Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

visitpare

Juli 29, 2014, 12:13:15 AM
dah malam.. maaf ya frenn ;) ;) ;) ;D ;D ;D ;D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:12:45 AM
mana nihh.. kok seooouupiii ya..  >:( >:(

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:57 AM
 >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:( >:(

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:34 AM
 ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:11:02 AM
 :D :D :D :D :D :D

visitpare

Juli 29, 2014, 12:10:44 AM
......zzz.....

visitpare

Juli 29, 2014, 12:10:16 AM
Bagi yang tau info cpns tlg shout ke sini.. makasih banyak

visitpare

Juli 29, 2014, 12:09:14 AM
Ada info tentang CPNS 2014 gak ya? mohon infonya.

visitpare

Juli 29, 2014, 12:05:59 AM
Selamat atas kemenangan Pak Jokowi di Pilpres 2014
 

Muztank

Juli 17, 2014, 07:38:54 AM
woi jangan jualan obat aborsi d sini !!

Show 50 latest

Penulis Topik: Plasma, wujud zat ke empat  (Dibaca 18801 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Lihat Profil
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Plasma, wujud zat ke empat
« pada: Maret 07, 2008, 02:46:12 PM »
Mau tanya nih,
Emmm, sifat fisik dan kimia dari plasma itu gimana yah?
Sulit dibayangin kalo gas dipanasin terus, entar jadi plasma

 ???    ;D
  ???    ;D
   ???    ;D
     ???    ;D



astronomsableng

  • Pengunjung
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #1 pada: Maret 07, 2008, 09:27:29 PM »
Plasma adalah gas yang terionisasi, artinya gas tersebut sudah kehilangan elektron2nya. Kita tahu bahwa sebuah unsur terdiri atas elektron dan nukleus (yang terdiri atas proton dan neutron). Dalam zat padat, atom2 terikat satu sama lain membentuk molekul, yang masing2 terikat dalam suatu ikatan kimia yang kuat. Pada zat padat, molekul2 terikat dalam ikatan kimia lemah, dan dalam gas, molekul2 terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia.

Nah dalam plasma, unsur2 tersebut tidak lagi bersatu membentuk molekul, dan unsur2 tersebut kehilangan elektron2nya. Jadi dalam plasma, yang ada adalah sebuah "sup" yang terdiri atas nukleus dan elektron.

Karena plasma memiliki banyak elektron bebas, maka plasma dapat menjadi konduktor yang baik sekali. Contoh plasma adalah lampu neon atau display komputer.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #2 pada: Maret 04, 2009, 07:12:54 PM »
jadi plasma adalah unsur-unsur gas yang bermuatan tapi tidak membentuk ikatan?
kok bisa?

saya minta tahu proses yang digunakan donk!!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #3 pada: Maret 04, 2009, 08:42:28 PM »

seperti ini ya plasma itu...dan yang ada di film final fantasy juga ada plasma, dan senjata2 dari plasma....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #4 pada: Maret 26, 2009, 05:54:26 PM »
apakah api dapat dikategorikan sebagai plasma?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #5 pada: Maret 27, 2009, 11:24:35 AM »
apakah api dapat dikategorikan sebagai plasma?
api itu gaszz.....

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #6 pada: Maret 27, 2009, 05:09:43 PM »
api itu gaszz.....

kalau gas berarti api bisa disimpan dalam ruangan tertutup?
kalau elektron benda apa?

sepertinya penggolongan ini ada batasnya dech

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #7 pada: Maret 28, 2009, 11:29:59 AM »
kalau gas berarti api bisa disimpan dalam ruangan tertutup?
kalau elektron benda apa?

sepertinya penggolongan ini ada batasnya dech
hei..hei.. yang ditanya wujudnya kan, yah..wujudnya gas dalam persamaan hidrokarbon contohnya reaksi pembakaran dinalarkan sebagai penambahan O2 (g)
justru api membutuhkan O2 bebas untuk menyala, tapi kalo ditutup dengan ruang tertutup dengan ada O2 tentu api bisa nyala....
« Edit Terakhir: Maret 28, 2009, 11:31:49 AM oleh nandaz »

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #8 pada: Maret 28, 2009, 04:44:36 PM »
sebalumnya maap dech hehehe :D :D :D

tapi dibeberapa artikel ada yang menyebutkan bahwa busur api (sama nggak ya dengan api?) merupakan plasma!
ada yang tahu jenis-jenis/ tipe-tipe plasma yang ada nggak?
eh teknologi plasma bisa digunakan untuk membangkitkan energi lho, di Jepang dan AS sudah menerapkannya
Kutip
Geoplasma, salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi tersebut, berhasil membuat busur api yang jauh lebih efisien untuk menghancurkan sampah dengan gas super panas atau dikenal juga dengan plasma yang dihasilkannya.

« Edit Terakhir: Maret 28, 2009, 05:04:54 PM oleh utusan langit »

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #9 pada: Maret 28, 2009, 09:11:01 PM »
...wah, masih belum ada yang bisa menjawab wujud plasma seperti apa....UL browsing lewat mana...kelihatannya disana udah dapat menjawab kesamaan antara api dan plasma...apa juga membutuhkan udara kayak api..?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #10 pada: Maret 29, 2009, 07:50:06 AM »
...wah, masih belum ada yang bisa menjawab wujud plasma seperti apa....UL browsing lewat mana...kelihatannya disana udah dapat menjawab kesamaan antara api dan plasma...apa juga membutuhkan udara kayak api..?

intinya memanaskan udara sampai suhu 5-6 ribu kelvin. akibatnya molekul udara akan terpisah karena kehilangan elektronnya...

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #11 pada: April 01, 2009, 09:46:41 PM »
api itu perubahan dari gas ke plasma... karena klo plasma adalah gas yang terionisasi dengan sempurna tetapi api masih terionisasi sebagian...

padat ---dipanaskan--> cair ---dipanaskan---> gas ---dipanaskan--> plasma

tuk lebih jelasnya baca

1. Principles of Plasma Discharges and Materials Processing
2. fundamental of plasma physics
3. plasma and energy
4. plasma in blood stream (looh....?#$)

dan bukti bahwa plasma adalah gas yang terionisasi adalah plasma dapat dikendalikan dengan medan magnet dan medan listrik. seperti pada ARC reactor, ITER reactor, dan reaktor2 fusi yang lain.....

CMIIW
« Edit Terakhir: April 01, 2009, 09:52:07 PM oleh dark_nekron »
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #12 pada: April 01, 2009, 09:52:31 PM »
api itu perubahan dari gas ke plasma... karena klo plasma adalah gas yang terionisasi dengan sempurna tetapi api masih terionisasi sebagian...

padat ---dipanaskan--> cair ---dipanaskan---> gas ---dipanaskan--> plasma

tuk lebih jelasnya baca

1. Principles of Plasma Discharges and Materials Processing
2. fundamental of plasma physics
3. plasma and energy
4. plasma in blood stream (looh....?#$)

dan bukti bahwa plasma adalah gas yang terionisasi adalah plasma dapat dikendalikan dengan medan magnet dan medan listrik. seperti pada ARC reactor, ITER reactor, dan reaktor2 fusi yang lain.....

CMIIW

thanks infonya.... ;D ;D ;D ;D

Offline nachan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #13 pada: April 10, 2009, 01:25:18 AM »
jadiii...
intinya plasma itu,
cair/padat/gas??

soalnya waktu sd gak pernah diajari plasma nie>> ^-^

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #14 pada: April 10, 2009, 07:52:34 AM »
jadiii...
intinya plasma itu,
cair/padat/gas??

padat => cair => gas => plasma
jadi plasma tidak masuk dalam padat/cair/gas, karena itu plasma dianggap sebagai wujud ke empat

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
2768 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2010, 02:06:57 PM
oleh Astrawinata G
Plasma

Dimulai oleh Farabi « 1 2 » Kimia

20 Jawaban
3499 Dilihat
Tulisan terakhir April 17, 2010, 12:27:55 PM
oleh sisca, chemistry
13 Jawaban
3676 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 05, 2010, 12:24:42 PM
oleh hawari
2 Jawaban
2700 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2011, 01:08:48 AM
oleh khenstein
0 Jawaban
116 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2014, 04:07:58 PM
oleh winchester

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia