Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: tabrakan  (Dibaca 3275 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
tabrakan
« pada: Mei 27, 2009, 07:30:06 PM »
hay.......... kenapa kalo orang ketabrak itu terpentalnya jauh banget ???? emang disitu ada hal apa saja ????



Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #1 pada: Mei 27, 2009, 08:48:32 PM »
yang pertama jelas hukum kekekalan momentum, jadi:
kalo' misal mobil nabrak orang momentumnya itu konstan,
Momentum dilambangkan dengan P
P = mv
M_1V_1 + M_2V_2 =M_1V_1' + M_2V_2'
V_1 = kecepatan mobil sebelum tabrakan
V_1' = kecepatan mobil setelah tabrakan
V_2 = kecepatan orang
note: kecepatan = vektor, arah berpengaruh.
M1 = massa mobil
M2 = massa orang
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: tabrakan
« Jawab #2 pada: Mei 27, 2009, 10:29:54 PM »
yups setuju,

ada lagi, kekekalan energi

misalkan saja kondisi ideal, EK sebelum = EK sesudah
(m = massa orang, M = massa mobil)

m*0 + MV = m*v' + M*V'
1/2 M*V^2 = 1/2 m*v'^2 + 1/2 M*V'^2

maka,
M(V-V') = m v'
M(V^2-V'^2) = m v'^2
(bawah dibagi atas, jadi)
(V+V') = v'
(gabung ke persamaan kekekalan momentum)
M V = m(V+V') + M V'
--> V' = (M-m)/(M+m) V
M V = m v' + M (v'-V)
--> v' = 2M/(M+m) V

kalo m << M, kira2 v' = 2V

hm,,, kira2 terpental 2 kali lipat kecepatan awal mobil, kalo ga ada gesekan
kenyataannya gesekan di jalan amat besar
« Edit Terakhir: Mei 27, 2009, 10:36:17 PM oleh ksatriabajuhitam »
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #3 pada: Mei 27, 2009, 11:07:32 PM »
hay.......... kenapa kalo orang ketabrak itu terpentalnya jauh banget ???? ...dst


ga slalu mental jauh, tgantung koefisien restitusinya (e)
kalo e = 1, maka mental sjauh jarak sblum tabrakan
kalo 0 < e < 1, maka mental sjauh e x jarak sblum tabrakan
kalo e = 0, maka stlah tabrakan kdua benda menyatu/ga mental.

gtu garis besarnya
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: tabrakan
« Jawab #4 pada: Mei 28, 2009, 06:34:16 AM »
tambahan!
juga tergantung orang itu ditabrak sama apa? beda efeknya kalo ketabrak bemo sama ketabrak truk pasir. (sebenernya ini bergantung massa sich :P )
Hk. kekekalan momentum hanya dan jika hanya tidak ada gaya eksternal yang bekerja pada sistem, kalo ada gaya eksternal maka Hk. kekekalan momentum harus ada koreksinya. misalnya jika ada angin, gaya gesek dll.
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #5 pada: Mei 28, 2009, 12:16:00 PM »
Terus di beberapa desain mobil dan kendaraan lainnya. Bodi mobil dibuat mudah ringsek dengan tujuan memperbesar waktu kontak tumbukan.
\Delta p = \int{F. dt}

Sehingga gaya yang dirasakan akan kecil. Ini berpengaruh juga lho. Saat perubahan momentum tidak bisa dihindari, kerusakannya bisa dikurangi.

Lain lagi kalo nabrak kereta api. Orang ga akan kepental lagi, tapi langsung tercerai berai.
Soalnya, meskipun keretanya merayap dengan lambat, massanya gede banget bro!!!
Apalagi kalo kencang larinya.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #6 pada: Mei 29, 2009, 11:32:37 AM »
Lain lagi kalo nabrak kereta api. Orang ga akan kepental lagi, tapi langsung tercerai berai.
Soalnya, meskipun keretanya merayap dengan lambat, massanya gede banget bro!!!
Apalagi kalo kencang larinya.
terus, bagaimna dengan tabrakan yang terjadi antara pesawat luar angkasa ketika menembus atmosfer bumi ???

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #7 pada: Mei 29, 2009, 01:21:47 PM »
Maksudnya pesawatnya nabrak apa?

Offline humaam dz.

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 128
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #8 pada: Mei 29, 2009, 09:23:48 PM »
terus, bagaimna dengan tabrakan yang terjadi antara pesawat luar angkasa ketika menembus atmosfer bumi ???

mungkin maksudnya peristiwa ketika pesawat menembus atmosfer bumi...

yang terjadi gaya gesek. iya kan?
akan ada pengorbanan di setiap mimpi yang kita perjuangkan.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #9 pada: Mei 29, 2009, 09:45:45 PM »
Ya kalo seperti itu momentumnya sudah tidak kekal lagi, seperti yang mas superstring bilang.

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
    • Lihat Profil
Re: tabrakan
« Jawab #10 pada: Mei 31, 2009, 07:24:44 PM »
mungkin maksudnya peristiwa ketika pesawat menembus atmosfer bumi...
yang terjadi gaya gesek. iya kan?
yap. t gimana ???

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
75 Jawaban
23905 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 17, 2009, 08:05:37 PM
oleh loser1942
19 Jawaban
4767 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 07, 2010, 06:49:43 PM
oleh boncis

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia