Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Izunme

Kemarin jam 01:41:36 PM
Kira-kira disini apa ada banyak trit terkait free energi kah?

Bima Setiaji

November 25, 2014, 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

Show 50 latest

Penulis Topik: Magnet yang Aneh  (Dibaca 2837 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Magnet yang Aneh
« pada: Desember 27, 2011, 09:21:35 PM »
Teman2 semua, saya lagi bingung dan bertanya2 nih... Saya lagi surfing di youtube, n nemu video ini:

<a href="http://www.youtube.com/v/SQao5vKzjME&rel=0" target="_blank">http://www.youtube.com/v/SQao5vKzjME&rel=0</a>

Yang saya tahu, sifat magnet adalah:
- mempunyai 2 kutub (utara-selatan)
- setiap magnet yang menempel dengan benda ferromagnetic (contoh besi), maka benda itu akan ketularan jadi magnet...

Tapi di video ini kok aneh ya, ada satu magnet yang normal sifatnya, tapi satu magnet lagi kok seakan2:
- tidak "menularkan" sifat kemagnetan pada benda ferromagnetik (dalam video besi baja kayaknya)
- seakan2 magnet ini memiliki 4 kutub (utara-selatan-barat-timur)

Apakah video ini hoax, si pengunggah adalah pesulap, atau miskonsepsi, atau memang ada magnet jenis lain... Atau memang sifat magnet belum sepenuhnya diselidiki?...

Mohon pendapat teman2...
« Edit Terakhir: Desember 27, 2011, 09:28:09 PM oleh topazo »


Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1387
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Magnet yang Aneh
« Jawab #1 pada: Desember 28, 2011, 03:33:04 AM »
Dari teori-teori elektromagnetik yang pernah saya pelajari (juga dari praktek), magnet selalu memiliki 2 kutub, yaitu Utara-Selatan. Monopole juga belum pernah terbukti.

Sayangnya tidak disebutkan bahan/materialnya apa, bikinnya bagaimana, dst. Videonya tidak terkesan sebagai sebuah penelitian ilmiah yang mencari kebenaran di balik fenomena alam, melainkan hanya terkesan mencari sensasi dengan menunjukkan hal-hal yang aneh.

Kalau cuma melihat videonya saja, belum banyak yang bisa saya simpulkan. Mungkin kalau bisa pinjam magnetnya, bisa diteliti lebih jauh.

Dari pengamatan sekilas, tampak adanya perbedaan antara magnet normal dan yang tidak normal. Saya lihat ada sambungan pada magnet yang diklaim seperti punya 4 kutub. Sekali lagi saya belum bisa memastikan apakah ini ada hubungannya atau tidak.

Mungkin bisa dicoba dengan magnet yang ditempelkan dengan arah medan berlawanan, misalnya dengan urutan US-SU atau SU-US.
once we have eternity, everything else can wait

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:Magnet yang Aneh
« Jawab #2 pada: Desember 28, 2011, 09:08:40 AM »
Memang videonya bukan percobaan scientific, tapi kita bisa melihat intinya...
Sebetulnya magnet 4 kutub saya gak terlalu tertarik (belum tertarik)...
yang saya bingung itu, kenapa bisa si magnet gak nular ke besi yang ditempel ke dia... tidak seperti pelajaran saya dulu...

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re:Magnet yang Aneh
« Jawab #3 pada: Januari 01, 2012, 11:59:50 AM »
Kalo menurut saya pada magnet kedua (yang seakan punya 4 kutub) arah orientasi magnet elementernya tidak sejajar bidang. Namun entah bagaimana caranya dia bisa membuat magnet yang arah medan magnet internalnya melengkung. sehingga saat ditempelkan dengan logam lain pada sisinya, medan magnet akan "terperangkap" dalam logam sehingga hampir tidak ada medan magnet yang keluar dari logam dan magnet. ini juga menjelaskan saat magnet diputar arah orientasi kompas juga akan berputar. coba lihat gambar. (maaf agak berantakan)
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:Magnet yang Aneh
« Jawab #4 pada: Januari 02, 2012, 02:38:04 PM »
belum tentu, tapi bisa jadi itu rekayasa, magnetnya cukup tebal barangkali didalamnya ada elektromagnet yg dikendalikan suatu rangkaian elektronik. cuma dugaan saja
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:Magnet yang Aneh
« Jawab #5 pada: Januari 02, 2012, 06:42:20 PM »
Berdasarkan Boss mhyworld n superstring39, saya kira magnet bisa dibengkokkan orientasi elementernya dengan menempelkan kutub sejenis...
Apa mungkin ya... Kalo ada waktu saya coba deh...

Ini ternyata ada yang berbicara tentang magnetic seal, jika konfigurasi magnet us-su-us... Mereka menggunakannya untuk komponen generator sinar x...

http://en.rigaku-mechatronics.com/technology/technology01.html

Sebetulnya magnetic seal ini dipelajari gak sih... Saya kok baru tahu...

Offline sheriid

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:Magnet yang Aneh
« Jawab #6 pada: Januari 20, 2012, 11:44:40 PM »
Mungkin kutub-kutub magnet aneh-nya seperti pada gambar magnet harddisk komputer, dimana sisi atas berkutup US dan sisi bawahnya SU.
Bila sisi atas dan bawah magnet ditempelkan bahan ferromagnetik tebal yang permeabilitasnya lebih besar dari udara maka garis-garis gaya magnet  tertarik seluruhnya pada bahan ferromagnetik dengan mengambil lintasan terdekat dengan kutub US magnet sisi bagian atas atau sisi bawah, sehingga tercipta fluks yang tertutup dalam ferromagnetik dan ini kurang bisa menginduksi bahan lain karena lintasan garis gaya magnet akan terlalu jauh.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
19 Jawaban
8172 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 12, 2009, 02:45:58 PM
oleh NEED
13 Jawaban
3326 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2010, 10:44:16 PM
oleh Astrawinata G
20 Jawaban
4202 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2010, 07:14:36 AM
oleh Takagi Fujimaru
3 Jawaban
1191 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 25, 2011, 05:29:48 PM
oleh Mr.Smiley
5 Jawaban
1881 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2011, 08:18:16 PM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia