Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

meizavho

Oktober 08, 2014, 05:33:22 PM
salam kenal
rivo stephano :)

aidilautomation

Oktober 08, 2014, 10:27:02 AM
salam kenal saya aidil

Show 50 latest

Penulis Topik: inti atom  (Dibaca 18695 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline M51

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 5
    • Lihat Profil
Re: inti atom
« Jawab #60 pada: Agustus 31, 2010, 01:06:01 PM »
apakah gluon ato gaya inti yg meyebabkan proton2 tadi dalam tempatnya ada hubunganya dengan jumlah kulit atom dan jumlah elektron2 yg diperbolehkan untuk mengelilingi atom?

mohon penjelasannya mas Harianto dan mas ngajak mikir (mudah2an yg ini gak dicuekin lagi)

Offline M51

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 5
    • Lihat Profil
Re: inti atom
« Jawab #61 pada: Agustus 31, 2010, 01:46:26 PM »
Lalu kenapa unsur terberat dialam Ini uranium kenapa tdk Ada atom yg memiliki jumlah proton lebih besar dari uranium?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: inti atom
« Jawab #62 pada: Agustus 31, 2010, 10:12:02 PM »
ehh?
Gak ada ya?
~ You are what you eat ~

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: inti atom
« Jawab #63 pada: Agustus 31, 2010, 10:21:50 PM »
well.., gluon itu ibarat "medan lektromagnetik (EM)" untuk interaksi kuat.. interaksi kuat berlaku dalam inti atom saja, dan partikel yg kita kenal bermain dalam aturan interaksi ini adalah proton dan netron.. misalkan proton menarik elektron karena ada interaksi EM.. hal yang analog untuk proton dan netron (sy tidak bilang proton menarik netron, karena kalau kita bicara gluon berarti framwork nya Quantum Chromodynamics -> quarks).. tp harusnya M51 udah nangkap idenya..
gluon ini mondar mandir hanya dalam rentang yg sangat dekat, orde nukleus.. bayangkan sebuah stadion, mis. bung karno, atau bahkan lebih.. ukuran stadion(lebih itu) atomnya, nah inti hanyalah seukuran kelereng di tengah stadion.. jadi praktis gluon tidak punya "hak" ngatur2 elektron..
Masalah kenapa Uranium menjadi elemen terberat di alam, mungkin ini masalah kestabilan.. memang Uranium sndri tidak stabil, shg bisa pecah jika ditumbuk netron, shg jadi bom atom.. tp kalau tidak diganggu, dia paling hanya meluruh.. Nah, kenapa unsur dengan jumlah proton dan netron lebih besar tidak ada, mungkin harus kros cek buku fisika Nuklir, atau cek tante wiki saja.. kbetulan saya dulu tidak mengkopi buku teks fisika nuklir, jadi tidak ada di koleksi saya.. cari sndiri saja ya knapa demikian, kalo udah tau tolong di share di sini.. :)
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Offline M51

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 5
    • Lihat Profil
Re: inti atom
« Jawab #64 pada: September 01, 2010, 10:27:13 AM »
yg saya dapet dari buku kuantum world mengenai masalah mengapa tidak ada atom dengan jumlah proton lebih besar dari uranium adalah karena ketika jumlah proton sangat banyak seperti pada uranium gaya interaksi kuat yg disebabkan gluon untuk mengikat proton-proton dalam inti tidak dapat mengimbangi gaya tolak yg disebabkan antar sesama proton sehingga unsur ini tidak stabil dan karena itu juga tidak ada atom yg lebih berat dari uranium. tetapi tidak dijelaskan lebih lanjut bagai mana interaksinya seberapa besar gaya-gaya ini berinteraksi dan bagaimana kemudian uranium dapat meluruh, seberapa lama dan bagaimana dengan hukum kekekalan energinya. jadi kurang puas gitu.

nanya lagi (mumpung ada orang-orang pinter yg murah hati heheheh), maaf kalo kebanyakan nanya
1. Kenapa dalam setiap inti atom harus ada proton dan neutron dalam jumlah yg kurang lebih sama? apa yg mengikat neutron dalam inti atom ya
2. Lepton itu terdiri dari quark dan anti quark ya, seingat saya lepton seperti elektron tidak terdiri dari quark, tapi gak papa lah nanti saya cari lagi. apakah quark adalah dasar dari setiap partikel, apakah foton juga terdiri dari quark (seingat saya sih tidak), bagaimana dengan partikel W+, W- dan Z0 yg massanya 80x massa proton setahu saya mereka juga tak terdiri dari quark, lalu terdiri dari apa? dan bagaimana cara kita membayangkan partikel ini?
3. Mengapa quark juga harus dibedakan berdasarkan warnanya, atas dasar apa pembagian ini?
4.Sesuai dengan persamaan dirac setiap partikel harus memiliki antinya masing-masing,misalnya elektron memiliki anti positron, karena sama massanya dan hanya berbeda muatannya saja. nah lalu bagaimana dengan neutrino dan anti neutrino, quark blue dan quark antiblue, perbedaannya dalam hal apa?
trims

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: inti atom
« Jawab #65 pada: September 07, 2010, 06:17:05 PM »
Sori baru balas M51, belakangan rada sibuk ga jelas.. oke, gini:
1. saya pikir jumlah proton dan neutron dalam inti tidak selalu sama.. misal Hidrogen, cuma sebuah proton dan elektron, dan oke2 saja.. kalo mau ditambah satu netron, jadinya deuteron, dan ini juga stabil.. berdasarkan teori QCD (quantum chromodynamics) untuk interkasi dalam nukleus/strong interaction, proton dan netron bukanlah objek yang tarik-menarik secara fundamental, tetapi quark yang dimilikinya..
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/particles/proton.html
dalam teori QCD ada juga yang namanya muatan, kita namakan colour/warna, dan medan yang memediasi interaksi quark disini adalah gluon.. mirip bagaimana elektron dan proton dipengaruhi medan mediasi yaitu medan elektromagnetik/foton.
2. bukan, lepton bukan disusun oleh quark dan antiquark.. lepton ya lepton, yg termasuk lepton adalah neutrino, tau, elektron.. untuk W dan Z, mereka berbeda dengan partikel materi pada umumnya.. ingat mereka itu medan gauge, medan pembawa gaya dalam interaksi lemah.. memang medan gauge pada umumnya massless, misal: foton, gluon.. tp W dan Z punya massa dengan skenario yang dikenal elektroweak symmetry breaking.. jadi simetri dalam Lagrangian (persamaan yg mengatur interaksi) yang mula2 massless rusak, degan konsekuensinya ada partikel Higgs.. mungkin kamu bisa coba baca hal ini di buku2 teori medan kuantum atau fisika partikel yang teknis.. sekarang partikel Higgs sedang diburu di LHC. bayangkan saja partikel ini seperti foton, tapi memiliki massa yang besar.. spin nya 1, artinya dia boson, bukan fermion yang merupakan ciri khas materi yang memenuhi aturan statisti Fermi Dirac.. beda boson dan fermion, boson bertumbukan dengan boson tidak akan ada "lentingan", karena 2 boson dapat berada dalam satu state.. kalau fermion, bisa bertumbukan, krn 2 fermion tidak boleh berada dalam satu state, larangan Pauli dan statistik Fermi-Dirac. lagipula W dan Z tidak tunduk dalam interaksi kuat bukan, jadi ga perlu deskripsi menggunakan quark.. benda yang mengandung quark berarti tunduk pada interaksi kuat, misal teori QCD..
3. Ya, warna pada quark analog dengan muatan dala Coulomb.. makanya kalau lengkap, quark itu punya muatan listrik (electric charge) tapi pecahan sehingga kombinasi quark tertentu bisa mneghasilkan proton bermuatan listrik positif dan neutron netral.. lalu ia juga punya muatan warna (color charge), yang mana baik proton dan netron akan memiliki kombinasi quark sehingga total warnanya putih.. ini juga akan terkait dengan kurungan quark/quark confinement, dimana tidak ada single quark yang berkeliaran bebas di alam ini.. quark juga punya spin dan massa, tipikal fermion sbg materi.. dengan teori seperti ini, banyak sekali kombinasi yang dapat menjelaskan tabel data partikel yang sangat banyak isinya.. kita berharap dengan teori yang sederhana (paling tidak pada prinsipnya, bukan berarti perhitungannya gampang) dapat menjelaskan kompleksitas pada klasifikasi partikel elementer..
4. ya persamaannya sama saja, ala Dirac.. untuk neutrino, sama dengan neutron, kita ga bisa bedain mana yg materi dan mana antimateri, karena muatan listriknya memang nol.. atau dalam kasus quark antiquark, muatan warnanya berlawanan tanda.. tp jika neutrino ketemu antineutrino, atau netron ktemu antinetron, ya mreka akan anihilasi..

semoga membantu...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
4284 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 31, 2008, 10:16:43 PM
oleh reborn
0 Jawaban
2390 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2009, 12:35:02 PM
oleh ibnubagus
Jam Atom

Dimulai oleh biobio Fisika

9 Jawaban
5686 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2009, 01:29:41 PM
oleh biobio
3 Jawaban
2941 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 22, 2010, 07:12:56 PM
oleh sisca, chemistry
Jenis Atom

Dimulai oleh Farabi Fisika

11 Jawaban
11145 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2010, 03:33:16 PM
oleh sisca, chemistry

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia