Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Izunme

November 26, 2014, 01:41:36 PM
Kira-kira disini apa ada banyak trit terkait free energi kah?

Bima Setiaji

November 25, 2014, 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

Show 50 latest

Penulis Topik: Kamus istilah fisika  (Dibaca 15728 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Kamus istilah fisika
« pada: Juli 29, 2010, 08:07:19 PM »
Temans  :)

Bbrp kali saya mengalami kesulitan ketika menerjemahkan artikel berbhs Inggris ke dlm bhs Indonesia. Juga ketika membaca artikel sains yg bukan bidang saya. Salah satu sebabnya krn ada banyak istilah teknis dlm bhs Indonesia yg saya tidak tahu. Kadang saya coba cek di wikipedia versi bhs Indonesia, eh ternyata ngga lengkap juga.

Nah, saya jd ada usul nih  8)  gimana kalo kita bekerja sama mengumpulkan istilah2 teknis dlm bhs Indonesia, terutama yg bukan kata serapan langsung dr bhs Inggris. Selain utk menambah pengetahuan dan membantu kita dlm membaca dan menulis artikel sains, juga bisa ikut mempopulerkan penggunaan bhs Indonesia asli (cieeeh  8)).


Usul saya, sementara kita kompilasi dg format spt di bawah ini dulu. Nanti kalau sudah banyak, bisa saja saya bikin satu tabel dan berurutan sesuai abjad.

Istilah bhs Indonesia = ...
Bhs Inggris = ...
Arti (dlm bhs Indonesia) = ...



Kalau ada teman2 yg tdk tahu istilah tertentu, juga bisa di-post di sini, biar kita bisa saling membantu  :)


Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #1 pada: Juli 29, 2010, 08:15:05 PM »
Dengar2 ada dosen ITB yg menulis buku fisika teori menggunakan istilah2 bhs Indonesia asli? Contohnya istilah chaos ternyata punya padanan kata dlm bhs Indonesia yg bukan serapan dr bhs asing (saya ngga tau apa). Barangkali teman2 yg tahu bisa berbagi di sini?  :)

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #2 pada: Oktober 15, 2010, 08:00:59 AM »
Dengar2 ada dosen ITB yg menulis buku fisika teori menggunakan istilah2 bhs Indonesia asli? Contohnya istilah chaos ternyata punya padanan kata dlm bhs Indonesia yg bukan serapan dr bhs asing (saya ngga tau apa). Barangkali teman2 yg tahu bisa berbagi di sini?  :)

chaos = galau (?)

Namun banyak ilmuwan yang merasa istilah itu kurang tepat sehingga chaos diterjemahkan khaos.

HouwLiong

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #3 pada: Maret 05, 2011, 01:18:47 AM »
error = galau

@peregrin
Mungkin yang dimaksud The Houw Liong?

Pak The, buku termodinamikanya kan banyak memakai bahasa Indonesia tuh. Beberapa malah jadi bingung sih karena gak terbiasa.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #4 pada: Maret 05, 2011, 07:04:35 AM »
error = galau

@peregrin
Mungkin yang dimaksud The Houw Liong?

Pak The, buku termodinamikanya kan banyak memakai bahasa Indonesia tuh. Beberapa malah jadi bingung sih karena gak terbiasa.

error = galat
chaos = galau

Supaya bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa sains perlu pengembangan istilah sains dalam bahasa Indonesia. Lihat pengembangan istilah bahasa Indonesia menurut pusat pengembangan bahasa Indonesia.


http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:rxLnbKZjcIgJ:pusatbahasa.depdiknas.go.id/lamanv4/sites/default/files/Pedoman_Umum%2520Pembentukan_Istilah_%28PBN%29.pdf+Pedoman+umum+pembentukan+istilah&hl=en&pid=bl&srcid=ADGEESgUSM7n9nJZr76tVCLZw-FmZYhvSbkGPdJr3ddgoBkk_Hvgzy18o86SvWimwoiyzz4n7N8C_oOmRBf2Ev_9ZdIpxOeVieLyz1S8GJyDtQItBZxCSzTZ_UPK-IjE7sOhL3VoQg2W&sig=AHIEtbT9SR9zgJf2mnf-XabWkkTVqBTUsQ&pli=1

« Edit Terakhir: Maret 05, 2011, 07:36:08 AM oleh The Houw Liong »

Offline bento

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #5 pada: Maret 08, 2011, 07:52:53 AM »
kenapa sih kita gak pake istilah bahasa inggris saja untuk hal2 seperti ini, maksud saya untuk istilah yang memang sukar dicari padanannya dalam bahasa indonesia baiknya kita pake bahasa aslinya saja, bahasa inggris maksud saya, biar kita ga bingung ketika menemukannya dalam artikel berbahasa asing.  Toh kan umunya referensi utamanya itu ada dalam bahasa asing. Untuk istilah yang memang ada translasinya yang pasti dalam bahasa Indonesia ya no problem kalau di translasikan ke bhs kita. Gimana? 

Offline Im

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 66
  • IQ: 18
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #6 pada: Maret 08, 2011, 12:54:33 PM »
mantap.....

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1076
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #7 pada: Maret 08, 2011, 01:12:59 PM »
Dengar2 ada dosen ITB yg menulis buku fisika teori menggunakan istilah2 bhs Indonesia asli? Contohnya istilah chaos ternyata punya padanan kata dlm bhs Indonesia yg bukan serapan dr bhs asing (saya ngga tau apa). Barangkali teman2 yg tahu bisa berbagi di sini?  :)

Chaos bukannya artinya "kekacauan"?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline keporkepor19

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #8 pada: April 29, 2011, 03:53:02 PM »
perbedaan galau ama galat apa gan??

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #9 pada: Agustus 30, 2011, 04:07:07 PM »
mulai nih ya...
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
ING : FORCE.
IND : gaya
Arti : pokoke semua 'kekuatan' yang punya arah karena ada percepatan trhadap 'kekuatan' tersebut,..
 :kribo:
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline ak60mlg

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #10 pada: Oktober 24, 2011, 02:02:42 PM »
Balya
Profesor :

baru buka threadnya 
ING : FORCE.
IND : gaya
Arti : pokoke semua 'kekuatan' yang punya arah karena ada percepatan trhadap 'kekuatan' tersebut,..
 
kayaknya ada kekurangan definisi nech...:
ING : FORCE.
IND : gaya
Arti : tarikan atau dorongan yang terdapat pada suatu benda, dan jika resultannya berlebih atau tidak sama dngn nol maka dapat menimbulkan percepatan.

jadi gaya bukan kekuatan kayaknya kang, kalo kekuatan kan "power" berarti daya,terus percepatan akan timbul karena ada gaya bukan karena percepatan gaya itu muncul....

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1394
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: Kamus istilah fisika
« Jawab #11 pada: Oktober 31, 2011, 09:50:45 AM »
Nambah dikit gan. Gaya bisa juga diartikan sebagai kecepatan perubahan momentum (F=dp/dt). Definisi ini yang sering dianggap lebih umum, terutama jika menerapkan teori relativitas.
once we have eternity, everything else can wait

Offline anjar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah fisika
« Jawab #12 pada: April 25, 2012, 08:05:59 PM »
Sebenernya saya juga lagi nyari ini, hehehe

Ada bukunya, terjemah indonesia dari istilah sains internasional.
Contoh:

Heat : panas, bahang, kalor
Continue : malar
Steady : tunak
Loop : simpal

dkk

Offline zecklawdark

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah fisika
« Jawab #13 pada: Mei 14, 2014, 03:45:08 PM »
ya kalau untuk memahami berbagai istilah dan rumus mungkin sulit karena itu adalah hal formal yang biasa kita lakukan di sekolah membosankan kita coba menggabungkan berbagai teori, perhitungan dan riset mungkin akan dapat dipahami dan di pelajari! ya itu amanat dari saya :D

Offline zecklawdark

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Kamus istilah fisika
« Jawab #14 pada: Mei 14, 2014, 03:48:22 PM »
Dengar2 ada dosen ITB yg menulis buku fisika teori menggunakan istilah2 bhs Indonesia asli? Contohnya istilah chaos ternyata punya padanan kata dlm bhs Indonesia yg bukan serapan dr bhs asing (saya ngga tau apa). Barangkali teman2 yg tahu bisa berbagi di sini?  :)
istilah chaos itu dalam mitologi sebelum terjadi alam semesta berarti hampa dan setelah terjadi alam semesta berarti kehancuran atau penetralisir objek dan gaia :0

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
1576 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2009, 07:41:55 PM
oleh Nabih
4 Jawaban
14191 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2009, 05:57:13 PM
oleh arramuse
13 Jawaban
17626 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2013, 01:05:34 PM
oleh dodidul
8 Jawaban
12005 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 12:55:41 AM
oleh A
4 Jawaban
2652 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2011, 10:40:19 AM
oleh obbiq

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia