Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: kenapa bumi punya gravitasi?  (Dibaca 64247 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
kenapa bumi punya gravitasi?
« pada: Juli 17, 2008, 08:53:40 AM »
maaf saya bingung kenapa ya planet kita yang tercinta ini bisa mempunyai gaya tarik kebawah atau dikenal juga sebagai gravitasi?bagaimana cara terciptanya??

maaf ilmunya masih kurang :)



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #1 pada: Juli 17, 2008, 11:55:50 AM »
Waduh, pertanyaan yang sulit ini. Sepengetahuan gw penyebab gravitasi belum ada yg bisa mastiin sampe sekarang. Cerita Newton dan apelnya hanya bisa merumuskan bahwa ada gaya tarik menarik antara dua atau lebih benda yang bermassa, besarnya gaya ini berbanding lurus dengan massa dan berbanding terbalik dengan jarak. Yang bisa dikatakan sekarang hanyalah semakin besar massa semakin besar gravitasinya. Partikel penyebabnya sendiri (graviton) sampe sekarang masih buronan  ;D



Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #2 pada: Juli 17, 2008, 01:29:38 PM »
Mungkin karena proses rotasi dan revolusi bumi kali yg menyebabkan gaya sentri petal dan sentrifugal  ???kali... ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #3 pada: Juli 17, 2008, 01:55:52 PM »
ga ada hubungannya sama rotasi, revolusi ato gerak benda. Gravitasi itu berhubungan sama massa.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #4 pada: Juli 17, 2008, 02:06:45 PM »
Tapi dulu sh ...kt ibu gulu wkt SD...gravitasi disebabkan krn rotasi bumi, dicontohin pake koin yg ditaruh dlm sejenis mangkok yg berputar dan koin itu menmpel pd sisi dalam mangkuk... ???

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #5 pada: Juli 17, 2008, 02:10:28 PM »
Tapi dulu sh ...kt ibu gulu wkt SD...gravitasi disebabkan krn rotasi bumi, dicontohin pake koin yg ditaruh dlm sejenis mangkok yg berputar dan koin itu menmpel pd sisi dalam mangkuk... ???

dulu waktu masih kecil, kata kakek saya : dari dulu dah begitu.
Sekarang saya udah gede, saya cari tau jawabannya ;)

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #6 pada: Juli 17, 2008, 02:48:53 PM »
Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.

Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut:

    Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.

    F = G \frac{m_1 m_2}{r^2}

    F adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
    G adalah konstanta gravitasi
    m1 adalah besar massa titik pertama
    m2 adalah besar massa titik kedua
    r adalah jarak antara kedua massa titik

trus menurutmu Massa itu terbentuk karena apa ???
trus partikel, klo lbh kecil lg atom, dan dalam atom ada inti atom yg dikelilingi oleh ion yg mengorbit thdp inti, jadi inti lebih besar dari ion krn dikelilingi ion(sprti matahari yg dikelilingi planet) trus selanjutnya bgmn aku blm tahu ??? ;D,coba jelaskan,tar ku tanggapin lag dh ;D

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #7 pada: Juli 17, 2008, 08:36:10 PM »
wahwah tambah mumet nih... ??? :)

notwelldefined

  • Pengunjung
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #8 pada: Juli 17, 2008, 08:44:04 PM »
Tapi dulu sh ...kt ibu gulu wkt SD...gravitasi disebabkan krn rotasi bumi, dicontohin pake koin yg ditaruh dlm sejenis mangkok yg berputar dan koin itu menmpel pd sisi dalam mangkuk... ???
rotasi bumi mestinya menyebabkan gaya tarik menjauhi bumi dong... apa gak kebalik jika dibilang itu yang menyebabkan gaya gravitasi?

newton menempatkan gravitasi sebagai properti (sifat) dari massa yang tidak dipertanyakan dari mana asal-usulnya, yang dijelaskan kemudian adalah sifat-sifatnya.

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #9 pada: Juli 17, 2008, 09:13:13 PM »
trus sifat2nya apa?
 ;D

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #10 pada: Juli 17, 2008, 10:08:07 PM »
 waw..........
 tulisan2 diatas menginspirasi saya . coba kita lihat air yang di obok obok. maka pasir yang didalam air itu akan menuju ke tengah. semakin cepat air diobok obok maka pasir akan semakin cepat ke tengah .
    jadi kesimpulanya pasir ke tengah karena perputaran air.
    -sory kalo ip nya sama ma cadab tapi kita fair kok . soale kita lagi di warnet indiglo deket  kampus ums . aku ma dia temen bareng-
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #11 pada: Juli 18, 2008, 08:13:36 AM »
terus apa hubungannya sama gravitasi....?

akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #12 pada: Juli 18, 2008, 08:19:52 AM »
satu lagi mau tanya...

kenapa kok gaya gravitasi itu kalo gak 9,8 m/s^2 ya 10 m/s^2 ?????


notwelldefined

  • Pengunjung
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #13 pada: Juli 18, 2008, 10:13:00 AM »
trus sifat2nya apa?
 ;D

sifat-sifat seperti yang dimuat dalam persamaan newton tentang gravitasi.

waw..........
 tulisan2 diatas menginspirasi saya . coba kita lihat air yang di obok obok. maka pasir yang didalam air itu akan menuju ke tengah. semakin cepat air diobok obok maka pasir akan semakin cepat ke tengah .
    jadi kesimpulanya pasir ke tengah karena perputaran air.

bagaimana dengan mesin pengering di mesin cuci? air di dalam pakaian kan terlempar keluar karena gerak putaran yang menimbulkan gaya sentripetal.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: kenapa bumi punya gravitasi?
« Jawab #14 pada: Juli 18, 2008, 01:39:25 PM »
satu lagi mau tanya...
kenapa kok gaya gravitasi itu kalo gak 9,8 m/s^2 ya 10 m/s^2 ?????

Gravitasi di mana dulu, tiap-tiap tempat beda besarnya. Penggunaan nilai itu kan buat memudahkan aja.
Seharusnya ada  praktikumnya di Fisika Dasar, dari situ kita tau, misalnya, besarnya gravitasi di jakarta dan bandung berbeda.

Pertanyaan yang nyambung dikit mungkin ini :kalo begitu, kok besi berani (magnet) dalam bbrp kasus malah tolak menolak? Nah, ini agak lain ceritanya ;D

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
33 Jawaban
38325 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 27, 2011, 05:16:29 PM
oleh hery_hunterz
8 Jawaban
9846 Dilihat
Tulisan terakhir September 28, 2014, 05:54:58 PM
oleh Dr.F
7 Jawaban
12732 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 01:38:44 AM
oleh Sky
70 Jawaban
17696 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2010, 11:18:26 AM
oleh sayang
16 Jawaban
8858 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2012, 02:15:47 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia