Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: Non-Newtonian fluid  (Dibaca 10515 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Non-Newtonian fluid
« pada: Maret 06, 2007, 07:51:17 AM »
Hukum Pascal mengatakan tekanan yang dilakukan pada zat cair akan diteruskan ke semua arah secara sama. Bila tekanan pada suatu titik dalam zat cair ditambah dengan suatu harga, maka tekanan semua titik di tempat lain pada zat cair yang sama akan bertambah dengan harga yang sama pula. Prinsip ini yang dipakai pada hidrolik/piston dan scuba diving misalnya.

Nah, Non-Newtonian fluid ini adalah suatu fluida yang dapat memiliki sifat zat padat atau zat cair, bergantung dari dari tekanan yang diberikan pada zat tersebut.

Kutip
Non-Newtonian fluid is a fluid whose viscosity changes when the gradient in flow speed changes. Colloidal suspensions and polymer solutions like ketchup and starch/water paste are non-Newtonian fluids. A non-Newtonian fluid is a fluid in which the viscosity changes with the applied strain rate. As a result, non-Newtonian fluids may not have a well-defined viscosity.


Pernah denger lumpur hidup? Itu salah satu contoh Non-Newtonian fluid. Untuk lebih jelas, di bawah ini ada beberapa klip eksperimen dan beberapa orang memanfaatkan sifat Non-Newtonian fluid untuk berbagai atraksi ;D


<a href="http://www.youtube.com/v/f2XQ97XHjVw&rel=0" target="_blank">http://www.youtube.com/v/f2XQ97XHjVw&rel=0</a>

<a href="http://www.youtube.com/v/lDzampa3xrc&rel=0" target="_blank">http://www.youtube.com/v/lDzampa3xrc&rel=0</a>

<a href="http://video.google.com/googleplayer.swf?docId=-8506174547433946109" target="_blank">http://video.google.com/googleplayer.swf?docId=-8506174547433946109</a>[/center]

Bacaan terkait :

- MIT's Non-Newtonian Fluid Dynamics Research Group
- Institute of Non-Newtonian Fluid Mechanics
- Journal of Non-Newtonian Fluid Mechanics
« Edit Terakhir: Maret 16, 2007, 11:48:52 PM oleh reborn »



ayif

  • Pengunjung
Re: Non-Newtonian fluid
« Jawab #1 pada: Maret 16, 2007, 10:57:00 AM »

salam kenal tuk semua,
asyik juga bisa gabung disini.. aku lagi butuh info semoga bisa bantu, aku lagi nyari materi-materi untuk percobaan sains untuk anak-anak (SD) bagus kalo ada ilustrasinya.. adakah alamat web atau "sopwer" nya?

ayF_

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Non-Newtonian fluid
« Jawab #2 pada: Maret 16, 2007, 12:59:35 PM »

salam kenal tuk semua,
asyik juga bisa gabung disini.. aku lagi butuh info semoga bisa bantu, aku lagi nyari materi-materi untuk percobaan sains untuk anak-anak (SD) bagus kalo ada ilustrasinya.. adakah alamat web atau "sopwer" nya?

ayF_


Hi ayif,

Salam kenal juga, met gabung yah  :)
Ehmm... kalo bisa buat topiknya sendiri aja untuk materi yang dicari.. biar orang gak bingun pas buka non newtonian fluid kok percobaan sains untuk SD yang dibahas  >:(

Coba post ke Do It Yourself .... kayaknya ada yang lagi suka bereksperimen ria, kali aja bisa bantu  ;D







....................kabur dulu sebelum dijitak
« Edit Terakhir: Maret 16, 2007, 11:14:19 PM oleh reborn »

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Non-Newtonian fluid
« Jawab #3 pada: Maret 16, 2007, 11:28:03 PM »

salam kenal tuk semua,
asyik juga bisa gabung disini.. aku lagi butuh info semoga bisa bantu, aku lagi nyari materi-materi untuk percobaan sains untuk anak-anak (SD) bagus kalo ada ilustrasinya.. adakah alamat web atau "sopwer" nya?

ayF_


Hi ayif,

Salam kenal juga, met gabung yah  :)
Ehmm... kalo bisa buat topiknya sendiri aja untuk materi yang dicari.. biar orang gak bingun pas buka non newtonian fluid kok percobaan sains untuk SD yang dibahas  >:(

Coba post ke Do It Yourself .... kayaknya ada yang lagi suka bereksperimen ria, kali aja bisa bantu  ;D


sebagai member yg bertanggung jawab ehm.... maka saya akan mencoba menjawab sindirian dari om admin di sini  ... ;D


Kutip
....................kabur dulu sebelum dijitak

:mad: sini nungging  >:(  >:(

 ;D



Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 763
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:Non-Newtonian fluid
« Jawab #4 pada: Oktober 04, 2013, 09:49:42 AM »
Kutip
Pernah denger lumpur hidup? Itu salah satu contoh Non-Newtonian fluid. Untuk lebih jelas, di bawah ini ada beberapa klip eksperimen dan beberapa orang memanfaatkan sifat Non-Newtonian fluid untuk berbagai atraksi ;D

Lumpur hidup? Maksudnya pasir isap?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2743 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 10, 2008, 05:46:24 AM
oleh skuler
1 Jawaban
2620 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 25, 2010, 11:48:07 PM
oleh pedicab28

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia