Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Ariie

Hari Ini jam 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

Show 50 latest

Penulis Topik: tabrakan  (Dibaca 3173 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
tabrakan
« pada: Mei 27, 2009, 07:30:06 PM »
hay.......... kenapa kalo orang ketabrak itu terpentalnya jauh banget ???? emang disitu ada hal apa saja ????



Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #1 pada: Mei 27, 2009, 08:48:32 PM »
yang pertama jelas hukum kekekalan momentum, jadi:
kalo' misal mobil nabrak orang momentumnya itu konstan,
Momentum dilambangkan dengan P
P = mv
M_1V_1 + M_2V_2 =M_1V_1' + M_2V_2'
V_1 = kecepatan mobil sebelum tabrakan
V_1' = kecepatan mobil setelah tabrakan
V_2 = kecepatan orang
note: kecepatan = vektor, arah berpengaruh.
M1 = massa mobil
M2 = massa orang
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: tabrakan
« Jawab #2 pada: Mei 27, 2009, 10:29:54 PM »
yups setuju,

ada lagi, kekekalan energi

misalkan saja kondisi ideal, EK sebelum = EK sesudah
(m = massa orang, M = massa mobil)

m*0 + MV = m*v' + M*V'
1/2 M*V^2 = 1/2 m*v'^2 + 1/2 M*V'^2

maka,
M(V-V') = m v'
M(V^2-V'^2) = m v'^2
(bawah dibagi atas, jadi)
(V+V') = v'
(gabung ke persamaan kekekalan momentum)
M V = m(V+V') + M V'
--> V' = (M-m)/(M+m) V
M V = m v' + M (v'-V)
--> v' = 2M/(M+m) V

kalo m << M, kira2 v' = 2V

hm,,, kira2 terpental 2 kali lipat kecepatan awal mobil, kalo ga ada gesekan
kenyataannya gesekan di jalan amat besar
« Edit Terakhir: Mei 27, 2009, 10:36:17 PM oleh ksatriabajuhitam »
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #3 pada: Mei 27, 2009, 11:07:32 PM »
hay.......... kenapa kalo orang ketabrak itu terpentalnya jauh banget ???? ...dst


ga slalu mental jauh, tgantung koefisien restitusinya (e)
kalo e = 1, maka mental sjauh jarak sblum tabrakan
kalo 0 < e < 1, maka mental sjauh e x jarak sblum tabrakan
kalo e = 0, maka stlah tabrakan kdua benda menyatu/ga mental.

gtu garis besarnya
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: tabrakan
« Jawab #4 pada: Mei 28, 2009, 06:34:16 AM »
tambahan!
juga tergantung orang itu ditabrak sama apa? beda efeknya kalo ketabrak bemo sama ketabrak truk pasir. (sebenernya ini bergantung massa sich :P )
Hk. kekekalan momentum hanya dan jika hanya tidak ada gaya eksternal yang bekerja pada sistem, kalo ada gaya eksternal maka Hk. kekekalan momentum harus ada koreksinya. misalnya jika ada angin, gaya gesek dll.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #5 pada: Mei 28, 2009, 12:16:00 PM »
Terus di beberapa desain mobil dan kendaraan lainnya. Bodi mobil dibuat mudah ringsek dengan tujuan memperbesar waktu kontak tumbukan.
\Delta p = \int{F. dt}

Sehingga gaya yang dirasakan akan kecil. Ini berpengaruh juga lho. Saat perubahan momentum tidak bisa dihindari, kerusakannya bisa dikurangi.

Lain lagi kalo nabrak kereta api. Orang ga akan kepental lagi, tapi langsung tercerai berai.
Soalnya, meskipun keretanya merayap dengan lambat, massanya gede banget bro!!!
Apalagi kalo kencang larinya.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #6 pada: Mei 29, 2009, 11:32:37 AM »
Lain lagi kalo nabrak kereta api. Orang ga akan kepental lagi, tapi langsung tercerai berai.
Soalnya, meskipun keretanya merayap dengan lambat, massanya gede banget bro!!!
Apalagi kalo kencang larinya.
terus, bagaimna dengan tabrakan yang terjadi antara pesawat luar angkasa ketika menembus atmosfer bumi ???

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #7 pada: Mei 29, 2009, 01:21:47 PM »
Maksudnya pesawatnya nabrak apa?

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #8 pada: Mei 29, 2009, 09:23:48 PM »
terus, bagaimna dengan tabrakan yang terjadi antara pesawat luar angkasa ketika menembus atmosfer bumi ???

mungkin maksudnya peristiwa ketika pesawat menembus atmosfer bumi...

yang terjadi gaya gesek. iya kan?
akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #9 pada: Mei 29, 2009, 09:45:45 PM »
Ya kalo seperti itu momentumnya sudah tidak kekal lagi, seperti yang mas superstring bilang.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #10 pada: Mei 31, 2009, 07:24:44 PM »
mungkin maksudnya peristiwa ketika pesawat menembus atmosfer bumi...
yang terjadi gaya gesek. iya kan?
yap. t gimana ???

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
75 Jawaban
23394 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2009, 08:05:37 PM
oleh loser1942
19 Jawaban
4627 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 07, 2010, 06:49:43 PM
oleh boncis

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia