Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Kemarin jam 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

Show 50 latest

Penulis Topik: radiasi vs radioaktif  (Dibaca 4644 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
radiasi vs radioaktif
« pada: Oktober 31, 2011, 11:21:30 AM »
awalnya saya kira radiasi dgn radioktif itu sama, tapi setelah sy pikir2 ternyata berbeda. perbedaan dan persamaan radiasi dgn radioaktif itu apa saja ya ???


i adore your intelligence

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1381
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #1 pada: Oktober 31, 2011, 01:32:02 PM »
Secara umum, radiasi itu adalah pemancaran gelombang elektromagnetik. Radiasi bisa berlangsung tanpa adanya medium perantara.
Sedangkan radioaktif adalah sifat zat yang mampu memancarkan radiasi secara spontan. Biasanya diikuti dengan peluruhan inti atomnya dan berubah menjadi inti atom/isotop yang lain. Zat radioaktif tersusun dari isotop-isotop yang tidak stabil, dengan waktu peluruhan yang bervariasi tergantung jenisnya.
Zat non-radioaktif tersusun dari isotop-isotop stabil, sehingga tidak memancarkan radiasi secara spontan. Zat ini dapat memancarkan radiasi jika diberi aksi tertentu, misalnya dipanaskan, dialiri arus listrik, digerakkan dalam medan magnet, dan sebagainya. Namun jika aksi tersebut dihentikan, lama-lama radiasinya akan hilang dengan sendirinya, setelah mencapai kesetimbangan dengan lingkungannya.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #2 pada: Oktober 31, 2011, 02:59:04 PM »
radiasi itu proses atau hasilnya (sinar gama, alpha, beta), radioaktif bahannya (uranium, radium, dll). setahu saya begitu.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #3 pada: Oktober 31, 2011, 03:45:22 PM »
nah kalau boleh tau sinar gamma, sinar beta dan sinar alpha itu hasil dr apa?

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #4 pada: Oktober 31, 2011, 04:33:48 PM »
intinya, sinar gamma itu ya foton/cahaya
sinar beta itu berkas elektron
sinar alpha itu berkas proton

dihasilkan dari apa, bisa macam-macam.
contoh: sinar gamma bisa dari radioaktif, bisa dari eksitasi atom, bisa dari peleburan pasangan partikel-antipartikel, etc.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1381
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #5 pada: Oktober 31, 2011, 05:44:42 PM »
koreksi dikit, sinar alpha itu komposisinya sama dengan inti helium (terdiri dari 2 proton dan 2 neutron)

Offline afitzone

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #6 pada: Oktober 31, 2011, 05:53:10 PM »
untuk melihat perbedaan alangkah lebih baiknya belajar fisika dulu di physicsclassroom.com

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1381
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #7 pada: Oktober 31, 2011, 05:55:37 PM »
radiasi itu proses atau hasilnya (sinar gama, alpha, beta), radioaktif bahannya (uranium, radium, dll). setahu saya begitu.
Terima kasih koreksinya. Saya terlalu fokus pada radiasi elektromagnetik karena memang radiasi ini yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #8 pada: November 01, 2011, 12:42:49 PM »
koreksi dikit, sinar alpha itu komposisinya sama dengan inti helium (terdiri dari 2 proton dan 2 neutron)
tengkyu.
hehe udah agak lupa, dah lama ga "mainan" beginian.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #9 pada: November 01, 2011, 08:41:39 PM »
Dan definisi isotop adalah suatu atom yang mempunyai elektron tambahan, begitu bukan?
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1381
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #10 pada: November 02, 2011, 09:45:25 AM »
Isotop adalah varian atom dari suatu elemen kimia, yang memiliki jumlah neutron yang berbeda dalam intinya. Berdasarkan definisi, elemen kimia dikelompokkan berdasarkan jumlah proton, sehingga isotop-isotop dari suatu atom memiliki jumlah proton yang sama.
Beberapa isotop dikategorikan sebagai isotop yang stabil, karena memiliki waktu paro yang relatif lama, bahkan ada yang melebihi umur jagat raya. Ada juga isotop yang sangat reaktif, waktu paronya bisa kurang dari 1 detik.

Atom yang memiliki tambahan elektron atau kekurangan elektron disebut ion. Atom dengan jumlah elektron melebihi proton akan memiliki muatan total negatif, dan disebut anion. Atom dengan jumlah elektron kurang dari jumlah proton akan memiliki muatan total positif, dan disebut kation.


Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #11 pada: November 02, 2011, 12:20:21 PM »
Ah ngerti ngerti, isotop adalah varian dari atom, dan ion adalah kekurangan atau kelebihan elektron. Saya udah mentok berbulan bulan ga ngerti ngerti masalah ini. ;D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #12 pada: November 02, 2011, 05:25:35 PM »
sebenarnya saya masih awam (atau bingung) dengan pelajaran dasar ini. gunanya isotop, kation, anion dkk ini dalam kehidupan sehari-hari apa ya ???

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #13 pada: November 02, 2011, 07:30:41 PM »
Kadang ada beberapa varian atom atau isotop ini yang berguna untuk suatu hal, entah pengobatan, persenjataan atau malah komunikasi, tergantung dari sifat sifatnya masing masing berdasarkan pengamatan materi tersebut terhadap lingkungannya.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: radiasi vs radioaktif
« Jawab #14 pada: November 04, 2011, 02:38:04 PM »
Pernah denger dulu kalo radioisotop tertentu dipakai buat mencari lokasi kebocoran gas atau minyak. bahan radioaktif dicampur ke minyak, nah berhubung bahan radioaktif ini memancarkan radiasi, jadi bisa kita tahu lokasi kebocoran di dalam tanah misalnya.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
7046 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2009, 06:40:46 AM
oleh superstring39
8 Jawaban
7695 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 02, 2009, 08:03:28 AM
oleh superstring39
4 Jawaban
6843 Dilihat
Tulisan terakhir April 01, 2009, 10:03:29 PM
oleh nandaz
2 Jawaban
2109 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2011, 12:41:18 PM
oleh exile_rstd
2 Jawaban
2044 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2012, 12:34:26 AM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia