Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

Show 50 latest

Penulis Topik: Mau tanya temen-temen  (Dibaca 5635 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Mau tanya temen-temen
« pada: Desember 20, 2008, 03:15:13 AM »
mau nanya ni...ada kebingungan soal gerak...ada 4 yaa..
1.kita berdiri di atas tanda yg dibuat dgn cat di dalam bak truk.,kemudian truk itu melaju dgn 200 km/jam.kita melompat sekuat tenaga..sekembalinya,apa kita masih berada di atas tanda tsb?
2.gelas kaleng penuh berisi air dijatuhkan dgn mulut mnghadap ke atas dr lantai 50.di lantai 20,apa isi air msh utuh atau udah tumpah alias "ketinggalan di atas"?


"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #1 pada: Desember 20, 2008, 03:22:52 AM »
3.Suatu tempat meletakkan makanan yg bs berputar di meja makan diatasny diletakkan sup ayam.lalu putaran itu diputar dgn kec sudut 1000 rad/s dan dihentikan tiba2. Apa yg tjd dgn sup ayam?
4.helikopter yg bensinx ga hbs2 brangkat dari atap gedung,dan beranjak ke atas setinggi 10 meter pd jam 6 pagi dan diam disana.jika bumi berputar,mungkinkah jam 6 malam ia udah ada di puncak gdung lain? Mhn bntuanx ya tmn2!

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #2 pada: Desember 20, 2008, 06:16:37 AM »
mau nanya ni...ada kebingungan soal gerak...ada 4 yaa..
1.kita berdiri di atas tanda yg dibuat dgn cat di dalam bak truk.,kemudian truk itu melaju dgn 200 km/jam.kita melompat sekuat tenaga..sekembalinya,apa kita masih berada di atas tanda tsb?
2.gelas kaleng penuh berisi air dijatuhkan dgn mulut mnghadap ke atas dr lantai 50.di lantai 20,apa isi air msh utuh atau udah tumpah alias "ketinggalan di atas"?


1. akan jatuh kembali ke tanda tersebut; karena kita sendiri pun melaju dengan kecepatan sama dgn truk.
2. masih utuh (asumsi ga goyang-goyang ya). karena percepatannya sama.

3.Suatu tempat meletakkan makanan yg bs berputar di meja makan diatasny diletakkan sup ayam.lalu putaran itu diputar dgn kec sudut 1000 rad/s dan dihentikan tiba2. Apa yg tjd dgn sup ayam?
4.helikopter yg bensinx ga hbs2 brangkat dari atap gedung,dan beranjak ke atas setinggi 10 meter pd jam 6 pagi dan diam disana.jika bumi berputar,mungkinkah jam 6 malam ia udah ada di puncak gdung lain? Mhn bntuanx ya tmn2!

3. tidak apa-apa, mangkoknya diam, supnya tetap berputar (sampai habis karena gesekan).
4. jika anginnya "diam"*, helikopter akan tetap ada di atas gedung tersebut. lain cerita kalo ketiup angin.

* diam dalam artian ikut berotasi bersama bumi dengan kecepatan sudut yang sama, artinya helikopter pun terdorong oleh angin "diam" ini untuk berotasi bersama bumi
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #3 pada: Desember 20, 2008, 09:53:20 AM »
ehm,utk no.2,sy tlh mencoba dgn gelas,sy turunkan kebwh dgn cepat,kr2 60 cm gt,ada air yg seolah tertinggal di atas...gmn njelasinx ya?

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #4 pada: Desember 20, 2008, 11:41:17 AM »
Wah ini ada hubungannya dengan gaya adhesi gelas and air serta gaya gravitasi bumi terhadap gelas, juga gaya gravitasi bumi terhadap airnya. Walaupun kalau menurut perumusan yang sederhana yang dalam keadaan ideal, percepatan gravitasi tidak dipengaruhi oleh massa. Tapi pada kenyataannya, percepatan ke bawah tersebut bukan sekedar percepatan gravitasi. Weh orang fisika ini yang paham...ikut nimbrung2 saja.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #5 pada: Desember 20, 2008, 11:44:43 AM »
waduh,gw jd ngrasa bloon ni..T.T

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #6 pada: Desember 20, 2008, 02:42:09 PM »
kayaknya rumus fisika di SMA nggak lengkap deh,..
masa' aku di ajar guruku gini,...
dari ketinggian yang sama kertas 1 kg dan besi 1 kg  dijatuhkan bersamaan, lalu jatuhnya barengan juga,... aneh kan? padahal masa jenisnya aja berbeda terus gaya gesekan udara,... lalu pas aku tanya kenapa, beliau menjawab gaya gesekan udara dianggap nol,..

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #7 pada: Desember 20, 2008, 03:42:45 PM »
nie maksudnya mungkin dgn bentuk dan luas permukaan benda yg sama...misalnya,bentuk bola dgn diameter 10 cm...meskipun massanya sama,tdk akan berpengaruh (lht rumusnya).

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #8 pada: Desember 20, 2008, 04:04:38 PM »
tapikan bisa dikatakan kalao masa jenis kertas lebih rendah dari pada masa jenis besi, otomatis volumenya lebih besar kertas kan? ya kalo sama sama bentuknya bulat, pastilah besi lebih menang kan?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #9 pada: Desember 20, 2008, 10:28:28 PM »
ehm,utk no.2,sy tlh mencoba dgn gelas,sy turunkan kebwh dgn cepat,kr2 60 cm gt,ada air yg seolah tertinggal di atas...gmn njelasinx ya?
oh, kalo gelasnya diturunkan dgn cepat sih lain lai ceritanya, karena sekarang percepatan gelas dan percepatan air dalam gelas berbeda
gelas mendapat percepatan tambahan dari tangan (yang mnurunkan cepat), sedangkan airnya jatuh karena gravitasi saja
ga cuma air kalo begitu, coba aja masukin kelereng ke gelas, trus gerakin dengan cepat gelas ke bawah, kelereng bakal kelihatan tertinggal, karena percepatan gelas lebih besar dari percepatan gravitasi
kalo percepatan turun gelas kurang dari percepatan gravitasi (diturunkan pelan2), ya akan ikut terus

ini gejala Hukum Gerak 1 Newton tentang kelembaman
"jika total gaya yang bekerja ke suatu benda ialah nol, maka benda akan berada dalam keadaan lembam/inersia (diam atau bergerak dengan kecepatan konstan)"

eksperimen lain ialah, ikat batu dengan benang, satu ujung tali diikat ke atap, satu lagi "berjuntai" bebas, jadi batunya diikat di tengah2 tali
jika benang bawah ditarik pelan2, benang atas akan putus
jika benang bawah ditarik cepat2, benang bawah akan putus


kayaknya rumus fisika di SMA nggak lengkap deh,..
masa' aku di ajar guruku gini,...
dari ketinggian yang sama kertas 1 kg dan besi 1 kg  dijatuhkan bersamaan, lalu jatuhnya barengan juga,... aneh kan? padahal masa jenisnya aja berbeda terus gaya gesekan udara,... lalu pas aku tanya kenapa, beliau menjawab gaya gesekan udara dianggap nol,..
ya, untuk kasus tanpa gesekan dan dalam ruang hampa, keduanya akan jatuh bersamaan
lain cerita kalau di sekelilingnya ada fluida (udara misalnya), maka geraknya bukan murni karena grabitasi, tapi ada pengaruh gaya gesekan udara dan gaya Archimedes
maka kelereng dan balon yang massanya sama jika djatuhkan dari ketinggian sama di ruang biasa (ber-udara/fluida), kelereng akan sampai duluan karena gaya geseknya dan archimedes-nya lebih kecil
pernah nonton Kuis Indosat Galileo (pas jaman2 SMP dulu tuh, kuisnya sangat informatif) tentang percobaan besi dan kapas dijatuhkan di ruang berudara dan di ruang vakum, di ruang berudara besi jatuh duluan, tapi di ruang vakum keduanya jatuh bersamaan
« Edit Terakhir: Desember 20, 2008, 10:32:44 PM oleh ksatriabajuhitam »

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #10 pada: Desember 20, 2008, 11:44:39 PM »
bang KBH sip bgt...clear tuh...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #11 pada: Desember 21, 2008, 12:52:01 AM »
1. Tergantung. Baknya terbuka atau tertutup, arah angin ke mana, dan melompat ke arah mana?
2. Tergantung. Ruang hampa atau ngga, ada percepatan awal atau ngga.

Bener ga ya ???

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #12 pada: Desember 21, 2008, 01:14:17 AM »
maksudnya,baknya hny terbuka di bag atas,bygkan sebuah balok...tanpa atap gt...jd ga dipengaruhi angin...dan melompatny tinggi ke atas..

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2235
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #13 pada: Desember 21, 2008, 01:32:24 AM »
Hmm, kalo kita pandang dari Hukum I Newton, soal kelembaman (inersia), berarti setiap benda akan mempertahankan kedudukannya (diam atau bergerak lurus). Nah, kalo orang itu melompat ke atas beberapa lama setelah truk melaju 200 km/jam, ga ada angin dan gaya luar lainnya, harusnya dia mendarat di titik yang sama. Kalo dia melompat tepat saat truk melaju 200 km/jam dari keadaan diam, pasti dia tertinggal.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Mau tanya temen-temen
« Jawab #14 pada: Desember 21, 2008, 03:00:59 AM »
Hmm, kalo kita pandang dari Hukum I Newton, soal kelembaman (inersia), berarti setiap benda akan mempertahankan kedudukannya (diam atau bergerak lurus). Nah, kalo orang itu melompat ke atas beberapa lama setelah truk melaju 200 km/jam, ga ada angin dan gaya luar lainnya, harusnya dia mendarat di titik yang sama. Kalo dia melompat tepat saat truk melaju 200 km/jam dari keadaan diam, pasti dia tertinggal.
ehm,maksudnya yg sy beri bold itu,baik truk dan org nya sm2 melaju sbg sebuah sistem yg tdk dpt trpisahkan gt,om?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
27 Jawaban
14608 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2009, 08:59:03 AM
oleh h4ry
9 Jawaban
4536 Dilihat
Tulisan terakhir November 30, 2008, 09:31:06 AM
oleh WfS
7 Jawaban
2841 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 25, 2010, 01:54:36 PM
oleh bagus yunanto
0 Jawaban
775 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2010, 08:34:08 PM
oleh Andalusia
7 Jawaban
3910 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 22, 2011, 07:21:39 PM
oleh taz

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia