Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

esusukambing

Hari Ini jam 09:58:43 AM
Gue suka forum nie,...
buat nambah pengetahuan :) :)

esusukambing

Kemarin jam 11:53:50 AM
Ayoo.. buruan jadi agen susu kambing etawa begifa.. ;)

Gabung grup FB Agen Susu Begifa --> https://goo.gl/IN7CFd

Info dan pertanyaan lebih lanjut :
BBM : 54D01E87 | WA : 0878.3622.9494

Online Shop Sepatu

Agustus 28, 2015, 11:30:15 PM

aji saka

Agustus 28, 2015, 05:19:10 PM
Perkenal kan nama saya ajisaka tggl di bogor

ViviSeptri

Agustus 25, 2015, 05:53:54 AM
1. Mengapa terjadi penyerapan dan pelepasan elektron, yang akan masuk ke sistem transport elektron
2. mengapa pada aliran elektron tidak ada produksi NADPH dan tidak ada pelepasan oksigen?
3. Energi apa yang digunakan dalamfotosintesis
4. warna gelombang cahaya manakah yang penting dalam fotosint

jetkoplo

Agustus 24, 2015, 12:35:06 AM
Bagi yang interest ke sains coba deh ikutan Science Project Awards, siapa tau menang.
Lengkapnya klik aja www.starfm3uns.wordpress.com/science-project-awards/

 ;)

khariesma07

Agustus 21, 2015, 01:47:40 AM
KAMI JUAL OBAT ABORSI | *** | *** | *** | *** MISOPROSTOL | GASTRUL


INFO ORDER PEMESANAN VIA SMS / BBM KE :
Call me : 082243840567 - PIN BB : 29b8b770
Website : www.pelancarhaid1-6.blogspot.com


*** *** ( misoprostol pfizer)

fathoni

Agustus 20, 2015, 10:37:32 PM
salam kenal,
kebetulan saya ada kesulitan dengan soal fisika, kalau mau tanya gimana caranya ya??

fiand20

Agustus 06, 2015, 10:15:07 AM
Salam kenal yah semua,, :D ;)

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Show 50 latest

Penulis Topik: Pertanyaan tentang rotasi bumi  (Dibaca 22866 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Pertanyaan tentang rotasi bumi
« pada: Agustus 03, 2011, 01:47:03 PM »
Kalau kita berdiri di atas cakram berputar, kita akan merasa terdorong keluar cakram kan? Lalu Kenapa tidak ada gaya radial menjauhi kutub untuk benda benda di daerah lingkar kutub akibat rotasi bumi? Untuk daerah di dekat khatulistiwa gaya ini akan "dinetralkan" oleh gravitasi mengingat arahnya yg tepat berlawanan. Tapi bagaimana dg daerah sekitar kutub?


No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #1 pada: Agustus 05, 2011, 11:59:09 AM »
ketika berdiri diatas cakram, gaya berat tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri dikutub atau di belahan manapun, gaya berat tidak tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri di bumi di belahan manapun juga kita mengalami gaya sentral yg sama dengan gaya sentrifugal.
#12

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #2 pada: Agustus 05, 2011, 01:26:24 PM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6921
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #3 pada: Agustus 05, 2011, 02:22:34 PM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
Apa korelasi gravitasi dengan rotasi dan revolusi?

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2011, 08:09:55 AM »
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
« Edit Terakhir: Agustus 06, 2011, 08:11:37 AM oleh rawWARus »

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #5 pada: Agustus 06, 2011, 11:24:33 AM »
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #6 pada: Agustus 06, 2011, 11:59:56 AM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita

Saya pernah membayangkan seperti ide anda di atas,  gravitasi terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi.   Baru sebatas ide,  masih menyisakan banyak pertanyaan ................. :)

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6921
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #7 pada: Agustus 06, 2011, 01:35:55 PM »
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.
« Edit Terakhir: Agustus 06, 2011, 01:43:32 PM oleh Pi-One »

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #8 pada: Agustus 07, 2011, 04:52:52 PM »
@Pi-1
massa terbentuk dari apa ?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #9 pada: Agustus 07, 2011, 09:24:45 PM »
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6921
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #10 pada: Agustus 08, 2011, 10:03:37 PM »
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
Bumi jadi lonjong itu efek dari rotasi, dan itu yang menyebabkan percepatan gravitasi di khatulistiwa lebih kecil (jarak ke pusat/inti lebih besar). Bukan sebaliknya.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #11 pada: Agustus 10, 2011, 09:57:01 AM »
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.

gravitasi terkait dengan massa itu dengan asumsi bahwa ether ada.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6921
  • IQ: 38
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #12 pada: Agustus 10, 2011, 07:35:35 PM »
Seseorang, tolong sumpal mulut asbuner idiot di atas... ::)

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #13 pada: Agustus 10, 2011, 08:25:33 PM »
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?

ajarin dong.
:'(
 kok bisa ngitung2 kaya gitu...
:)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #14 pada: Agustus 11, 2011, 03:15:43 PM »
Bicara gravitasi bukan suatu gaya,  itu berdasarkan teorinya siapa ?? 

Dan bicara gravitasi terkait dengan massa itu berdasarkan teorinya siapa ??
« Edit Terakhir: Agustus 11, 2011, 03:20:23 PM oleh semut-ireng »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
4093 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 28, 2009, 07:53:24 PM
oleh ksatriabajuhitam
7 Jawaban
5522 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 18, 2011, 08:42:38 PM
oleh Muhammad Taufiqi
6 Jawaban
3960 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2011, 03:19:04 PM
oleh 12
20 Jawaban
8231 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2011, 02:23:06 PM
oleh mhyworld
6 Jawaban
2887 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2011, 08:40:41 PM
oleh Pi-Man

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia