Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Hari Ini jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Hari Ini jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: materi terbuat dari cahaya  (Dibaca 11906 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #30 pada: Desember 23, 2009, 05:01:42 PM »
@ Prof. THL (apakah anda memang Prof. The dari fisika itb? klo iya, salam Pak, saya alumni..): ya, smoga saja tachyon dapat dibuktikan sebagai salah satu property alam ini.. tentu ini akan sangat menggembirakan, krn dalam beberapa teori, keberadaan tachyon dicoba dihilangkan, tentunya dengan 'harga' yg harus dibayar..

@mas anak gajah (jgn panggil om donk :) ): bukan, penciptaan partikel dan antipartikel ini banyak dibahas dalam teori kuantum elektrodinamika dan radiasi Hawking..

Kalau efek Casimir (diambil dr nama ilmuwan Belanda yg nemuin efek ini, HBG Casimir, mantan murid W Pauli, tp akhirnya jd pejabat di perusahaan elektronika Philips..) menunjukkan bahwa energi terendah partikel/medan dalam teori kuantum tidaklah nol.. dalam teori medan kuantum, medan/partikel direpresentasikan sebagai osilator harmonik, dan selalu bergetar, bahkan dalam energi terendahnya sekalipun, tapi bukan vakum, karena vakum berarti tidak ada partikel sama sekali, dan energi sistem dalam vakum adalah nol, tidak ada benda.. percobaan Casimir yaitu adanya gaya antar dua pelat metal pada jarak tertentu dalam vakum, tanpa ada medan EM. Harusnya tanpa medan EM, tidak ada gaya.. kurang lebih gitu.. lebih jauh silahakn wiki:
http://en.wikipedia.org/wiki/Casimir_effect

Pertanyaan lebih jauh tentang ini dipersilahkan.. :) (kebetulan sy cukup tahu, dulu TA Sarjana ada nyinggung ini..)
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #31 pada: Desember 23, 2009, 05:09:33 PM »
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
memang 'harga' yang harus dibayar itu berupa apa saja? teori-teori sperti apa yang tidak bisa dijelaskan andai tachyon tidak bisa diterima?
trus, tentang energi negatif gimana kak?
Keep Moving Forward!!!

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #32 pada: Desember 23, 2009, 05:49:29 PM »
o ya.. sy lupa..
mungkin contoh ini baik.. kalau anda tau teori kuantum, kita kenal permasalan eigen.. harga eigen energi negatif termasuk solusi dalam teori.. masalah real di lapangan, ya tidak begitu jelas, krn alam ini dalam pengamatan tidak menunjukkan antipartikel secara bebas.. ini termasuk permasalahan ketidak simetrian partikel dan antipartikel.. harusnya jumlah partikel dan antipartikel itu sama.. gimana fisika energi negatif, saya tidak tahu terlalu banyak.. jadi sori saya tdak bisa jelasin lbh jauh..  mungkin gini, secara matematik, kita tahu operator perubahan keadaan dalam koordinat waktu adalah exp(-i.H.dt/h_bar) untuk PARTIKEL, nah untuk antipartikel, minusnya.., exp(+i.H.dt/h_bar) [klo ga salah, klo salah mohon direvisi ya..]. perubahan state partikel dan antipartikel dapat dipandang beda faktor dt nya plus dan minus.. artinya arah perubahan keadaan partikel dan antipartikel berlawanan terhadap waktu.. mungkin ini bisa jd contoh..

untuk teori ttg tachyon, misalkan dalam teori string ada harga eigen keadaan string yg kuadrat massa nya negatif, artinya massa keadaan imajiner, a.k.a. tachyon.. sekilas saya pernah dengar ini bisa dihilangkan, misalkan dengan kondensasi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Tachyon_condensation
Ide kondensasi ini dimunculkan belakangan untuk menghilangkan tachyon.. tp saya belum pernah bongkar math nya.. mgkn ntar.. :)

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #33 pada: Desember 23, 2009, 05:58:18 PM »
solusi dari eigenvalues ya?
ntar deh saya coba buka-buka buku tentang fisika kuantum...
thanks kak, cukup dulu pertanyaan saya, udah jadi banyak nih pe-er yang harus dibaca...

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #34 pada: Desember 23, 2009, 07:28:24 PM »
hahaha..
ya, permasalahan Eigen.. ini teknologi matematika dalam fisika kuantum, misalkan persamaan Schroedinger.. :)
Selamat Blajar...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
    • Lihat Profil
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #35 pada: Desember 24, 2009, 09:17:04 PM »
dulu pernah mikir sbenerya massa atau materi itu apa!!!!!!!!!!!!!

mungkinkah materi itu adalah cahaya? atau lebih tepatnya gelombang elektromagnetik?
kalo dipikir2 jika suatu elektron berpindah ke tempat yang lebih jauh dari orbitnya di atom ia akan memancarkan gelombang elektromagnetik, sedangkan jika ingin jadi lebih dekat ke inti ia butuh energi elektromagnet dari luar (bentar-bentar ini kebalik ga yah?)

nah yg jadi permasalahan kenapa begitu!!!! saya pikir-pikir hampir ketemu jawabannya tetapi rahasia donk.... coba ada yang tau gak!!!
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
    • Lihat Profil
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #36 pada: Desember 24, 2009, 09:31:48 PM »
dari pada mikirin yang jauh n teori yang ndak begitu pasti

coba deh pikirin kenapa elektron itu bisa mempengaruhi medan listrik dan medan magnet!!!
apa itu elektron, oia kira-kira ada yang tau gak yah kalo proton dan neutron bisa jg gak mempengaruhi atau interaksi dengan medan magnet dan atau medan listrik

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #37 pada: Desember 25, 2009, 01:57:14 PM »
Yth. Mas Karno,

Saya pikir saya dulu telah belajar pertanyaan ini, ttg elektron, di kuliah fisika modern, fisika kuantum, dst..
Saya pikir itu hanyalah konsep kekekalan energi.. Mengapa cahaya yg dilepaskan, itulah mekanisme alam.. Sama misalkan kalau saya bertanya, mengapa gravitasi bumi selalu menarik massa materi selalu menuju pusat bumi, tidak mendorong.. Dalam fisika, ada beberapa peristiwa fundamental yg harus kita terima sebagai proses fundamental, lalu dapat menjelaskan secara turunan fenomena fenomena yg lain..

Dulu rasanya di topik radiasi hawking dan terobos halang yg saya tulis, anda juga pernah menyatakan anda punya teori tentang ini.. Saya antisipasi bahwa anda memang punya teori yang bagus, silahkan bandingkan dengan teori Quantum Electrodynamics yg sudah mapan, valid secara experimen, ilmuwan yg bekerja dalam teori ini baik teori maupun fundamental mendapat Nobel, salah satunya Richard Feynman..

Saya baca teks berikut ini readable,
http://hitoshi.berkeley.edu/129A/QED.pdf
silahkan anda bandingkan teori anda dalam memprediksi pergeseran Lamb.. kalau ternyata teori anda lebih bagus, dan tidak perlu proses renormalisasi, saya jamin, anda dapat Nobel Fisika untuk karya teoretis.. Suatu pencapaian yang luar biasa..

Setiap parkel bermuatan listrik (satuannya Coulomb khan..) akan dapat dipengaruhi interaksi elektromagnetik.. Ini alam, mengapa demikian? Memang Yang Kuasa ingin demikian.. Netron tidak dipengaruhi interaksi elektromagnetik, tidak punya muatan.. makanya netron yg dipakai untuk menembak inti atom berat dalam proses nuklir, neutron gun.. jadi ga dibelokkan ketika memasuki sebuah atom, ingat aderah sekililing atom dipenuhi medan2 listrik!

Tapi saya sangat sangat penasaran, menurut anda kenapa (partikel bermuatan) elektron itu dipengaruhi medan lsitrik.. Saya tidak tahu tentang ini?

Regards..

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
    • Lihat Profil
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #38 pada: Desember 25, 2009, 04:35:45 PM »
ada beberapa sebab dan kemungkinan yg sy liat salah satunya, dan sangat sangat masuk akal sekali...
tetapi nanti aja kalo udah jadi, satu-satu dulu, tetapi coba silahkan berfikir dulu sendiri deh...
coba analisis segala kemungkinan, coba liat ke alam kira-kira apakah yg bisa menyebabkan gerakan mendorong dan menarik secara fisik...

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #39 pada: Desember 26, 2009, 09:41:34 PM »
Yth. Pak Karno,

Saya akan sangat senang menunggu teori anda.. Saya open minded.. Teori adalah teori (saya yakin anda tahu apa beda teori dan hukum..).. Saya tunggu posting paper anda di xxx.lanl.gov..

Regards,
Haryanto

Offline yoma nidan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #40 pada: Desember 28, 2009, 02:40:03 PM »
sampai saat ini hal yang anda semua perbincangkan belum dapat terealisasikan, belum ada benda materi apapun yang memiliki kecepatan sama atau melebihi cahaya, logikanya E=mc2. jika ada benda atau materi yang memiliki kecepatan sama atau bahkan melebihi kecepatan rata-rata cahaya, benda atau materi itu tak akan terlihat, dapat menembus penghalang apapun, dan tentunya sangat cepat.
mungkin RUMUS INI YANG DIGUNAKAN PARA DUKUN UNTUK MENGIRIM BENDA kedalam tubuh korban. berdasarkan hal itu saya berasumsi bahwa menyamai kecepatan cahaya itu tidak mungkin.
Nidan[/s]

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #41 pada: Desember 28, 2009, 09:09:33 PM »
Saya senang jika seandainya partikel massive real dengan kecepatan cahaya atau bahkan lebih ditemukan dalam laboratorium.. artinya tidak ada yang perlu diubah dari mekanika relativistik (khusus). Tentang tembus halang (tunneling) saya pikir lebih cocok dengan menggunakan framework teori kuantum..
Silahkan cek:
http://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_tunnelling

Offline Haryanto

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 248
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • Lihat Profil
    • my papers @ spires
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #42 pada: Desember 28, 2009, 09:24:48 PM »
Sorry salah ketik, Saya senang jika seandainya partikel massive real dengan kecepatan cahaya atau bahkan lebih TIDAK ditemukan dalam laboratorium.. :)

Offline yoma nidan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: materi terbuat dari cahaya
« Jawab #43 pada: Desember 29, 2009, 01:01:04 PM »
okay

Offline zoldik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 54
  • IQ: 4
    • Lihat Profil
Re:materi terbuat dari cahaya
« Jawab #44 pada: Pebruari 27, 2013, 06:17:26 PM »
Yth. Pak Karno,

Saya akan sangat senang menunggu teori anda.. Saya open minded.. Teori adalah teori (saya yakin anda tahu apa beda teori dan hukum..).. Saya tunggu posting paper anda di xxx.lanl.gov..

Regards,
Haryanto

pak haryanto saya anak mtk tapi punya teori tentang fisika, nanti klo udah jadi tolong pak haryanto kritisi saya ya!!! tapi klo mau membuat teori atau potsulat itu kita harus memulai dari mana yaaa??????

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
11389 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2008, 05:58:51 PM
oleh syx
20 Jawaban
6206 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 08:05:14 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
1210 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 23, 2009, 11:20:54 AM
oleh raisuien
1 Jawaban
2258 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2011, 03:27:18 PM
oleh The Houw Liong
9 Jawaban
3673 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2011, 04:36:10 PM
oleh MonDay

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia