Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

ytridyrevsielixetuls

Kemarin jam 07:05:18 PM
gigi bolong gak bisa disembuhin, mas. bisanya ditambal.

aji saka

Pebruari 03, 2016, 02:29:01 PM
Assallamuaekum,sahabat forum yg terkasih,,ane mau punya maslah,dgn gigi,,ane,,karena gigi ane pada bolong cuma gagian belakang nya,,,ada yg tau kali obat nya,,,terims,,aji bogor
 

Balya

Januari 31, 2016, 10:31:28 AM
Assalamualaykum, Post terbaru setelah sekian lama tidak muncul
 

Farabi

Januari 12, 2016, 10:14:20 PM
Itu bukan bisnis, emang murni mau nebus dosa, bang.
 

ytridyrevsielixetuls

Januari 12, 2016, 09:05:41 PM
wah saya baru dengar model bisnis ky itu. gimana caranya biar dapet profit?
 

Farabi

Januari 12, 2016, 05:29:09 PM
Mahasiswa yang seneng baca, dan punya android, kalian hubungi aku aja kalau butuh internet, aku nyediain pulsa gratis buat pemakai axis unlimited tiap bulan 50 rb. Kalian hubungi aku aja, aku punya dana untuk satu tahun, nanti kalian share sendiri ke 8 orang, insyaAllah berpahala. Aku yakin betul. A
 

Farabi

Januari 12, 2016, 07:43:58 AM
Kalau anda melihat FarabiPersonalNetword atau FarabiPersonalHotspot konek saja, itu gratis. Pass:123456789

TokoAlatLaboratorium

Januari 11, 2016, 02:10:21 PM
Butuh alat-alat lab?  :D
https://alatlab.org

fiand20

Januari 07, 2016, 09:41:10 AM
Selamat Pagi semua.. :) ;) :D

Show 50 latest

Penulis Topik: Pertanyaan tentang rotasi bumi  (Dibaca 25775 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Pertanyaan tentang rotasi bumi
« pada: Agustus 03, 2011, 01:47:03 PM »
Kalau kita berdiri di atas cakram berputar, kita akan merasa terdorong keluar cakram kan? Lalu Kenapa tidak ada gaya radial menjauhi kutub untuk benda benda di daerah lingkar kutub akibat rotasi bumi? Untuk daerah di dekat khatulistiwa gaya ini akan "dinetralkan" oleh gravitasi mengingat arahnya yg tepat berlawanan. Tapi bagaimana dg daerah sekitar kutub?


No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #1 pada: Agustus 05, 2011, 11:59:09 AM »
ketika berdiri diatas cakram, gaya berat tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri dikutub atau di belahan manapun, gaya berat tidak tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri di bumi di belahan manapun juga kita mengalami gaya sentral yg sama dengan gaya sentrifugal.
#12

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #2 pada: Agustus 05, 2011, 01:26:24 PM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6926
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #3 pada: Agustus 05, 2011, 02:22:34 PM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
Apa korelasi gravitasi dengan rotasi dan revolusi?

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2011, 08:09:55 AM »
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
« Edit Terakhir: Agustus 06, 2011, 08:11:37 AM oleh rawWARus »

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #5 pada: Agustus 06, 2011, 11:24:33 AM »
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #6 pada: Agustus 06, 2011, 11:59:56 AM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita

Saya pernah membayangkan seperti ide anda di atas,  gravitasi terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi.   Baru sebatas ide,  masih menyisakan banyak pertanyaan ................. :)

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6926
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #7 pada: Agustus 06, 2011, 01:35:55 PM »
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.
« Edit Terakhir: Agustus 06, 2011, 01:43:32 PM oleh Pi-One »

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #8 pada: Agustus 07, 2011, 04:52:52 PM »
@Pi-1
massa terbentuk dari apa ?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #9 pada: Agustus 07, 2011, 09:24:45 PM »
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6926
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #10 pada: Agustus 08, 2011, 10:03:37 PM »
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
Bumi jadi lonjong itu efek dari rotasi, dan itu yang menyebabkan percepatan gravitasi di khatulistiwa lebih kecil (jarak ke pusat/inti lebih besar). Bukan sebaliknya.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #11 pada: Agustus 10, 2011, 09:57:01 AM »
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.

gravitasi terkait dengan massa itu dengan asumsi bahwa ether ada.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6926
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #12 pada: Agustus 10, 2011, 07:35:35 PM »
Seseorang, tolong sumpal mulut asbuner idiot di atas... ::)

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #13 pada: Agustus 10, 2011, 08:25:33 PM »
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?

ajarin dong.
:'(
 kok bisa ngitung2 kaya gitu...
:)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #14 pada: Agustus 11, 2011, 03:15:43 PM »
Bicara gravitasi bukan suatu gaya,  itu berdasarkan teorinya siapa ?? 

Dan bicara gravitasi terkait dengan massa itu berdasarkan teorinya siapa ??
« Edit Terakhir: Agustus 11, 2011, 03:20:23 PM oleh semut-ireng »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
4464 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 28, 2009, 07:53:24 PM
oleh ksatriabajuhitam
7 Jawaban
6103 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 18, 2011, 08:42:38 PM
oleh Muhammad Taufiqi
6 Jawaban
4616 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2011, 03:19:04 PM
oleh 12
20 Jawaban
9332 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2011, 02:23:06 PM
oleh mhyworld
6 Jawaban
3411 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2011, 08:40:41 PM
oleh Pi-Man

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia