Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

SplitzBurned

Kemarin jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya

Show 50 latest

Penulis Topik: Pertanyaan tentang rotasi bumi  (Dibaca 17069 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Pertanyaan tentang rotasi bumi
« pada: Agustus 03, 2011, 01:47:03 PM »
Kalau kita berdiri di atas cakram berputar, kita akan merasa terdorong keluar cakram kan? Lalu Kenapa tidak ada gaya radial menjauhi kutub untuk benda benda di daerah lingkar kutub akibat rotasi bumi? Untuk daerah di dekat khatulistiwa gaya ini akan "dinetralkan" oleh gravitasi mengingat arahnya yg tepat berlawanan. Tapi bagaimana dg daerah sekitar kutub?


No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline 12

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #1 pada: Agustus 05, 2011, 11:59:09 AM »
ketika berdiri diatas cakram, gaya berat tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri dikutub atau di belahan manapun, gaya berat tidak tegak lurus dengan torsi. ketika berdiri di bumi di belahan manapun juga kita mengalami gaya sentral yg sama dengan gaya sentrifugal.
#12

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #2 pada: Agustus 05, 2011, 01:26:24 PM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6711
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #3 pada: Agustus 05, 2011, 02:22:34 PM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita
Apa korelasi gravitasi dengan rotasi dan revolusi?
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #4 pada: Agustus 06, 2011, 08:09:55 AM »
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
« Edit Terakhir: Agustus 06, 2011, 08:11:37 AM oleh rawWARus »

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #5 pada: Agustus 06, 2011, 11:24:33 AM »
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #6 pada: Agustus 06, 2011, 11:59:56 AM »
Menurut saya gravitasi itu terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi, dan gaya gravitasi dikutub itu juga sudah disesuaikan dengan ditandai adanya gerakan matahari yg terkadang sampai tepat diatas kepala kita

Saya pernah membayangkan seperti ide anda di atas,  gravitasi terbentuk karena adanya rotasi dan revolusi.   Baru sebatas ide,  masih menyisakan banyak pertanyaan ................. :)

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6711
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #7 pada: Agustus 06, 2011, 01:35:55 PM »
cb menurut mu apa penyebab gravitasi ?baik secara makro dan mikro... :D
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.
« Edit Terakhir: Agustus 06, 2011, 01:43:32 PM oleh Pi-One »

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #8 pada: Agustus 07, 2011, 04:52:52 PM »
@Pi-1
massa terbentuk dari apa ?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #9 pada: Agustus 07, 2011, 09:24:45 PM »
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6711
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #10 pada: Agustus 08, 2011, 10:03:37 PM »
percepatan sentripetal di kutub paling kecil, di khatulistiwa paling besar
karena itu percepatan gravitasi efektif di khatulistiwa paling kecil (efeknya bumi jadi lonjong)
Bumi jadi lonjong itu efek dari rotasi, dan itu yang menyebabkan percepatan gravitasi di khatulistiwa lebih kecil (jarak ke pusat/inti lebih besar). Bukan sebaliknya.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #11 pada: Agustus 10, 2011, 09:57:01 AM »
Gravitasi itu terkait dengan massa. Mau bendanya berputar pada poros, berputar mengelilingi obyek lain, gak mempengaruhi gravitasinya. Lain soal jika anda bicara total gaya, dimana gravitasi menjadi salah satu variabel.

gravitasi terkait dengan massa itu dengan asumsi bahwa ether ada.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6711
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #12 pada: Agustus 10, 2011, 07:35:35 PM »
Seseorang, tolong sumpal mulut asbuner idiot di atas... ::)

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #13 pada: Agustus 10, 2011, 08:25:33 PM »
sudah coba saya hitung di posting baru.... http://www.forumsains.com/fisika/di-cina-gravitasi-tidak-tepat-mengarah-vertikal-ke-bawah/
hasilnya kok aneh ya?

ajarin dong.
:'(
 kok bisa ngitung2 kaya gitu...
:)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« Jawab #14 pada: Agustus 11, 2011, 03:15:43 PM »
Bicara gravitasi bukan suatu gaya,  itu berdasarkan teorinya siapa ?? 

Dan bicara gravitasi terkait dengan massa itu berdasarkan teorinya siapa ??
« Edit Terakhir: Agustus 11, 2011, 03:20:23 PM oleh semut-ireng »

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
3682 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 28, 2009, 07:53:24 PM
oleh ksatriabajuhitam
7 Jawaban
4649 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 18, 2011, 08:42:38 PM
oleh Muhammad Taufiqi
6 Jawaban
2842 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2011, 03:19:04 PM
oleh 12
20 Jawaban
6372 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2011, 02:23:06 PM
oleh mhyworld
6 Jawaban
2160 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2011, 08:40:41 PM
oleh Pi-Man

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia