Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Plasma, wujud zat ke empat  (Dibaca 19848 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Lihat Profil
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Plasma, wujud zat ke empat
« pada: Maret 07, 2008, 02:46:12 PM »
Mau tanya nih,
Emmm, sifat fisik dan kimia dari plasma itu gimana yah?
Sulit dibayangin kalo gas dipanasin terus, entar jadi plasma

 ???    ;D
  ???    ;D
   ???    ;D
     ???    ;D



astronomsableng

  • Pengunjung
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #1 pada: Maret 07, 2008, 09:27:29 PM »
Plasma adalah gas yang terionisasi, artinya gas tersebut sudah kehilangan elektron2nya. Kita tahu bahwa sebuah unsur terdiri atas elektron dan nukleus (yang terdiri atas proton dan neutron). Dalam zat padat, atom2 terikat satu sama lain membentuk molekul, yang masing2 terikat dalam suatu ikatan kimia yang kuat. Pada zat padat, molekul2 terikat dalam ikatan kimia lemah, dan dalam gas, molekul2 terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia.

Nah dalam plasma, unsur2 tersebut tidak lagi bersatu membentuk molekul, dan unsur2 tersebut kehilangan elektron2nya. Jadi dalam plasma, yang ada adalah sebuah "sup" yang terdiri atas nukleus dan elektron.

Karena plasma memiliki banyak elektron bebas, maka plasma dapat menjadi konduktor yang baik sekali. Contoh plasma adalah lampu neon atau display komputer.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #2 pada: Maret 04, 2009, 07:12:54 PM »
jadi plasma adalah unsur-unsur gas yang bermuatan tapi tidak membentuk ikatan?
kok bisa?

saya minta tahu proses yang digunakan donk!!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #3 pada: Maret 04, 2009, 08:42:28 PM »

seperti ini ya plasma itu...dan yang ada di film final fantasy juga ada plasma, dan senjata2 dari plasma....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #4 pada: Maret 26, 2009, 05:54:26 PM »
apakah api dapat dikategorikan sebagai plasma?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #5 pada: Maret 27, 2009, 11:24:35 AM »
apakah api dapat dikategorikan sebagai plasma?
api itu gaszz.....

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #6 pada: Maret 27, 2009, 05:09:43 PM »
api itu gaszz.....

kalau gas berarti api bisa disimpan dalam ruangan tertutup?
kalau elektron benda apa?

sepertinya penggolongan ini ada batasnya dech

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #7 pada: Maret 28, 2009, 11:29:59 AM »
kalau gas berarti api bisa disimpan dalam ruangan tertutup?
kalau elektron benda apa?

sepertinya penggolongan ini ada batasnya dech
hei..hei.. yang ditanya wujudnya kan, yah..wujudnya gas dalam persamaan hidrokarbon contohnya reaksi pembakaran dinalarkan sebagai penambahan O2 (g)
justru api membutuhkan O2 bebas untuk menyala, tapi kalo ditutup dengan ruang tertutup dengan ada O2 tentu api bisa nyala....
« Edit Terakhir: Maret 28, 2009, 11:31:49 AM oleh nandaz »

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #8 pada: Maret 28, 2009, 04:44:36 PM »
sebalumnya maap dech hehehe :D :D :D

tapi dibeberapa artikel ada yang menyebutkan bahwa busur api (sama nggak ya dengan api?) merupakan plasma!
ada yang tahu jenis-jenis/ tipe-tipe plasma yang ada nggak?
eh teknologi plasma bisa digunakan untuk membangkitkan energi lho, di Jepang dan AS sudah menerapkannya
Kutip
Geoplasma, salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi tersebut, berhasil membuat busur api yang jauh lebih efisien untuk menghancurkan sampah dengan gas super panas atau dikenal juga dengan plasma yang dihasilkannya.

« Edit Terakhir: Maret 28, 2009, 05:04:54 PM oleh utusan langit »

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #9 pada: Maret 28, 2009, 09:11:01 PM »
...wah, masih belum ada yang bisa menjawab wujud plasma seperti apa....UL browsing lewat mana...kelihatannya disana udah dapat menjawab kesamaan antara api dan plasma...apa juga membutuhkan udara kayak api..?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #10 pada: Maret 29, 2009, 07:50:06 AM »
...wah, masih belum ada yang bisa menjawab wujud plasma seperti apa....UL browsing lewat mana...kelihatannya disana udah dapat menjawab kesamaan antara api dan plasma...apa juga membutuhkan udara kayak api..?

intinya memanaskan udara sampai suhu 5-6 ribu kelvin. akibatnya molekul udara akan terpisah karena kehilangan elektronnya...

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #11 pada: April 01, 2009, 09:46:41 PM »
api itu perubahan dari gas ke plasma... karena klo plasma adalah gas yang terionisasi dengan sempurna tetapi api masih terionisasi sebagian...

padat ---dipanaskan--> cair ---dipanaskan---> gas ---dipanaskan--> plasma

tuk lebih jelasnya baca

1. Principles of Plasma Discharges and Materials Processing
2. fundamental of plasma physics
3. plasma and energy
4. plasma in blood stream (looh....?#$)

dan bukti bahwa plasma adalah gas yang terionisasi adalah plasma dapat dikendalikan dengan medan magnet dan medan listrik. seperti pada ARC reactor, ITER reactor, dan reaktor2 fusi yang lain.....

CMIIW
« Edit Terakhir: April 01, 2009, 09:52:07 PM oleh dark_nekron »
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #12 pada: April 01, 2009, 09:52:31 PM »
api itu perubahan dari gas ke plasma... karena klo plasma adalah gas yang terionisasi dengan sempurna tetapi api masih terionisasi sebagian...

padat ---dipanaskan--> cair ---dipanaskan---> gas ---dipanaskan--> plasma

tuk lebih jelasnya baca

1. Principles of Plasma Discharges and Materials Processing
2. fundamental of plasma physics
3. plasma and energy
4. plasma in blood stream (looh....?#$)

dan bukti bahwa plasma adalah gas yang terionisasi adalah plasma dapat dikendalikan dengan medan magnet dan medan listrik. seperti pada ARC reactor, ITER reactor, dan reaktor2 fusi yang lain.....

CMIIW

thanks infonya.... ;D ;D ;D ;D

Offline nachan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #13 pada: April 10, 2009, 01:25:18 AM »
jadiii...
intinya plasma itu,
cair/padat/gas??

soalnya waktu sd gak pernah diajari plasma nie>> ^-^

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Plasma, wujud zat ke empat
« Jawab #14 pada: April 10, 2009, 07:52:34 AM »
jadiii...
intinya plasma itu,
cair/padat/gas??

padat => cair => gas => plasma
jadi plasma tidak masuk dalam padat/cair/gas, karena itu plasma dianggap sebagai wujud ke empat

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
3102 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2010, 02:06:57 PM
oleh Astrawinata G
Plasma

Dimulai oleh Farabi « 1 2 » Kimia

20 Jawaban
3854 Dilihat
Tulisan terakhir April 17, 2010, 12:27:55 PM
oleh sisca, chemistry
2 Jawaban
2859 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2011, 01:08:48 AM
oleh khenstein
0 Jawaban
297 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2014, 04:07:58 PM
oleh winchester
2 Jawaban
399 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 22, 2014, 06:22:16 AM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia