudut pandang saya (maaf kalo salah), gravitasi adalah gelombang , yaitu gabungan antara "medan" ruang dan "medan" waktu yang  bergabung membentuk gelombang ruangwaktu.

jika dianalogikan :

partikel bermuatan meyebabkan adanya medan listrik.
partikel bermuatan yang bergerak meyebabkan adanya medan magnet
partikel bermuatan yang bergerak dipercepat/diperlambat meyebabkan adanya gelombang listrikmagnet(medan listrik/magnet menyatu tidak terpisah) atau disebut gelombang elektromagnetik.

analoginya:

partikel bermassa meyebabkan adanya ruang
partikel bermassa yang bergerak meyebabkan adanya waktu
partikel bermassa yang bergerak dipercepat/diperlambat meyebabkan adanya gelombang ruangwaktu(ruang/waktu meyatu tidak terpisah) atau saya sebut "gelombang gravitasi "

seandainya graviton sudah bisa diidentifikasi, maka sudah bisa dipastikan bahwa gravitasi adalah gelombang (dualisme gelombang partikel).

saya sangat awam masalah fisikia karenanya mohon masukannya...

1. apakah gravitasi bisa dikatakan sebagai gelombang berdasarkan pendekatan diatas?
2. jika gravitasi adalah gelombang...
pada gelombang elektomagnetik mempunyai spectrum yang lebar, indera kita hanya dapat merasakan/melihat pada pita spektrum cahaya tampak. apakah hal ini bisa dianalogikan dengan spectrum gelombang ruang waktu, dimana indera kita hanya dapat merasakan pita spectrum ruang waktu tertentu saja?






Offline al

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #1 pada: Pebruari 19, 2012, 04:00:27 PM »
mohon maaf jika ada kesalahan ..sekedar sharing
meliaht dari analogi tersebut..maka saya mencoba untuk melihat sebab dari
peristiwa tersebut ...partikel bermuatan memang memiliki medan listrik tpi hal tersebut hanya merupakan potensi terjadinya listrik  dan jika tak ada beda potensial ( dalam hal ini terdapat dua partikel )  mka listrik tak akan pernah terjadi..
kemudian yang kedua partikel bermassa menyebabkan adanya ruang dan jika bergerak menyebabkan adanya waktu ..namun perlu kita ketahui bahwa partikel tersebut bergerak karena adanya gaya luar....apakh benda yang diam terhadap  bumi dapat dikatakan tidak ada gaya grafitasi yang bekerja ..?? tentunya tidak kan ..??
mohon koreksi jika terdapat kesalahan ..
salam kenal dari saya :) pemikiran anda luar biasa... :) ;)

Offline sirius_A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #2 pada: Pebruari 19, 2012, 06:32:30 PM »
mohon maaf jika ada kesalahan ..sekedar sharing
meliaht dari analogi tersebut..maka saya mencoba untuk melihat sebab dari
peristiwa tersebut ...partikel bermuatan memang memiliki medan listrik tpi hal tersebut hanya merupakan potensi terjadinya listrik  dan jika tak ada beda potensial ( dalam hal ini terdapat dua partikel )  mka listrik tak akan pernah terjadi..
kemudian yang kedua partikel bermassa menyebabkan adanya ruang dan jika bergerak menyebabkan adanya waktu ..namun perlu kita ketahui bahwa partikel tersebut bergerak karena adanya gaya luar....apakh benda yang diam terhadap  bumi dapat dikatakan tidak ada gaya grafitasi yang bekerja ..?? tentunya tidak kan ..??
mohon koreksi jika terdapat kesalahan ..
salam kenal dari saya :) pemikiran anda luar biasa... :) ;)


salam kenal juga bro al. :)

saya melihat dari sudut pandang mikro. suatu benda yang diam disusun oleh kumpulan atom yang didalamnya ada elektron yang bergerak. bahkan jika lebih jauh lagi dengan  teori string mengatakan bahwa materi disusun oleh string/senar yang bergetar. jadi dari sudut pandang mikroskopik, tidak ada partikel bermassa yang benar2 diam. CMIIW..



Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #3 pada: Pebruari 21, 2012, 08:39:30 AM »
Mungkinkah gravitasi sebetulnya hanya menarik atom ferum atau carbon? Sehingga tubuh manusia atau kayu diam ditempatnya? Karena 1 atom oksigen atau hidrogen tidak tertarik oleh gravitasi, justru terlontarkan.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline al

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #4 pada: Pebruari 25, 2012, 09:14:13 PM »
jika yang ditinjau dlam hal ini adalah mikro ....mhon penjelasan yang lebih spesifik mengenai teori string tadi dan hubungan keterkaitan sifat atom terhadap materi....jika yang menjadi pengukur adalah mata maka konsep teori klasik dapat diterima tp entah mengapa saya rasa ada sedikit perbedaan jika materi yang kita tinjau dlam konsep molekuler

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #5 pada: Maret 03, 2012, 11:29:46 AM »
gravitasi bisa menjadi gelombang. Bayangkan saja matahari tiba tiba mendekati bumi, tentu bumi tidak segera merasakan perubahan medan gravitasi matahari, karena itu berarti melampaui kecepatan cahaya. ini tidak mungkin. berarti perubahan medan gravitasi itu menjalar dalam ruang. ini tidak lain adalah gelombang.
Mungkinkah gravitasi sebetulnya hanya menarik atom ferum atau carbon? Sehingga tubuh manusia atau kayu diam ditempatnya? Karena 1 atom oksigen atau hidrogen tidak tertarik oleh gravitasi, justru terlontarkan.
ah nggak juga, buktinya kaca (SiO2) terpengaruh gravitasi, padahal tdk mengandung besi atau karbon.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline sirius_A

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #6 pada: Maret 13, 2012, 11:51:38 AM »
jika yang ditinjau dlam hal ini adalah mikro ....mhon penjelasan yang lebih spesifik mengenai teori string tadi dan hubungan keterkaitan sifat atom terhadap materi....jika yang menjadi pengukur adalah mata maka konsep teori klasik dapat diterima tp entah mengapa saya rasa ada sedikit perbedaan jika materi yang kita tinjau dlam konsep molekuler

gravitasi tidak bisa sy jelaskani dg teori string, karena tidak terlalu mengerti tentang teori string ini yg cukup rumit. tapi akan sy jelaskan konsep gravitasi dari sudut pandang mikro sesuai dengan pemahamann sy.

Bayangkan suatu ruang kosong/vacum yg hanya diisi oleh partikel2 virtual/maya. ruang vacum ini dari sudut pandang geometri ruangwaktu adalah flat/datar. jika ruang dalam vacum tersebut kita kuantisasi hingga menyerupai benang, maka benang itu akan tampak lurus.
Bayangkan jika salah satu partikel virtual dalam ruang kosong tersebut, tiba2 berubah menjadi partikel nyata bermassa m yang berbentuk bola.
kehadiran partikel m ini meyebabkan ruang disekitar partikel m tersebut terlipat/distorsi. ruang yang lebih dekat dg partikel terlipat lebih dalam. semakin jauh dari partikel m, maka ruang terlipat lebih renggang, semakin jauh semakin renggang yg akhirnya ruang sisanya flat. jika ruang ini dikuantisasi maka akan terlihat seperti benang,  ujung benang yg dekat partikel m tampak berkerut.

perubahan dari ruang yg flat/datar menjadi ruang yang terlipat adalah suatu gerakan/rambatan. jadi ada gerakan/rambatan ruang dari lurus menjadi terlipat. jadi kehadiran partikel bermassa meyebabkan ruang disekitar partikel tersebut bergerak/merambat.
gerakan ini bisa diartikan bahwa ruang bergerak relatif terhadap partikel m.

gerakan ruang relatif terhadap partikel m, dari susut pandang yg berbeda, jika ruang dianggap diam, maka bisa juga dikatakan bahwa partikel m bergerak relatif terhadap ruang . kita ketahui bahwa jika buah apel di ruang angkasa(ruang datar) kita lempar  maka apel tersebut cenderung terus menerus bergerak. tentu saja hal ini berlaku juga buat partikel m tersebut. sekali dia bergerak maka dia akan cenderung bergerak terus menerus (continue). gerakan continue ini meyebabkan partikel m ini "seakan akan" mengembang terus menerus.  kita tahu bahwa hal ini tentu saja tidak terjadi karena yang terjadi sebenarnya adalah ruang yang merambat secara terus menerus ke arah pusat partikel m.

"energy" penyebab gravitasi ini bisa dianalogikan dengan energy yg diberikan pada buah apel tersebut diatas. hanya sekali diberikan energy, kemudian menghasilkan "fenomena" yang terus menerus terjadi.
jika sebuah benda jatuh bebas dari atas gedung , sebenarnya benda tersebut tidak ditarik oleh gravitasi. yg terjadi sebenarnya adalah benda tersebut diam relatif terhadap ruangwaktu datar, kemudian rambatan gelombang ruangwaktu (gravitasi bumi) meyebabkan jarak antara benda dg bumi semakin dekat. jika rambatan ruangwaktu dianggap diam maka bisa dikatakan bahwa bumi yg bergerak (dg percepatan g) mendekati benda tersebut.

seperti dikatakan diatas bahwa ruang disekitar partikel m tersebut terlipat/distorsi. ruang yang lebih dekat dg partikel terlipat lebih dalam. semakin jauh dari partikel m, maka ruang terlipat lebih renggang, semakin jauh semakin renggang yg akhirnya ruang sisanya flat. jarak antara permukan partikel m dengan ruang flat ini disebut jari2 gravitasi pertikel m.
misalnya partikel bermassa m itu kita sebut proton, maka jari2 gravitasi proton  adalah r. jika suatu saat proton tersebut bertemu neutron maka menghasilkan partikel yg kita sebut nukleus(inti atom) yg mempunyai jari2 gravitasi yg lebih besar.  jika nukleus ini bertemu elektron tercipta atom hindrogen dg jari2 gravitasi yg lebih besar lagi. demikian seterusnya, yg akhirnya membentuk  benda massive seperti bumi dengan jari2 gravitasi yg jauh lebih besar.

jadi eksistensi partikel bermassa meyebabkan adanya distorsi ruang. eksistensi pertikel bermassa yg bergerak (relatif terhadap ruang) meyebabkan adanya distorsi waktu. superposisi distorsi ruang dan distorsi waktu menghasilkan gelombang ruangwaktu atau disebut gelombang gravitasi.

gelombang gravitasi ini tidak merambat "didalam" ruang, karena gelombang ini dibentuk oleh ruang itu sendiri. gelombang gravitasi ini "membentuk" ruangwaktu yg merambat. gelombang gravitasi ini merambat ke arah pusat gravitasi denga percepatan g.

























Offline Logan

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 7
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #7 pada: April 02, 2012, 01:32:41 PM »
Analogi yang bagus. Kalau saya masih penasaran dengan hubungan antara medan magnet dengan medan gravitasi.

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #8 pada: April 07, 2012, 07:57:06 AM »
kalau gak salah graviton adalah prediksi dari teori string namun keberadaannya sulit dibuktikan. belakangan ini ahli fisika mengaitkan gravitasi sebagai gaya entropi, kehadiran massa menciptakan temperatur vakum disekitarnya, sedangkan peristiwa menempelnya benda-benda bermasa dilihat sebagai proses terjadinya penurunan entropi
percepatan gravitasi atau g menurut teori ini disebabkan oleh temperatur vakum, sesuai dengan Fulling–Davies–Unruh effect

#12

Offline lustforscience

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • I will and I can!
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #9 pada: Mei 13, 2012, 07:17:02 PM »
hahahaha saya paling suka kalau tentang gravitasi. Tapi sayang ilmu saya baru setetes, menurut saya, saya setuju dengan om einstein. Bahwa gravitasi adalah lengkungan ruang waktu. ya jadi saya setuju tentang medan ruangwaktu

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #10 pada: Juni 23, 2012, 04:55:29 PM »
Kutip
medan magnet dengan medan gravitasi
hm, bukannya dua hal diatas beda ya?

oia, btw klo medan gravitasi itu ko sy baru dengar y, ad yg bisa bantu jelasin?
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #11 pada: Juni 23, 2012, 06:10:59 PM »
Betul memang dikenal adanya gelombang gravitasi, namun berbeda dengan gelombang elektromagnetik yang bisa berada dalam daerah cahaya tampak sehingga terlihat oleh manusia, gelombang gravitasi tidak bisa dilihat.
HouwLiong

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #12 pada: Juni 23, 2012, 06:29:12 PM »
@ Pak THL
iya betul pak, saya baru tahu ternyata ada y,
setelah searching sekilas di internet menarik juga ternyata,
terima kasih atas jawabannya

Offline rachma noer feiytrie ana

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #13 pada: Juni 24, 2012, 08:28:41 PM »
gravitasi itu adalah gaya tarik menarik.
 1. kalau dulu sih pas jaman purba, gravitasi sering dianggap unsur magis. benda-benda yang dapat dipegang jatuh kebawah sedangkan benda seperti asap keatas. (maklum lah manusia purba msh oon)

 2. terus berkembang lg kalau gravitasi itu menyebabkan bumi ini menjadi pusat alam semesta (alias geosentris), yang ini banyak sumbernya, cari aja di buku-buku tentang sejarah geosentris atau lewat internet.

 3. setelah geosentris, muncul apa gitu (aku lupa). kalau gak salah heliosentris, yang bilang kalau matahari sbg pusat alam semesta.

 4. lalu berkembang teori gravitasi sebagai gaya dan percepatan.

 5. akhirnya enstein lwt teorinya, mengungkapkan kalau gravitasi itu lekukan ruang & waktu akibat massa & percepatan.

 6. kalau sekarang berkembang lg kalau gaya gravitasi ternyata jg dipengaruhi oleh partikel-partikel elementer graviton

 7. nanti dimasa depan nggak tau ada kemajuan apa lg tentang teori gravitasi.

Offline Muhammad Taufiqi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 137
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Stressful guy...
    • Lihat Profil
Re:Gravitasi adalah gelombang....
« Jawab #14 pada: Juni 26, 2012, 08:16:24 AM »
Analogi yang bagus. Kalau saya masih penasaran dengan hubungan antara medan magnet dengan medan gravitasi.


Ada teori yang menggabungkan medan elektromagnetik dan medan grafitasi, disebut teori dimensi ekstra. Kebetulan senior saya Thesisnya ini, hehe. Coba didownload digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-12508-Paper.pdf
Theoritical Physics


See The World in Different Ways

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
8935 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2009, 10:04:17 AM
oleh ahmad m.s
4 Jawaban
5030 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2009, 09:36:47 AM
oleh muhmus88
gelombang radio

Dimulai oleh alf Fisika

4 Jawaban
6435 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2010, 04:53:54 PM
oleh alf
1 Jawaban
2906 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2011, 12:15:24 PM
oleh etanol
7 Jawaban
2597 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2012, 11:08:12 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia