Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Kemarin jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Kemarin jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Biru atau merah?  (Dibaca 6990 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Biru atau merah?
« pada: Juli 12, 2008, 01:23:34 PM »
Gw punya dua pertanyaan nih :

1. Misalkan ada dua bintang, Bintang A warnanya merah dan Bintang B yang warnanya biru.
Bintang mana yang lebih panas?

2. Trus bayangin ada lampu neon. Tau kan yang biasa ada di mal gitu ato di pertokoanlah ;D
Andaikan neon itu warnanya merah, mana yang lebih panas antara lampu neon dan Bintang A?
« Edit Terakhir: Agustus 03, 2008, 09:58:28 PM oleh reborn »



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #1 pada: Juli 15, 2008, 03:55:07 PM »
1. tergantung jaraknya pada bintang sebagai sumber panasnya, komposisi atmosfernya, dan ... apa lagi ya?
2. ini pertanyaan serius ato jayus ya?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #2 pada: Juli 15, 2008, 04:00:07 PM »
1. Andai kita cuma tau warnanya?
2. Ya seriuslah  >:(  ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #3 pada: Juli 15, 2008, 04:14:43 PM »
kalo diasumsikan semuanya sama kecuali warna... gw pikir yg biru lebih anget ketimbang yg merah. kalo mantulin sinar merah kan berarti dia ga nyerap sinar merah (ya pasti lah!). ada hubungan antara energi dan warna. makin ke merah makin panas. hobiis taneman pasti tau yg namanya plastik uv. plastik ini menyerap sinar inframerah yg panas dan meneruskan sinar uv yg lebih adem, yg dipake ama taneman. jadi jawaban gw, yg biru makin panas karena dia nyerap sinar lain selain biru. bingung ga?

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #4 pada: Juli 15, 2008, 09:07:53 PM »
mungkin dari tingkat kecerahan bintang sesuai spektrum warna tapi detailnya aku lupa...ini jg yg membuktikan adanya bukti pengembangan alam semesta (ga nyambung ya... ;D)
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #5 pada: Juli 20, 2008, 11:08:13 PM »
mungkin dari tingkat kecerahan bintang sesuai spektrum warna tapi detailnya aku lupa...ini jg yg membuktikan adanya bukti pengembangan alam semesta (ga nyambung ya... ;D)

itu red shift and blue shift, sama2 ttg spektrum sih tapi beda.

kalo diasumsikan semuanya sama kecuali warna... gw pikir yg biru lebih anget ketimbang yg merah. kalo mantulin sinar merah kan berarti dia ga nyerap sinar merah (ya pasti lah!). ada hubungan antara energi dan warna. makin ke merah makin panas. hobiis taneman pasti tau yg namanya plastik uv. plastik ini menyerap sinar inframerah yg panas dan meneruskan sinar uv yg lebih adem, yg dipake ama taneman. jadi jawaban gw, yg biru makin panas karena dia nyerap sinar lain selain biru. bingung ga?

ini dah tepat tapi kurang pas.  Planet itu ga mantulin warna lho, wong dia menghasilkan panas kok. Trus "makin ke merah makin panas" salah. Justru waktu sebuah benda padat dipanaskan pertama kali dia berubah warna jadi merah trus orange, kuning dan kemudian putih. Setelah itu semakin panas temperaturnya akhirnya menjadi warna biru ;D
Makanya ada iklan kompor si api biru  ;D

Pertanyaan kedua :

2. Trus bayangin ada lampu neon. Tau kan yang biasa ada di mal gitu ato di pertokoanlah Geram
Andaikan neon itu warnanya merah, mana yang lebih panas antara lampu neon dan Planet A?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #6 pada: Juli 21, 2008, 01:17:13 PM »
Planet itu ga mantulin warna lho, wong dia menghasilkan panas kok. Trus "makin ke merah makin panas" salah. Justru waktu sebuah benda padat dipanaskan pertama kali dia berubah warna jadi merah trus orange, kuning dan kemudian putih. Setelah itu semakin panas temperaturnya akhirnya menjadi warna biru ;D
Makanya ada iklan kompor si api biru  ;D
kita ngeliat warna planet karena hasil pantulan sinar bintang terdekat kan? sama kasusnya kita melihat benda di sekitar kita karena ada spektrum yang dipantulkan dan diterima mata kita. di sini kasusnya beda dengan sumber cahayanya. jadi kalo jawabannya gitu berarti pertanyaan mustinya bintang merah dan bintang biru. kalo di sini tentu aja bintang biru yang lebih panas, dan bintang putih yg terpanas.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #7 pada: Juli 21, 2008, 03:21:36 PM »
Klo pada matahari yg paling panas yg warna apa,kan dimatahari jg ada beberapa warna tuh... ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #8 pada: Juli 21, 2008, 05:15:08 PM »
putih-biru... contohnya rigel (12000 C), bintang paling terang dari rasi orion.

« Edit Terakhir: Juli 21, 2008, 05:17:36 PM oleh syx »

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Biru atau merah?
« Jawab #9 pada: Juli 28, 2008, 04:50:41 PM »
Warna itu berhubungan dengan panas..
Kalau besi dipanaskan warnanya akan terus berubah, dari merh, biru, hingga putih..
Ini berhubungan dengan panjang gelombang (lambda) dan energi..

Kalo planet aku gak tau, tapi balo ada bintang merah dan bintang biru, pasti lebih panas bintang biru..

Kalo matahari itu warnanya agak kekuning-kuningan,lama2 ntar bakal jadi merah.

Offline tricbs

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #10 pada: Agustus 03, 2008, 09:29:36 PM »
Warna planet kemungkinan besar tidak berhubungan dengan suhu, mungkin itu bintang. Bintang warna biru lebih panas dari pada warna merah. Kalau cahaya lain lagi, Warna merah lebih panas dari warna biru. Itu menurut saya lho !

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #11 pada: Agustus 03, 2008, 09:57:32 PM »
ah, baru sadar gw kenapa jadi aneh, planet seharusnya bintang. jadi maksud gw dia memancarkan cahaya, bukan memantulkan cahaya. Diedit dulu post pertama ya.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Biru atau merah?
« Jawab #12 pada: Agustus 04, 2008, 09:41:02 AM »
gara-gara pertanyaan diganti jawaban di bawahnya jadi OOT semua...

1. bintang B lebih panas
2. bintang A lebih panas. bintang kan melibatkan reaksi fusi yg menimbulkan energi yg sangat besar berupa panas dan cahaya. beda dengan neon yg cuma pake sistem fluoresensi.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Biru atau merah?
« Jawab #13 pada: Agustus 11, 2008, 08:04:44 PM »
Gw punya dua pertanyaan nih :

1. Misalkan ada dua bintang, Bintang A warnanya merah dan Bintang B yang warnanya biru.
Bintang mana yang lebih panas?

2. Trus bayangin ada lampu neon. Tau kan yang biasa ada di mal gitu ato di pertokoanlah ;D
Andaikan neon itu warnanya merah, mana yang lebih panas antara lampu neon dan Bintang A?

1. ada yang unik di sini (mungkin ini juga yang membuat reborn bertanya)...
Bintang B lebih panas, karena menurut Hukum Rayleigh : Energi ~ (Temp. pemancar)^4, sedangkan Energi ~ frequency, biru frekuensinya lebih tinggi dari merah, maka bintang berwarna biru suhunya lebih panas.
Tapi ada yang unik, cahaya biru dikenal sebagai "cahaya dingin/adem" dibandingkan merah yang terkesan "panas". Pernah mendengar kamera inframerah? yang melihat berdasarkan panas, benda yang bersuhu lebih tinggi memancarkan inframerah lebih banyak! (nah lo...)
Ini sebetulnya karena "panas itu relatif", mengapa begitu? karena tergantung objek 'perasa panas'nya.

Makin panas suatu "benda" (pejelasan selanjutkan menjawab mengapa diberi tanpa petik), makin banyak infra merah yang dipancarkan. Kenapa bukan biru?
Jika kulit kita disinari inframerah, akan lebih cepat panas jika dibandingkan disinari cahaya biru!
[tampak konstradiktif ya? terutama dengan jawaban Pertanyaan 1]

tapi itulah uniknya fisika...

kuncinya ialah RESONANSI, ingat bahwa PANAS ialah GETARAN!!!
pada dasarnya kita merasa panas jika molekul2 di tubuh kita bergetar. (sampai di sini panas tidak ada hubungannya dengan gelombang cahaya, melainkan gelombang mekanik!)
bintang yang lebih "panas" akan lebih berwarna biru, bintang yang lebih "dingin" akan lebih berwarna merah
tapi mengapa tubuh kita merasa lebih panas jika dikenai cahaya inframerah dibandingkan biru?
mengapa tubuh yang panas memancarkan lebih banyak inframerah? (ini menjadi dasar kamera inframerah militer)
Jawabannya ialah karena frekuensi resonansi tubuh kita (juga benda lain yang terbuat dari ikatan karbon) jatuh pada daerah inframerah!!! Jadi walaupun biru berenergi lebih besar dibandingkan inframerah, tapi inframerah mampu menggetarkan molekul kulit kita lebih kencang. nKarena itulah inframerah terasa lebih panas.


Fuh... panjang juga yah? semoga ga bosen bacanya.

Untuk Pertanyaan ke-2, coba jawab menggunakan jawaban Pertanyaan ke-1.  ;D ;D

Cheers,
KsatriaBajuHitam.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: Biru atau merah?
« Jawab #14 pada: Agustus 22, 2008, 01:06:00 PM »
dua cahaya yang memiliki frekuensi akan memiliki energi foto yang sama. namun jika memiliki amplitudo yang berbeda akan menghasilkan energi panas yang berbeda. walau sama-sama berwarna merah amlitudo warna lampu jauh lebih kecil dibandingkan dengan bintang merah yang panas.   :angel:
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
5581 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2010, 08:03:45 AM
oleh Anak_Yang_Ingin_taHu
105 Jawaban
12417 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 18, 2011, 11:27:00 PM
oleh daivadeva
5 Jawaban
1910 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2010, 01:46:22 PM
oleh beny_pongo
Alga Merah

Dimulai oleh Zeffa Biologi

2 Jawaban
2899 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2012, 09:52:25 AM
oleh mangkokooo
22 Jawaban
1032 Dilihat
Tulisan terakhir November 23, 2011, 09:10:47 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia