Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

gagas3rd

Juli 22, 2016, 10:28:05 PM
CV AVR saya kesulitan dalam pembuatan program

gagas3rd

Juli 22, 2016, 10:27:34 PM
boleh taya AVR

RECDGE

Juli 22, 2016, 01:37:17 PM
min cara buat iklan lowongan di forsa gmn yah?saya tidak bisa dikarenakan pranala luar itu maksutnya apa

CHECHEN

Juli 21, 2016, 04:58:50 PM
Mini PC dan Thin Client FUJITECH INDONESIA

#fujitech
OFFICIAL WEBSITE:
www.pclink.co.id

CHECHEN

Juli 21, 2016, 04:58:10 PM
Mini PC dan Thin Client FUJITECH INDONESIA

Sebuah persembahan teknologi yang dapat bermanfaat untuk mencerdaskan pendidikan anak bangsa, FUJITECH INDONESIA menghadirkan THIN CLIENT dan MINI PC yang sangat cocok sekali untuk LAB Komputer Sekolah, Perusahaan PIALANG, Future Trading , Pengganti PC u
 

loser1942

Juli 20, 2016, 06:42:34 PM
Hello guys, same question, apakah forum masih aktif?

RECDGE

Juli 15, 2016, 10:38:26 AM
apakah forum ini masih aktif?

rakakakuk

Juni 14, 2016, 02:35:17 PM
Glucoberry is a product of Milk for beauty that is processed with modern technology, as well as of processing got the radar directly from the beauty experts around the world.
http://www.obatawetmudaalami.com/obat-kulit-kering-saat-puasa/
 

ahmad m.s

Juni 03, 2016, 04:21:51 PM
GOD!! dah lama ga nongol disini

nice to meet you gaesss~~~~~

Show 50 latest

Penulis Topik: Materi adalah abadi  (Dibaca 26911 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Materi adalah abadi
« pada: Agustus 26, 2011, 12:16:39 PM »
Menurut saya sih materi itu abadi, seperti atom. Hanya strukturnya saja yang tidak abadi, misal ledakan merusak struktur ikatan atom tanah yang membentuk tanah atau tubuh manusia. Tapi atomnya tetap ada.


Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline kenpachiku

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #1 pada: September 01, 2011, 11:19:13 PM »
apakah ada yg bsa memusnahkan materi??

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1381
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #2 pada: September 02, 2011, 07:47:18 AM »
apakah ada yg bsa memusnahkan materi??
Materi bisa musnah menjadi energi. Jika elektron bertemu dengan positron, maka keduanya musnah dan timbul sinar gamma.
HouwLiong

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #3 pada: September 02, 2011, 10:56:05 AM »
Bukan musnah, tapi berubah bentuk.

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 377
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #4 pada: September 02, 2011, 03:47:24 PM »
Sesuai dengan hukum kekekalan energi, dan kesetaraan energi dan materi. Saya kira atom pun demikian.
There is impossible to escape the reality, except weaving together all of your imagination to make an alternate reality, and expand your own horizon. But people may call you a madman.

Offline Maz Aji

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #5 pada: September 24, 2011, 07:09:33 PM »
Wah menarik skali.
Jika materi abadi ,apakah jg memiliki awal atau tanpa awal ?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #6 pada: September 24, 2011, 07:15:12 PM »
Wah saya kurang tahu tuh.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #7 pada: September 24, 2011, 07:33:12 PM »
Materi bisa musnah menjadi energi. Jika elektron bertemu dengan positron, maka keduanya musnah dan timbul sinar gamma.

Pak THL, kalau energi bisa berubah menjadi materi gak?
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #8 pada: September 24, 2011, 07:52:27 PM »
Pak THL, kalau energi bisa berubah menjadi materi gak?

Menurut saya sih bisa, karena energi itu kan cuma bentuk lain materi, tapi tergantung dari definisi energi. Semisal cahaya, itu kan sebetulnya partikel yang bergetar sedemikian rupa, kalau sudah tenang kembali kan pasti menjadi ke bentuk semula yaitu materi, dan tergantung dari jumlah elektronnya, maka ia juga bisa digabungkan dengan materi lain.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #9 pada: September 24, 2011, 08:14:43 PM »
Apakah foton pernah tenang? rasanya yang namanya foton akan tetap seperti itu deh... banci, setengah materi setengah gelombang... hehehe...

Saya nanya pertanyaan saya soalnya pak THL kan bilang, elektron+positron=sinar gamma... Apakah mungkin sinar gamma-positron=elektron? atau sinar gamma+sinar alfa=elektron, misalnya (saya cuman ngasal)...

(Saya pengeen banget topik ini dipindahin ke fisika....)
« Edit Terakhir: September 24, 2011, 08:16:33 PM oleh topazo »

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #10 pada: September 24, 2011, 10:19:22 PM »
Menurut saya sih bisa, karena energi itu kan cuma bentuk lain materi, tapi tergantung dari definisi energi. Semisal cahaya, itu kan sebetulnya partikel yang bergetar sedemikian rupa, kalau sudah tenang kembali kan pasti menjadi ke bentuk semula yaitu materi, dan tergantung dari jumlah elektronnya, maka ia juga bisa digabungkan dengan materi lain.

menurut hasil kesimpulan sy dr beberapa jawaban pertanyaan, energi dan masa berekuivalensi
materi adalah energi yang terbentuk dan energi adalah materi yang terurai cmiiw

Offline Maz Aji

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #11 pada: September 24, 2011, 10:39:30 PM »
Karena nih agama dan filsafat,
mgkin konsekuensi teologis dari realitas atau fakta materi yg dipandang dari filsafat atau sains.....?

Jika filsafat atau bahkan sains mennyatakan bahwa eneri tuh kekal (jg materi?) maka bgmana prbndingannya dgn ketika agama memandang materi...

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #12 pada: September 24, 2011, 10:53:22 PM »
Apakah foton pernah tenang? rasanya yang namanya foton akan tetap seperti itu deh... banci, setengah materi setengah gelombang... hehehe...

Saya nanya pertanyaan saya soalnya pak THL kan bilang, elektron+positron=sinar gamma... Apakah mungkin sinar gamma-positron=elektron? atau sinar gamma+sinar alfa=elektron, misalnya (saya cuman ngasal)...

(Saya pengeen banget topik ini dipindahin ke fisika....)

Nyalakan lampu, kemudian matikan. Kemana perginya foton dari lampu?

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #13 pada: September 24, 2011, 11:14:20 PM »
Nyalakan lampu, kemudian matikan. Kemana perginya foton dari lampu?
Ya menghilang... sampai si lampu dihidupkan kembali...
BSJS

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3283
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
    • Lihat Profil
Re: Materi adalah abadi
« Jawab #14 pada: September 25, 2011, 04:39:43 PM »
Nah, dalam pemahaman saya, photon itu kembali kebentuk semulanya yaitu atom, ataumalah elektron, jadi dia kehilangan energinya dan diam.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
makhluk hidup abadi

Dimulai oleh nandaz « 1 2 3 4 » Biologi

55 Jawaban
27930 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2010, 10:12:56 AM
oleh Hendy wijaya, MD
Materi dan Anti Materi

Dimulai oleh humaam dz. « 1 2 ... 5 6 » Fisika

78 Jawaban
41968 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2016, 05:19:36 PM
oleh RHINO
13 Jawaban
5586 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2010, 06:43:21 AM
oleh Takagi Fujimaru
1 Jawaban
1989 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2011, 06:49:48 PM
oleh Farabi
19 Jawaban
5350 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2011, 12:07:01 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia