Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Bima Setiaji

Hari Ini jam 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

evviapriliya

November 12, 2014, 08:16:55 PM
assalamualaikum
 :)

Show 50 latest

Penulis Topik: percepatan gravitasi  (Dibaca 15049 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ziro

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
percepatan gravitasi
« pada: September 02, 2009, 01:30:52 PM »
saya mendapatkan pernyataan bahwa
percepatan gravitasi untuk semua tempat adalah sama untuk semua benda
kira kira maksudnya apa ya?tolong dikasih jawaban dengan lengkap



Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #1 pada: September 02, 2009, 01:46:18 PM »
kurang tepat sih. perbepatan gravitasi sangat bergantung dimana objek tersebut berada lebih tepatnya jarak atau ketinggian dari pusat bumi. jadi beda percepatan gravitasi antara di permukaan pantai dengan di atas gunung. semakin dekat dengan pusat bumi maka percepatan gravitasi semakin besar (untuk dipermukaan bumi). namun sebaliknya jika di dalam perut bumi semakin dekat dengan inti bumi maka percepatan gravitasi akan semakin kecil.

Mungkin yang ditanyakan adalah percepatan gravitasi sama untuk semua objek tidak perduli sebesar apapun massa objek tersebut untuk posisi yang sama artinya jarak dengan permukaanbuminya sama. namun sekali lagi ini hanya berlaku untuk keadaan ideal. untuk keadaan real, gaya gesek akan membuat percepatan objek akan semakin kecil.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline ziro

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #2 pada: September 02, 2009, 01:52:07 PM »
thanks ats jawabannya
saya sekarang sedikit mengerti
LAKUKAN BERSAMA KELOMPOKMU


PERCEPATAN GRAVITASI


A.   Tujuan
Menunjukkan bahwa gravitasi di suatu tempat adalah sama untuk semua benda.

B.   Alat dan Bahan
1.   Stopwatch
2.   Kertas
3.   Batu

C.   Langkah Kerja
1.   Jatuhkan selembar kerta dan sebuah batu ke permukaan tanah dari ketinggian yang sama
2.   hitunglah waktu yang diperlukan kertas dan batu tersebut. Untuk sampai ke permukaan tanah menggunakan stopwatch
3.   ulangi percobaan itu berulang-ulang dengan bentuk kertas bervariasi. Caranya dengan meremas dari ukuran besar hingga ukuran yang sangat mampat/kecil.
4.   Perhatikan dan bandingkan waktu yang diperlukan oleh batu dan kertas untuk sampai ke permukaan tanah
5.   Presentasikan hasil percobaan tersebut setelah di presentasikan kemudian serahkan ke guru untuk dinilai


setelah melakukan percobaan tersebut didapatkan waktu antara batu dengan kertas yang belum dilipat dengan yang sudah dilipat sangat berbeda
nah yang ingin saya tanyakan kesimpulan manakah yang di ambil dari percobaan tersebut  yang dapat mengakibatakan "bahwa percepatan gravitasi di suatu tempat adalah sama untuk semua benda."
tolong dikash penjelasan lagi

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #3 pada: September 02, 2009, 02:10:16 PM »
untuk kertas yang tidak dilipat (KTD) maka luas permukaannya menjadi besar, inilah yang membuat gaya gesek antara KTD dengan udara menjadi besar. karena itu percepatan gravitasi "tertahan" oleh gaya gesek sehingga percepatan objek menjadi lebih kecil. sedangkan untuk kertas dilipat(KD) bertujuan untuk memperkecil luas permukaannya sehingga mengurangi gaya geseknya, semakin mampat maka semakin kecil gaya geseknya, sehingga diharapkan percepatannya mendekati percepatan gravitasi. untuk batu tidak masalah karena massanya yang relatif lebih besar daripada kertas maka gaya geseknya dengan udara bisa teratasi dengan berat si batu. jadi percepatannya lebih mendekati percepatan garvitasi tanpa harus dilipat.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Offline ziro

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #4 pada: September 02, 2009, 02:22:03 PM »
kata anda "sehingga diharapkan percepatannya mendekati percepatan gravitasi"
memang percepatan gravitasi yang gimana yang dapat menyebabkan kertas dapat mendekati percepatan tersebut
terus sumber jawaban anda darimana?
maaf banyak bertanya untuk tugas makalah saya

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #5 pada: September 02, 2009, 02:37:33 PM »
percepatan gravitasi yang lebih eksak bisa anda ukur dengan experimen yang anda lakukan dengan syarat tidak ada gesekan udara atau vakum sempurna. sedangkan tidak ada tempat yang vakum sempurna pasti ada gaya gesek antara objek yang dijatuhkan dengan udara. karena itu saya bilang kita hanya bisa berupaya untuk membuat gaya gesek sekecil-kecilnya, namun tetap saja memberikan efek terhadap hasil akhir yang tidak dapat kita hindari seluruhnya. bedakan antara "percepatan gravitasi(PG)"(secara teoritik) dan "percepatan objek(PO)"(secara eksperimental). kita dapat membuat PO mendekati PG dengan berbagai cara namun untuk membuatnya sama hampir tidak mungkin. hal lain yang mempengaruhi PO adalah bentuk objek (cuma tambahan).

ada eksperimen menarik yang mungkin anda sudah tau. untuk mengurangi gesekan KTD bisa diberikan "penghalang udara" dengan objek yang lebih besar. begini prosedurnya. letakkan selembar kertas di atas buku. lebar kertas harus lebih kecil dari permukaan buku. jatuhkan buku yang diatasnya sudah ada selembar kertas tadi. amati apa yang terjadi.


saya menulis ini cuma berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya. untuk sumber secara literatur bisa cari di buku fisika untuk sains dan teknik karangan Paul A. Tipler atau buku fisika karangan Haliday & Resnick. kedua buku itu yang menjadi referensi saya dulu.
« Edit Terakhir: September 02, 2009, 02:42:24 PM oleh superstring39 »

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6776
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #6 pada: September 02, 2009, 03:02:21 PM »
Untuk pengujian yang lebih akurat, bisa gunakan tabung hampa udara. Di satu tabung, masukkan sehelai bulu. Di tabung satunya, masukkan batu atau koin. Tentu saja ukuran tabung sama besar (juga sama tinggi), dan usahakan kedua benda tidak bergesekan dengan dinding tabung.

nah, kini jatuhkan kedua benda dari titik tertinggi tabung (bisa dengan cara membalik tabung),periksalah, anda akan temukan kedua benda jatuh bersamaan pada saat yang sama.

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #7 pada: September 02, 2009, 08:57:59 PM »
yaaah...
superstring kan dah jadi TOP IDOLnya Thread Fisika, jadi kata-katanya dah kayak "sabda" disini...
kalo' perlu referensi buat daftar pustaka mah tulis aja http://www.forumsains.com/fisika/percepatan-gravitasi
kalo' ngga tulis sebuah kutipan langsung
misal: menurut salah seorang user di forumsains dengan nama akun superstring "gravitasi akan blablablabla...."
kalo' gurunya masih ngotot ga percaya berarti dia tersesat...xP ;D

kcuali kalo' ente mw baca bukunya halliday(kalo' anda fisikawan/tertarik dengan fisika ya silakan,) tapi kalo' cuman buat ngerjain tugas...hmm...
« Edit Terakhir: September 02, 2009, 09:12:43 PM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #8 pada: September 03, 2009, 06:49:56 AM »
membuat tabung vakum udara cukup sulit dilakukan dan tetap saja tidak mungkin vakum sempurna dan masih menisahkan udara yang menyebabkan gaya gesek. kalo anda tinggal di jakarta ada tempat yang menyediakan tabung (hampir) vakum udara yang berisi bulu dan batu. tempatnya di PPIPTEK TMII, dulu saya sempat magang di sana (bukan promosi lho ya 8) ). memang jatuhnya hampir bersamaan setelah tabung dipompa vakum. namun terakhir kali saya ke sana nampaknya alat tersebut tidak di pajang mungkin sedang dalam perbaikan atau rusak.

@HyawehHoshikawa
kalo dibilang gitu gw jadi malu coz mungkin aja yang gw sampein itu juga ada salahnya :-[. biar lebih yakin coba bandingkan ke literatur yang reliable.

btw bwt ziro kalo dalam kasus pembuatan makalah atau jurnal ilmiah ambil bahan dari sumber yang jelas, maksudnya penulisnya jelas, tingkat pendidikannya jelas, pekerjaannya jelas memang ahli dibidangnya. kalo gw kan belom jelas, namanya aja gak jelas, jadi kurang tepat untuk dijadikan referensi.

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • Lihat Profil
    • faiqhr
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #9 pada: September 09, 2009, 08:32:58 PM »
apa teori gravitasi newton itu ga' bertentangan dg teorinya einstein?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #10 pada: September 10, 2009, 02:30:42 AM »
ngga, cuman waktu itu teoremanya baru ada dikit, jadi pendekatannnya masih agak jauh...(sebenernya deket juga sih...
orang ga beda-beda jauh untuk ukuran kejadian di alam yang dapat dilihat...)tapi kalo' udah untuk skala atomik,quantum atopun yang gede banget macem blackhole dkk baru ada penyimpangan...

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6776
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #11 pada: September 10, 2009, 08:16:20 AM »
Einstein memperbaiki konsep gravitasi Newton dengan teori relativitas khusus dan teori relativitas umum. Teori newton sendiri masih bisa dipakai untuk kondisi umum.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #12 pada: September 15, 2009, 12:00:23 AM »
Iya kok...
Kedua teori itu malah saling melengkapi, bukan saling menghancurkan....

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • Lihat Profil
    • faiqhr
Re: percepatan gravitasi
« Jawab #13 pada: September 15, 2009, 12:02:19 AM »
yaps,

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
8215 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2011, 10:18:34 AM
oleh superstring39
0 Jawaban
1107 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2011, 05:20:43 PM
oleh dewaadhyatma
0 Jawaban
1190 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2012, 07:03:58 PM
oleh gtx
0 Jawaban
1431 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2012, 07:32:06 PM
oleh gtx
0 Jawaban
2381 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2012, 07:51:33 PM
oleh gtx

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia