Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Pebruari 06, 2016, 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: Materi adalah abadi  (Dibaca 24134 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Materi adalah abadi
« pada: Agustus 26, 2011, 12:16:39 PM »
Menurut saya sih materi itu abadi, seperti atom. Hanya strukturnya saja yang tidak abadi, misal ledakan merusak struktur ikatan atom tanah yang membentuk tanah atau tubuh manusia. Tapi atomnya tetap ada.


Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline kenpachiku

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #1 pada: September 01, 2011, 11:19:13 PM »
apakah ada yg bsa memusnahkan materi??

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1363
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #2 pada: September 02, 2011, 07:47:18 AM »
apakah ada yg bsa memusnahkan materi??
Materi bisa musnah menjadi energi. Jika elektron bertemu dengan positron, maka keduanya musnah dan timbul sinar gamma.
HouwLiong

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #3 pada: September 02, 2011, 10:56:05 AM »
Bukan musnah, tapi berubah bentuk.

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 377
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #4 pada: September 02, 2011, 03:47:24 PM »
Sesuai dengan hukum kekekalan energi, dan kesetaraan energi dan materi. Saya kira atom pun demikian.
There is impossible to escape the reality, except weaving together all of your imagination to make an alternate reality, and expand your own horizon. But people may call you a madman.

Offline Maz Aji

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #5 pada: September 24, 2011, 07:09:33 PM »
Wah menarik skali.
Jika materi abadi ,apakah jg memiliki awal atau tanpa awal ?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #6 pada: September 24, 2011, 07:15:12 PM »
Wah saya kurang tahu tuh.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #7 pada: September 24, 2011, 07:33:12 PM »
Materi bisa musnah menjadi energi. Jika elektron bertemu dengan positron, maka keduanya musnah dan timbul sinar gamma.

Pak THL, kalau energi bisa berubah menjadi materi gak?
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #8 pada: September 24, 2011, 07:52:27 PM »
Pak THL, kalau energi bisa berubah menjadi materi gak?

Menurut saya sih bisa, karena energi itu kan cuma bentuk lain materi, tapi tergantung dari definisi energi. Semisal cahaya, itu kan sebetulnya partikel yang bergetar sedemikian rupa, kalau sudah tenang kembali kan pasti menjadi ke bentuk semula yaitu materi, dan tergantung dari jumlah elektronnya, maka ia juga bisa digabungkan dengan materi lain.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #9 pada: September 24, 2011, 08:14:43 PM »
Apakah foton pernah tenang? rasanya yang namanya foton akan tetap seperti itu deh... banci, setengah materi setengah gelombang... hehehe...

Saya nanya pertanyaan saya soalnya pak THL kan bilang, elektron+positron=sinar gamma... Apakah mungkin sinar gamma-positron=elektron? atau sinar gamma+sinar alfa=elektron, misalnya (saya cuman ngasal)...

(Saya pengeen banget topik ini dipindahin ke fisika....)
« Edit Terakhir: September 24, 2011, 08:16:33 PM oleh topazo »

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #10 pada: September 24, 2011, 10:19:22 PM »
Menurut saya sih bisa, karena energi itu kan cuma bentuk lain materi, tapi tergantung dari definisi energi. Semisal cahaya, itu kan sebetulnya partikel yang bergetar sedemikian rupa, kalau sudah tenang kembali kan pasti menjadi ke bentuk semula yaitu materi, dan tergantung dari jumlah elektronnya, maka ia juga bisa digabungkan dengan materi lain.

menurut hasil kesimpulan sy dr beberapa jawaban pertanyaan, energi dan masa berekuivalensi
materi adalah energi yang terbentuk dan energi adalah materi yang terurai cmiiw

Offline Maz Aji

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #11 pada: September 24, 2011, 10:39:30 PM »
Karena nih agama dan filsafat,
mgkin konsekuensi teologis dari realitas atau fakta materi yg dipandang dari filsafat atau sains.....?

Jika filsafat atau bahkan sains mennyatakan bahwa eneri tuh kekal (jg materi?) maka bgmana prbndingannya dgn ketika agama memandang materi...

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #12 pada: September 24, 2011, 10:53:22 PM »
Apakah foton pernah tenang? rasanya yang namanya foton akan tetap seperti itu deh... banci, setengah materi setengah gelombang... hehehe...

Saya nanya pertanyaan saya soalnya pak THL kan bilang, elektron+positron=sinar gamma... Apakah mungkin sinar gamma-positron=elektron? atau sinar gamma+sinar alfa=elektron, misalnya (saya cuman ngasal)...

(Saya pengeen banget topik ini dipindahin ke fisika....)

Nyalakan lampu, kemudian matikan. Kemana perginya foton dari lampu?

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #13 pada: September 24, 2011, 11:14:20 PM »
Nyalakan lampu, kemudian matikan. Kemana perginya foton dari lampu?
Ya menghilang... sampai si lampu dihidupkan kembali...
BSJS

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #14 pada: September 25, 2011, 04:39:43 PM »
Nah, dalam pemahaman saya, photon itu kembali kebentuk semulanya yaitu atom, ataumalah elektron, jadi dia kehilangan energinya dan diam.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
makhluk hidup abadi

Dimulai oleh nandaz « 1 2 3 4 » Biologi

55 Jawaban
25536 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2010, 10:12:56 AM
oleh Hendy wijaya, MD
Materi dan Anti Materi

Dimulai oleh humaam dz. « 1 2 ... 5 6 » Fisika

77 Jawaban
35846 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2012, 12:44:10 PM
oleh Science Freak
13 Jawaban
5058 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2010, 06:43:21 AM
oleh Takagi Fujimaru
1 Jawaban
1152 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2011, 06:49:48 PM
oleh Farabi
19 Jawaban
3622 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2011, 12:07:01 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia