Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

cheaters123

Kemarin jam 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: tabrakan  (Dibaca 2701 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
tabrakan
« pada: Mei 27, 2009, 07:30:06 PM »
hay.......... kenapa kalo orang ketabrak itu terpentalnya jauh banget ???? emang disitu ada hal apa saja ????



Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #1 pada: Mei 27, 2009, 08:48:32 PM »
yang pertama jelas hukum kekekalan momentum, jadi:
kalo' misal mobil nabrak orang momentumnya itu konstan,
Momentum dilambangkan dengan P
P = mv
M_1V_1 + M_2V_2 =M_1V_1' + M_2V_2'
V_1 = kecepatan mobil sebelum tabrakan
V_1' = kecepatan mobil setelah tabrakan
V_2 = kecepatan orang
note: kecepatan = vektor, arah berpengaruh.
M1 = massa mobil
M2 = massa orang
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 98
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: tabrakan
« Jawab #2 pada: Mei 27, 2009, 10:29:54 PM »
yups setuju,

ada lagi, kekekalan energi

misalkan saja kondisi ideal, EK sebelum = EK sesudah
(m = massa orang, M = massa mobil)

m*0 + MV = m*v' + M*V'
1/2 M*V^2 = 1/2 m*v'^2 + 1/2 M*V'^2

maka,
M(V-V') = m v'
M(V^2-V'^2) = m v'^2
(bawah dibagi atas, jadi)
(V+V') = v'
(gabung ke persamaan kekekalan momentum)
M V = m(V+V') + M V'
--> V' = (M-m)/(M+m) V
M V = m v' + M (v'-V)
--> v' = 2M/(M+m) V

kalo m << M, kira2 v' = 2V

hm,,, kira2 terpental 2 kali lipat kecepatan awal mobil, kalo ga ada gesekan
kenyataannya gesekan di jalan amat besar
« Edit Terakhir: Mei 27, 2009, 10:36:17 PM oleh ksatriabajuhitam »
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #3 pada: Mei 27, 2009, 11:07:32 PM »
hay.......... kenapa kalo orang ketabrak itu terpentalnya jauh banget ???? ...dst


ga slalu mental jauh, tgantung koefisien restitusinya (e)
kalo e = 1, maka mental sjauh jarak sblum tabrakan
kalo 0 < e < 1, maka mental sjauh e x jarak sblum tabrakan
kalo e = 0, maka stlah tabrakan kdua benda menyatu/ga mental.

gtu garis besarnya
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #4 pada: Mei 28, 2009, 06:34:16 AM »
tambahan!
juga tergantung orang itu ditabrak sama apa? beda efeknya kalo ketabrak bemo sama ketabrak truk pasir. (sebenernya ini bergantung massa sich :P )
Hk. kekekalan momentum hanya dan jika hanya tidak ada gaya eksternal yang bekerja pada sistem, kalo ada gaya eksternal maka Hk. kekekalan momentum harus ada koreksinya. misalnya jika ada angin, gaya gesek dll.
"in science there's only physics, the rest just stamp collections"

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #5 pada: Mei 28, 2009, 12:16:00 PM »
Terus di beberapa desain mobil dan kendaraan lainnya. Bodi mobil dibuat mudah ringsek dengan tujuan memperbesar waktu kontak tumbukan.
\Delta p = \int{F. dt}

Sehingga gaya yang dirasakan akan kecil. Ini berpengaruh juga lho. Saat perubahan momentum tidak bisa dihindari, kerusakannya bisa dikurangi.

Lain lagi kalo nabrak kereta api. Orang ga akan kepental lagi, tapi langsung tercerai berai.
Soalnya, meskipun keretanya merayap dengan lambat, massanya gede banget bro!!!
Apalagi kalo kencang larinya.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #6 pada: Mei 29, 2009, 11:32:37 AM »
Lain lagi kalo nabrak kereta api. Orang ga akan kepental lagi, tapi langsung tercerai berai.
Soalnya, meskipun keretanya merayap dengan lambat, massanya gede banget bro!!!
Apalagi kalo kencang larinya.
terus, bagaimna dengan tabrakan yang terjadi antara pesawat luar angkasa ketika menembus atmosfer bumi ???

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #7 pada: Mei 29, 2009, 01:21:47 PM »
Maksudnya pesawatnya nabrak apa?

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #8 pada: Mei 29, 2009, 09:23:48 PM »
terus, bagaimna dengan tabrakan yang terjadi antara pesawat luar angkasa ketika menembus atmosfer bumi ???

mungkin maksudnya peristiwa ketika pesawat menembus atmosfer bumi...

yang terjadi gaya gesek. iya kan?
akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #9 pada: Mei 29, 2009, 09:45:45 PM »
Ya kalo seperti itu momentumnya sudah tidak kekal lagi, seperti yang mas superstring bilang.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #10 pada: Mei 31, 2009, 07:24:44 PM »
mungkin maksudnya peristiwa ketika pesawat menembus atmosfer bumi...
yang terjadi gaya gesek. iya kan?
yap. t gimana ???

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
75 Jawaban
21025 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2009, 08:05:37 PM
oleh loser1942
19 Jawaban
4130 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 07, 2010, 06:49:43 PM
oleh boncis

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia