Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Mei 24, 2015, 11:30:58 AM
Ngobrolin masalah analisis kata yuk? Gimana cara kerja otak mengenali kata, dan bagaimana proses memahaminya

Ruslinadi

Mei 14, 2015, 11:25:59 PM
bengkel online sebagai Agen Bola murah cepat dan berkualitas

M Iqbal

Mei 10, 2015, 04:38:51 PM
gimana cara buat pertanyaannya?

SalsabilaAmalia

Mei 08, 2015, 09:31:25 PM
Hai, salam Kenal mohon bimbingan dalam forum ini Terima kasih

hanan123

Mei 06, 2015, 04:38:23 PM
salam kenal tuk semuanya

Excalnewgate

April 16, 2015, 02:50:32 PM
Hallo salam kenal semua dan mohon bimbinganya ya, kedepanya.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:53:57 PM
maksih infonya gan
 

jasen

April 16, 2015, 01:36:33 PM
@NatsukiReza
Lanjutkan topik lama yang berhubungan dengan pertanyaan yg ingin diajukan, atau buat topik baru, di sub Forum yang sesuai.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:19:56 PM
gimana cara buat pertanyaan di forum ?? :D

Hanifyuand

April 12, 2015, 09:33:01 PM
Topik kita kan sains. Ustad gw ngomong jangan ditabrakin, entar timbul ketidakyakinan. Percayalah temen gw pernah ngalamin. Dia sekarang kerja di CERN. Dia sempet mau ateis gara-gara belajar partikel gitu-gitu

Show 50 latest

Penulis Topik: kenapa bumi punya gravitasi?  (Dibaca 58941 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
kenapa bumi punya gravitasi?
« pada: Juli 17, 2008, 08:53:40 AM »
maaf saya bingung kenapa ya planet kita yang tercinta ini bisa mempunyai gaya tarik kebawah atau dikenal juga sebagai gravitasi?bagaimana cara terciptanya??

maaf ilmunya masih kurang :)



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #1 pada: Juli 17, 2008, 11:55:50 AM »
Waduh, pertanyaan yang sulit ini. Sepengetahuan gw penyebab gravitasi belum ada yg bisa mastiin sampe sekarang. Cerita Newton dan apelnya hanya bisa merumuskan bahwa ada gaya tarik menarik antara dua atau lebih benda yang bermassa, besarnya gaya ini berbanding lurus dengan massa dan berbanding terbalik dengan jarak. Yang bisa dikatakan sekarang hanyalah semakin besar massa semakin besar gravitasinya. Partikel penyebabnya sendiri (graviton) sampe sekarang masih buronan  ;D



Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #2 pada: Juli 17, 2008, 01:29:38 PM »
Mungkin karena proses rotasi dan revolusi bumi kali yg menyebabkan gaya sentri petal dan sentrifugal  ???kali... ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #3 pada: Juli 17, 2008, 01:55:52 PM »
ga ada hubungannya sama rotasi, revolusi ato gerak benda. Gravitasi itu berhubungan sama massa.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #4 pada: Juli 17, 2008, 02:06:45 PM »
Tapi dulu sh ...kt ibu gulu wkt SD...gravitasi disebabkan krn rotasi bumi, dicontohin pake koin yg ditaruh dlm sejenis mangkok yg berputar dan koin itu menmpel pd sisi dalam mangkuk... ???

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #5 pada: Juli 17, 2008, 02:10:28 PM »
Tapi dulu sh ...kt ibu gulu wkt SD...gravitasi disebabkan krn rotasi bumi, dicontohin pake koin yg ditaruh dlm sejenis mangkok yg berputar dan koin itu menmpel pd sisi dalam mangkuk... ???

dulu waktu masih kecil, kata kakek saya : dari dulu dah begitu.
Sekarang saya udah gede, saya cari tau jawabannya ;)

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #6 pada: Juli 17, 2008, 02:48:53 PM »
Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.

Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut:

    Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.

    F = G \frac{m_1 m_2}{r^2}

    F adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
    G adalah konstanta gravitasi
    m1 adalah besar massa titik pertama
    m2 adalah besar massa titik kedua
    r adalah jarak antara kedua massa titik

trus menurutmu Massa itu terbentuk karena apa ???
trus partikel, klo lbh kecil lg atom, dan dalam atom ada inti atom yg dikelilingi oleh ion yg mengorbit thdp inti, jadi inti lebih besar dari ion krn dikelilingi ion(sprti matahari yg dikelilingi planet) trus selanjutnya bgmn aku blm tahu ??? ;D,coba jelaskan,tar ku tanggapin lag dh ;D

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #7 pada: Juli 17, 2008, 08:36:10 PM »
wahwah tambah mumet nih... ??? :)

notwelldefined

  • Pengunjung
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #8 pada: Juli 17, 2008, 08:44:04 PM »
Tapi dulu sh ...kt ibu gulu wkt SD...gravitasi disebabkan krn rotasi bumi, dicontohin pake koin yg ditaruh dlm sejenis mangkok yg berputar dan koin itu menmpel pd sisi dalam mangkuk... ???
rotasi bumi mestinya menyebabkan gaya tarik menjauhi bumi dong... apa gak kebalik jika dibilang itu yang menyebabkan gaya gravitasi?

newton menempatkan gravitasi sebagai properti (sifat) dari massa yang tidak dipertanyakan dari mana asal-usulnya, yang dijelaskan kemudian adalah sifat-sifatnya.

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #9 pada: Juli 17, 2008, 09:13:13 PM »
trus sifat2nya apa?
 ;D

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #10 pada: Juli 17, 2008, 10:08:07 PM »
 waw..........
 tulisan2 diatas menginspirasi saya . coba kita lihat air yang di obok obok. maka pasir yang didalam air itu akan menuju ke tengah. semakin cepat air diobok obok maka pasir akan semakin cepat ke tengah .
    jadi kesimpulanya pasir ke tengah karena perputaran air.
    -sory kalo ip nya sama ma cadab tapi kita fair kok . soale kita lagi di warnet indiglo deket  kampus ums . aku ma dia temen bareng-
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #11 pada: Juli 18, 2008, 08:13:36 AM »
terus apa hubungannya sama gravitasi....?

akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #12 pada: Juli 18, 2008, 08:19:52 AM »
satu lagi mau tanya...

kenapa kok gaya gravitasi itu kalo gak 9,8 m/s^2 ya 10 m/s^2 ?????


notwelldefined

  • Pengunjung
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #13 pada: Juli 18, 2008, 10:13:00 AM »
trus sifat2nya apa?
 ;D

sifat-sifat seperti yang dimuat dalam persamaan newton tentang gravitasi.

waw..........
 tulisan2 diatas menginspirasi saya . coba kita lihat air yang di obok obok. maka pasir yang didalam air itu akan menuju ke tengah. semakin cepat air diobok obok maka pasir akan semakin cepat ke tengah .
    jadi kesimpulanya pasir ke tengah karena perputaran air.

bagaimana dengan mesin pengering di mesin cuci? air di dalam pakaian kan terlempar keluar karena gerak putaran yang menimbulkan gaya sentripetal.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #14 pada: Juli 18, 2008, 01:39:25 PM »
satu lagi mau tanya...
kenapa kok gaya gravitasi itu kalo gak 9,8 m/s^2 ya 10 m/s^2 ?????

Gravitasi di mana dulu, tiap-tiap tempat beda besarnya. Penggunaan nilai itu kan buat memudahkan aja.
Seharusnya ada  praktikumnya di Fisika Dasar, dari situ kita tau, misalnya, besarnya gravitasi di jakarta dan bandung berbeda.

Pertanyaan yang nyambung dikit mungkin ini :kalo begitu, kok besi berani (magnet) dalam bbrp kasus malah tolak menolak? Nah, ini agak lain ceritanya ;D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
33 Jawaban
35076 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 27, 2011, 05:16:29 PM
oleh hery_hunterz
8 Jawaban
8817 Dilihat
Tulisan terakhir September 28, 2014, 05:54:58 PM
oleh Dr.F
7 Jawaban
11558 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 01:38:44 AM
oleh Sky
70 Jawaban
11361 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2010, 11:18:26 AM
oleh sayang
16 Jawaban
7110 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2012, 02:15:47 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia