Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: Help(Masalah Arus AC DC)  (Dibaca 1579 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline AhmadAA

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Help(Masalah Arus AC DC)
« pada: Maret 08, 2012, 07:44:38 PM »
Ane newbie di forum ini.
ane mau nanya gan. misal gini. ane bikin suatu rangkaian AC dilengkapi dengan catu daya + Amperemeter dan Voltmeter. misal pada Voltmeter menunjukan angka 4,3volt apakah jika ane ganti jadi rangkaian DC, Voltmeter akan menunjukan angka lain atau tetap 4,3?. kalau misalnya berubah angkanya apakah ada perbandingan tetap yg menghubungkan nilai V AC dan V DC
Tolong bantu ya gan ^-^ soalya ane disuruh bikin grafik hubungan beda potensial AC dan DC dengan arus yang sama.



Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Help(Masalah Arus AC DC)
« Jawab #1 pada: Maret 08, 2012, 09:39:58 PM »
yg ditunjukkan di voltemeter utk tegangan AC itu RMSnya, klo ngga salah seper akar dua dari harga puncaknya. tegangan RMS ini yg pada dasarnya yg dipakai di rangkaian (kalau rangkaiannya resistif), maaf kalau salah.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Help(Masalah Arus AC DC)
« Jawab #2 pada: Maret 08, 2012, 11:53:46 PM »
tegangan efektif dari sumber AC dinyatakan sebagai nilai tegangan DC yang diperlukan untuk menghasilkan daya yang sama jika dihubungkan pada sebuah beban resistif, biasanya berupa electric heater.
Sesuai rumus P=I.V=V^2/R, maka tegangan efektif dari sumber AC dihitung sebagai root mean square dari tegangan sumber selama satu periode osilasi, yaitu dengan mengkuadratkan fungsi gelombang tegangannya, kemudian menghitung nilai rata-ratanya (dari fungsi yang telah dikuadratkan tsb) dalam satu periode, baru hasilnya diakar kuadratkan. The name comes from the fact that it is the square root of the mean of the squares of the values. It is a special case of the generalized mean with the exponent p = 2.
Khusus untuk tegangan AC berbentuk sinusoidal seperti yang dihasilkan oleh genset, termasuk dari PLN, maka tegangan efektifnya adalah akar setengah dari tegangan puncaknya. Untuk bentuk gelombang yg lain bisa dibaca di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Effective_value#RMS_of_common_waveforms
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kapasitor ga ngebaca arus DC?

Dimulai oleh Schrodinger Fisika

3 Jawaban
10898 Dilihat
Tulisan terakhir September 21, 2008, 09:44:01 AM
oleh ksatriabajuhitam
3 Jawaban
6439 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2009, 10:59:21 AM
oleh cartiman
8 Jawaban
5495 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2013, 08:42:35 AM
oleh ningrat
3 Jawaban
2378 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2012, 10:46:24 AM
oleh Anton_Soepriyanto
3 Jawaban
1943 Dilihat
Tulisan terakhir April 14, 2013, 11:38:04 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia