Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Help(Masalah Arus AC DC)  (Dibaca 1480 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline AhmadAA

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Help(Masalah Arus AC DC)
« pada: Maret 08, 2012, 07:44:38 PM »
Ane newbie di forum ini.
ane mau nanya gan. misal gini. ane bikin suatu rangkaian AC dilengkapi dengan catu daya + Amperemeter dan Voltmeter. misal pada Voltmeter menunjukan angka 4,3volt apakah jika ane ganti jadi rangkaian DC, Voltmeter akan menunjukan angka lain atau tetap 4,3?. kalau misalnya berubah angkanya apakah ada perbandingan tetap yg menghubungkan nilai V AC dan V DC
Tolong bantu ya gan ^-^ soalya ane disuruh bikin grafik hubungan beda potensial AC dan DC dengan arus yang sama.



Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Help(Masalah Arus AC DC)
« Jawab #1 pada: Maret 08, 2012, 09:39:58 PM »
yg ditunjukkan di voltemeter utk tegangan AC itu RMSnya, klo ngga salah seper akar dua dari harga puncaknya. tegangan RMS ini yg pada dasarnya yg dipakai di rangkaian (kalau rangkaiannya resistif), maaf kalau salah.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Help(Masalah Arus AC DC)
« Jawab #2 pada: Maret 08, 2012, 11:53:46 PM »
tegangan efektif dari sumber AC dinyatakan sebagai nilai tegangan DC yang diperlukan untuk menghasilkan daya yang sama jika dihubungkan pada sebuah beban resistif, biasanya berupa electric heater.
Sesuai rumus P=I.V=V^2/R, maka tegangan efektif dari sumber AC dihitung sebagai root mean square dari tegangan sumber selama satu periode osilasi, yaitu dengan mengkuadratkan fungsi gelombang tegangannya, kemudian menghitung nilai rata-ratanya (dari fungsi yang telah dikuadratkan tsb) dalam satu periode, baru hasilnya diakar kuadratkan. The name comes from the fact that it is the square root of the mean of the squares of the values. It is a special case of the generalized mean with the exponent p = 2.
Khusus untuk tegangan AC berbentuk sinusoidal seperti yang dihasilkan oleh genset, termasuk dari PLN, maka tegangan efektifnya adalah akar setengah dari tegangan puncaknya. Untuk bentuk gelombang yg lain bisa dibaca di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Effective_value#RMS_of_common_waveforms
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kapasitor ga ngebaca arus DC?

Dimulai oleh Schrodinger Fisika

3 Jawaban
10769 Dilihat
Tulisan terakhir September 21, 2008, 09:44:01 AM
oleh ksatriabajuhitam
3 Jawaban
6293 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2009, 10:59:21 AM
oleh cartiman
8 Jawaban
5283 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2013, 08:42:35 AM
oleh ningrat
3 Jawaban
2258 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2012, 10:46:24 AM
oleh Anton_Soepriyanto
3 Jawaban
1842 Dilihat
Tulisan terakhir April 14, 2013, 11:38:04 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia