Berita: Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: Rahasia Berjalan di Atas Bara  (Dibaca 8403 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline wuriant

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
Rahasia Berjalan di Atas Bara
« pada: Agustus 12, 2009, 11:14:53 AM »
Rahasia Berjalan di Atas Bara




JAKARTA, SENIN - Profesor Fisika David Willey tidak menggunakan kapur dan papan tulis untuk menjelaskan termodinamika. Tapi, ia berjalan di atas bara api dengan kaki telanjang, keberanian yang sering dipertunjukkan di berbagai pelatihan motivasi.

"Tidak ada yang lebih menarik para mahasiswa daripada pertunjukan yang seolah-olah dapat membunuh saya," kata Willey yang merupakan penerima penghargaan terbaik dalam pengajaran dari Presiden AS di Universitas Pittsburgh, Johnstown. Seperti diduga, ia tidak mengalami luka sedikit pun karena melakukannya dengan berjalan cepat.

Ia bukanlah yang pertama mempertunjukkan kemampuan tersebut karena pada dasarnya semua orang dapat melakukannya. Ritual berjalan di atas bara api telah dilakukan manusia sejak ribuan tahun lalu. Sejarah mencatat praktik seperti ini paling awal dilakukan pada 1.200 sebelum Masehi.

Berbagai peradaban dari Yunani hingga China melakukannya sebagai prosesi penyembuhan, upacara keagamaan, dan inisiasi (memulai sesuatu). Saat ini, kegiatan seperti ini juga marak dilakukan para ahli motivasi untuk meningkatkan kepercayaan diri para kliennya dan pengobatan alternatif.

Isolator

Para ilmuwan telah menemukan penjelasan ilmiah mengapa berjalan di atas bara api tidak melukai kulit kaki sejak 1930-an. Dewan Riset Fisika Universitas London menemukan bahwa rahasianya ada di kayu dan bukan kekuatan gaib atau supernatural.

Bara api yang digunakan pada upacara umumnya dari kayu yang dibakar di hingga membara. Bara yang terbakar bisa mencapai suhu 538 derajat Celcius. Willey sendiri berjalan di atas bara yang suhunya mencapai 982 derajat Celcius.

Namun, kulit kaki bisa tahan terhadap panas sebesar itu karena hanya sebagian kecil panas yang mengalir dari bara ke kulit. Meskipun terbakar, kayu tidak akan sepanas itu dan masih bersifat sebagai konduktor (penghantar panas) yang buruk. Dalam keadaan normal, kayu merupakan isolator yang baik sehingga tidak menghantarkan panas.

Konduksi merupakan bentuk perpindahan panas dari suatu material ke material lain yang lebih dingin. Pada proses tersebut, getaran molekul-molekul material yang panas akan bertubrukan dengan molekul-molekul yang lebih dingin dan memindahkan energinya.

Karena kayu merupakan konduktor yang buruk, energi dalam bentuk panas tetap tertahan di dalam bara sehingga hanya sedikit yang dipindahkan ke kulit kaki. Lapisan abu yang terbentuk di permukaan kayu juga membantu menahan aliran panas dari dalam bara ke luar.

Itulah mengapa orang yang berani berjalan di atas bara tidak akan berani melakukannya di besi yang membara. Karena bersifat konduktor yang sangat baik, logam yang membara akan terasa sangat panas dan dapat melukai kulit kaki.

Berjalan dengan cepat di atas bara juga mencegah kulit melepuh. Saat salah satu kaki menapak di bara kayu, kaki lainnya punya kesempatan untuk dingin kembali saat melayang di udara. Permukaan kulit mati juga menjadi pelindung tambahan bagi kulit di bawahnya.

Meskipun praktik berjalan di atas bara api sebaiknya tidak dilakukan tahap latihan yang cukup, pada dasarnya setiap orang yang sehat dapat melakukannya. Menurut Willey, untuk melakukannya hanya butuh keberanian dan melatih otak agar berani mengambil langkah pertama.

"Anda dapat melakukannya terus dan berulang kali, hanya butuh memperkirakan berapa banyak kayu yang akan Anda pijak," kata Willey.



Sumber: LiveScience.com

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #1 pada: Agustus 12, 2009, 11:10:41 PM »
mirip sepakbola api pake kelapa yang terbakar ya

not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #2 pada: Agustus 13, 2009, 12:11:03 AM »
hoo tanpa air pun bisa ya
q kira selalu perlu air biar aman :o

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #3 pada: Agustus 13, 2009, 08:49:02 AM »
Kutip dari: ksatriabajuhitam link=topic=4473.msg43333#msg43333 date=1250***41
mirip sepakbola api pake kelapa yang terbakar ya


kalau yang ini saya waktu SD dan SMP dulu suka banget mainnya....
"The pen is mightier than the sword"

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #4 pada: Agustus 14, 2009, 01:46:47 AM »
Kutip dari: ksatriabajuhitam link=topic=4473.msg43333#msg43333 date=1250***41
mirip sepakbola api pake kelapa yang terbakar ya


kalau yang ini saya waktu SD dan SMP dulu suka banget mainnya....
whoho bio-bio pernah maen rasanya kayak gimana

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #5 pada: Agustus 14, 2009, 02:26:06 PM »
Kutip dari: ksatriabajuhitam link=topic=4473.msg43333#msg43333 date=1250***41
mirip sepakbola api pake kelapa yang terbakar ya


kalau yang ini saya waktu SD dan SMP dulu suka banget mainnya....
whoho bio-bio pernah maen rasanya kayak gimana
biasa aja kok, ga sakit... pertamanya masih pake sepatu, trus nyoba pake sandal, lama2 pake telanjang kaki juga gpp kok....

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #6 pada: Agustus 14, 2009, 03:34:11 PM »
biasa aja kok, ga sakit... pertamanya masih pake sepatu, trus nyoba pake sandal, lama2 pake telanjang kaki juga gpp kok....
hoo mantep
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #7 pada: Agustus 15, 2009, 02:28:38 PM »
gue jadi ngerasa jadi hitler....

Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #8 pada: Agustus 15, 2009, 06:50:06 PM »
Kutip dari: ksatriabajuhitam link=topic=4473.msg43333#msg43333 date=1250***41
mirip sepakbola api pake kelapa yang terbakar ya



bUkanya sepak bola api pakai kelapa itu bermain-main dengan api ? bukan bermain-main dengan bara ? sepak bola api kan apinya langsung kena kulit ?

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #9 pada: Agustus 16, 2009, 04:20:45 PM »
Kutip dari: ksatriabajuhitam link=topic=4473.msg43333#msg43333 date=1250***41
mirip sepakbola api pake kelapa yang terbakar ya
bUkanya sepak bola api pakai kelapa itu bermain-main dengan api ? bukan bermain-main dengan bara ? sepak bola api kan apinya langsung kena kulit ?
Biasanya kalau sudah beberapa menit gitu mainnya, apinya udah mulai hilang, ga berkobar lagi, jadinya kelapa gosong yang masih keluar pendaran bara merah gitulah.....

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #10 pada: Desember 09, 2009, 07:41:44 PM »
wew, aku malah baru tau ada sepak bola jenis begitu, apa gak serem ya mainnya... yang jadi kiper berarti harus kuat banget dong bisa memegang bola apinya.. O_o

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.001
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Rahasia Berjalan di Atas Bara
« Jawab #11 pada: Juli 20, 2014, 05:46:20 PM »
bUkanya sepak bola api pakai kelapa itu bermain-main dengan api ? bukan bermain-main dengan bara ? sepak bola api kan apinya langsung kena kulit ?

Biasanya kalau sudah beberapa menit gitu mainnya, apinya udah mulai hilang, ga berkobar lagi, jadinya kelapa gosong yang masih keluar pendaran bara merah gitulah.....

Tapi waktu beberapa menit pertama kan apinya masih ada? Emang nggak bahaya tuh?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
8267 Dilihat
Tulisan terakhir November 26, 2011, 05:32:41 PM
oleh bejo8370
26 Jawaban
18842 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 10, 2010, 06:19:20 PM
oleh soviet regarda
651 Jawaban
95013 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2012, 11:10:06 AM
oleh Pi-One
4 Jawaban
4800 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2016, 10:55:25 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
4469 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2016, 08:14:45 PM
oleh MARTIN Bandung